Tahun ini begitu spesial bagi keluarga besar Astra dimana dalam beberapa bulan ke depan, Astra akan genap berusia 60 tahun. Astra sendiri lahir dari sebuah cita-cita yaitu “Sejahtera Bersama Bangsa”. Astra yang sudah berdiri sejak 20 Februari 1957 kini masih terus eksis. Terbukti hingga tahun 2015, tercatat jumlah tenaga kerja yang diserap sebanyak 221.046 yang tersebar di seluruh perseroan, anak perusahaan, ventura bersama dan perusahaan asosiasi milik Astra di berbagai wilayah di Indonesia. Astra awalnya adalah sebuah perusahaan perdagangan umum bernama PT Astra International Incorporated ketika Bapak William Soeryadjaya memulai usahanya hingga kemudian berubah nama menjadi PT Astra International Tbk tahun 1990.

Pada tahun 2009, juga menjadi salah satu bukti kesungguhan Astra dalam menyejahterakan bangsa melalui pelucunran SATU (Semangat Astra Terpadu Untuk) Indonesia. SATU Indonesia menjadi program seluruh kegiatan tanggungjawab sosial perusahaan (CSR) yang berkelanjutan. Dengan tujuan untuk membangun semangat kebangsaan dan persatuan demi pembangunan bangsa.

Dalam strategi bisnis, Astra selalu mengedepankan peran dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai salah satu prioritas utama dalam strategi bisnis. Kita sama-sama percaya bahwa SDM merupakan aset paling berharga karena menjadi faktor penentu sukses tidaknya perusahaan dalam merealisasikan sasaran operasional bisnis dan rencana pengembangan usaha. Dengan 198 anak perusahaan, Astra menunjukkan taringnya sebagai salah satu grup perusahaan terbesar di Indonesia yang siap menghadapi perkembangan bisnis global terutama dalam menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) yang sudah berlaku sejak akhir tahun 2015 lalu.

Strategi Pengembangan SDM “Building Up the Next Level

Sejak tahun 2015 sebenarnya Astra sudah menetapkan strategi pengembang SDM yang merupakan kelanjutan dari People Roadmap menuju Pride of the Nation 2020. Dengan implementasi yang menyeluruh dan berdisiplin diharapkan Astra mampu menghadapi tantangan global 2020 dan MEA. Dalam hal ini Astra melalui Corporate Human Capital Development (CHCD) bertugas mendukung manajemen dalam merancang strategi SDM di tingkat korporasi juga program pendukung untuk proses eksekusi strategi di tingkat bisnis sehingga fungsi organisasi dapat berjalan dengan efektif setiap saat.

Demi menciptakan SDM yang berdaya guna tinggi, seluruh hasil program SDM dirangkum dan dijadikan panduan (guideline) yang diberlakukan terhadap seluruh karyawan grup Astra. Dua sistem yang digunakan untuk menjaga kelanggengan bisnis Astra adalah pelaksanaan sistem kaderisasi dan alih-kepemimpinan yang efektif. Agar dapat mewujudkannya, diperlukan SDM yang unggul melalui 3E :

Education : membekali pendidikan yang sistemik dan sistematik untuk meningkatkan kemampuan berinovasi, menguasai teknologi dan meningkatkan produktifitas.

Enrichment : mengelola karyawan bertalenta melalui proses penugasan (assignment) dan rotasi dalam rangka mengasah potensi untuk memahami dan mendalami bidang-bidang bisnis yang berbeda.

Empowerment : membangun kompetensi dan prestasi individu untuk menjamin ketersediaan pemimpin bisnis untuk masa depan.

