Hobi-hobi unik di antero dunia sudah banyak saya dengar. Mulai dari hobi koleksi klien binatang buas di rumah, menampang di depan kamera televisi, sampai hobi ikut kuis di Twitter. Berbagai hobi itu tentunya mendatangkan rasa puas dan kebahagiaan tersendiri bagi mereka yang menekuninya.

Serupa dengan hobi-hobi unik di atas, hobi unik lain yang belakangan ini baru saya temukan adalah hobi mengumpulkan cendera mata dari sesama traveller (pelancong). Mereka meyakini bahwa pelesir bukan sekadar bersenang-senang. Dengan mengumpulkan cendera mata, hasrat berpelesir tetap terjaga. Artinya, satu perjalanan diharapkan menghasilkan perjalanan-perjalanan berkesan selanjutnya.

Salah satu destinasi favorit mereka adalah kawasan hotel di Kuta, Bali. Kawasan yang terkenal bising tapi indah ini memang jadi arena pertemuan yang sempurna bagi pelancong lokal dan mancanegara.

Meski masih didominasi pelancong asal Jakarta dan Australia, pemulihan Kuta yang sangat cepat pasca tragedi bom, ternyata mendatangkan berkah tersendiri bagi para kolektor cendera mata. Seiring keamanan Kuta yang semakin stabil, para pelancong dari kawasan Balkan dan Skandinavia pun, berduyun-duyun datang ke Kuta.

Para kolektor cendera mata, biasanya melakukan pemesanan kamar hotel di Kuta Bali via Traveloka.com. Pencarian kamar di sini bisa dilakukan dengan beberapa kriteria pencarian. Anda bisa menyesuaikan kriteria hotel berbintang 1-5, serta rentang harga minimal dan maksimal.

Hasil pencarian juga bisa diurutkan berdasarkan 4 pilihan, yakni harga tertinggi, harga terendah, nilai review, dan popularitas. Jadi, kesempatan Anda mendapatkan pilihan hotel dengan tawaran harga terbaik, sangat terbuka lebar, deh.

Sebagai contoh, pencarian berdasarkan hotel paling populer, akan menghasilkan Best Western Kuta Beach, The ONE Legian, Horison Legian, Harper Kuta, serta Grand Ixora Kuta Resort dalam daftar. Sedangkan, pencarian menurut nilai review terbaik, akan menampilkan hotel-hotel, seperti Vasanti Kuta Hotel, Arman Villas Bali, serta Grand La Walon Hotel.

Secara umum, sejumlah hotel di atas menawarkan pengalaman seru yang sama, kok. Anda jadi bisa banget, bertemu banyak traveller dengan keunikan mereka masing-masing. Contohnya, 6 tipe traveller berikut ini.

  1. The Sun
Sumber :

Sumber : Smoobs – flickr.com

Tipe ini identik dengan mereka yang hobi berjemur di siang hari dan berpesta pada malam hari. Kehadiran traveller ini selalu memenuhi dan mewarnai jalan-jalan di Legian maupun Seminyak. The Sun akan sangat terbuka memberi kenang-kenangan untuk Anda. Bahkan, mereka bisa saja mengundang Anda ke pesta pribadinya. Enggak rugi, deh!

  1. The Musician/de Savant
Sumber :

Sumber : Fouquier – flickr.com

Salah satu kenangan tentang Kuta yang paling melekat di hati adalah keluwesan suasana. Traveller yang berpikiran bebas, menerima perbedaan, dan tidak menganggu kenyamanan orang lain, merupakan ciri dari keluwesan yang diekspresikan oleh The Musician.

Banyak juga yang menyebut mereka “de Savant”. Dalam bahasa Perancis, de Savant berarti ilmuwan atau sarjana. Sebutan ini diberikan karena sebagian besar The Musician adalah orang-orang berpendidikan. Sudah terbayang cendera mata apa yang akan mereka berikan?

  1. The Economist
Sumber :

Sumber : Harald Groven -flickr.com

Prinsip berlibur mereka adalah menekan biaya sekecil-kecilnya. Tapi, jangan meremehkan pemberiannya, ya. Karena terbiasa melancong dengan taktik yang hemat, tipe traveller ini menjelma jadi orang yang kreatif banget!

  1. The Hermes
Sumber :

Sumber : Natasha Suslina – flickr.com

Familiar dengan merek mode Hermes, kan? Merek mewah itulah yang mendasari sebutan kepada traveller ini. Kebalikan dari pelancong ekonomis, The Hermes tampil sangat trendi dan glamor. Kawasan Nusa Dua adalah lokasi terbaik untuk bertemu dengan mereka.

  1. The Journalist
Sumber :

Sumber : Meridican – flickr.com

Jika dibandingkan dengan pelancong ekonomis, The Journalist tidak kalah kreatif, lho. Bedanya, pelancong ini bertingkah macam wartawan. Mereka akan banyak tanya tentang segala hal. Jadi, siapkanlah jawaban terbaik Anda agar mereka mau bertukar cendera mata.

  1. The Koreans
Sumber : Flickr

Sumber : Chelsea Marie Hicks – flickr.com

Orang-orang Korea Selatan yang berlibur ke Kuta, cukup mudah dikenali. Mereka berkerumun dalam satu rombongan dan cenderung cuek dengan situasi sekitarnya. Meskipun demikian, mereka akan dengan senang hati memberikan kenang-kenangan untuk Anda, asalkan Anda bersikap sopan.

Demikianlah penjelasan tentang 6 tipe traveller yang kerap jadi buruan para kolektor cendera mata. Lewat pemilihan hotel di Kuta, Bali yang tepat, tentu kesempatan Anda memperkaya pengalaman akan semakin besar. Selamat berlibur, ya! by the way, kamu tipe traveller yang mana?