Sejauh ini, Astra melalui CHCD sudah mengimplementasikan strategi bisnis dalam rangka “Building Up the Next Level” diantaranya :

  1. Terbentuknya “Astra Human Capital Management (AHCM) guideline” yang memuat prinsip-prinsip dasar serta praktik ke-HRD-an yang telah mengakomodasi implementasi dari Astra People Roadmap juga pengembangan baru di bidang ke-HRD-an.
  2. Pembaruan atas delapan kompetensi kepemimpinan Astra yaitu “Astra Leadership Competencies” dengan melakukan peninjauan atas perilaku-perilaku inti (key behaviors) dari setiap kompetensi agar lebih tajam dan mudah diamati. Dengan demikian akan lebih akurat dalam menghasilkan profil pimpinan (leader) sesuai dengan kebutuhan yang ada.
  3. Berjalannya program keterlekatan karyawan (employee engagement program) sebagai panduan bagi perusahaan untuk mengembangkan program keterlekatan karyawan untuk mengikat hubungan agar tercipta loyalitas dan motivasi kerja yang optimal.
  4. Peluncuran buku panduan “InnovAstra to the next level” sebagai pedoman bagi proses inovasi dalam lingkup bisnis perusahaan serta ekspansi atas cakupan sasaran proses inovasi. Inilah bukti intensifikasi pada gerakan inovasi di lingkungan perusahaan.

Proses Rekrutmen Desentralisasi, Khusus dan Modern

Ada yang unik dengan cara rekrutmen Astra dimana proses yang diterapkan adalah dengan sistem desentralisasi dimana masing-masing perusahaan Astra diberikan keleluasaan untuk memenuhi kebutuhan karyawan baik secara internal dari kalangan karyawan Astra maupun secara eksternal. Dengan begini, jelas sekali SDM yang direkrut akan lebih sesuai dengan kebutuhan perusahaan masing-masing yang merekrutnya. Selain itu, Astra juga melakukan rekrutmen khusus dalam memilih calon-calon pemimpin masa depan seperti : Astra General Management Trainee (AGP Trainee) untuk program generalist, Human Capital Trainee (HC Trainee), Legal Trainee, Internal Audit Trainee, Corporate Communication Trainee dan program-program fungsional lainnya. Pada proses rekrutmen diberlakukan standar 2C untuk tingkat anak perusahaan dan kantor pusat yaitu: Competence (Kompetensi) yang ditetapkan dalam Astra Leadership Competencies (ALC) dan Character (Karakter/Perilaku) yang sejalan dengan Catur Dharma.

Sebagai perusahaan yang modern, Astra juga mendayagunakan IT sebagai sarana dalam melakukan proses sourcing dan seleksi calon karyawan termasuk didalamnya pengembangan beberapa alat evaluasi psikologi dengan menggunakan permodelan kuantitatif. Jelas sekali, penggunaan IT dalam rekrutmen akan lebih efektif dan efisien. Astra juga sangat mendukung pembangunan reputasi sehingga sangat memperhatikan karir. Diantaranya adalah program beasiswa Astra Ambassador yang merekrut mahasiswa terpilih sebagai duta perusahaan di berbagai universitas terkemuka nasional. Sejak dimulai tahun 2011, hingga kini sudah terdaftar sekitar 300 Astra Ambassador saat ini. Astra aktif menggelar dialog dan diskusi terkait isu-isu seputar bisnis dan fungsi organisasi tertentu di Astra. Bahkan para eksekutif Astra turut berpartisipasi dalam program experience sharing dengan mahasiswa dan dosen di lingkungan kampus.

Pelatihan dan Pengembangan Kompetensi Menuju Terciptanya Pemimpin “Groom from Within

Komitmen kuat untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas SDM melalui pelaksanaan program pelatihan dan pengembangan yang berkesinambungan sehingga dapat dipastikan kemampuan SDM dan menjaga keselarasan perubahan lingkungan, pertumbuhan usaha dan pengembangan organisasi. Astra juga merancang program pengembangan kompetensi kepemimpinan terstruktur, komprehensif dan berjenjang sejak tahap awal.

Berbagai pelatihan dan pengembangan kompetensi yang dilakukan Astra meliputi : program pelatihan, mentoring, rotasi, pengembangan karir, pembinaan kepemimpinan (leadership coaching), sesi umpan balik, budaya perusahaan. Dengan berbagai pelatihan dan pengembangan kompetensi tersebut diharapkan tercipta pemimpin yang tumbuh dari dalam (groom from within) yang memiliki keseimbangan dalam pengetahuan, pengalaman, kompetensi dan karakter yang tepat dan memadai.

Pengembangan kompetensi SDM di Astra dikelola oleh dua pihak yaitu di Kantor Pusat Astra International (AIHO) mengelola beberapa program bersama (sentralisasi) meliputi : Budaya atau Kultur (Catur Dharma), Kepemimpinan, Pengeloaan SDM, Pengelolaan Sistem Manajemen ASTRA (AMS) dan di anak perusahaan grup Astra secara desentralisasi. Program-program pengembangan kompetensi tersebut meliputi :

  1. Astra Leadership Development Program oleh AMDI
  2. Integrated Talent Development (ITD)
  3. Expert Management & Development
  4. Industrial Relations Development Program
  5. Industrial Relations Update

Hingga tahun 2015, Astra sudah melaksanakan program pengembangan kepemimpinan rutin. Ini menarik sekali, karena ini menjadi bukti bahwa Astra menaruh perhatian khusus pada proses terciptanya pemimpin yang memiliki kemampuan dan kompetensi yang baik. Dalam hal ini Astra melaksanakan program yang disebut dengan Leadership Program. Dilengkapi juga dengan program executive coaching yang difasilitasi oleh Kantor Pusat Astra (CHCD) dengan melibatkan para eksekutif Astra sebagai coach yang sudah terakreditasi mulai dari jajaran manager dan eksekutif yang diproyeksikan menjadi calon-calon pemimpin masa depan grup Astra.

Astra mengedepankan SDM sebagai aset penting dalam perusahaan (sumber : astra.co.id)

Astra mengedepankan SDM sebagai aset penting dalam perusahaan (sumber : astra.co.id)

Pemimpin itu tidak lahir tetapi diciptakan- Anonim

Di dalam lingkungan kantor perusahaan Astra, disediakan berbagai fasilitas kenyamanan layaknya rumah kedua bagi karyawan. Diantaranya adalah : fasilitas ruang olahraga (fitness center atau sports hall), klinik juga ruang menyusui  untuk mendukung program ASI eksklusif bagi pekerja wanita. Bahkan Astra juga memberikan apresiasiasi berupa Penghargaan Masa Bakti bagi karyawan dengan rentang masa kerja tertentu.

Selain itu, Astra juga mendirikan KAI (Koperasi Astra International) dimana didalamnya ada kegiatan dan program bantuan bagi anggota, keluarga melalui pemberian pinjaman jangka pendek seperti kredit uang muka rumah dan bantuan beasiswa. Hingga tahun 2015, KAI bahkan sudah menyalurkan pinjaman sejumlah Rp 355,8 miliar dan dana beasiswa sejumlah Rp 5,3 miliar bagi 3.280 anak karyawan juga sudah memproses persetujuan KPR dimana sudah serah teriam 954 unit rumah.

Inilah refleksi sebuah perjalanan usaha, bagaimana kerja keras Astra dalam menempatkan SDM yang merupakan masyarakat Indonesia dalam pilar utama budaya perusahaan. Kepedulian Astra dalam menciptakan pemimpin yang berkualitas melalui berbagai program ditambah lagi berbagai program yang turut menyejahterakan masyarakat Indonesia.

Astra juga berhasil menyatukan masyarakat Indonesia yang beaneka warna dalam rangka membangun dan memajukan bangsa melalui budaya inovasi. Menghormati kebhinekaan, menghargai perbedaan dan berhasil menyamakan visi, persepsi, mimpi, sehingga berbagai potensi bangsa dapat berkembang. Ini juga tercermin dari selalu terselenggaranya InnovAstra yang merupakan wadah Insan Astra di seluruh tanah air untuk menampilkan kemampuan berinovasi. Penyelenggaraan InnovAstra juga merupakan cerminan atas konsistensi dan keyakinan Insan Astra untuk terus-menerus berusaha melakukan yang terbaik demi membangun Astra dari waktu ke waktu.

innovastra-2-60 tahun astra-rodame-com

InnovAstra 2015 Dihadiri Ibu Susi (Sumber gambar : astra.co.id)

Inovasi adalah sebuah keharusan dalam berkarya agar bisa memberikan sumbangsih bagi kemajuan dan keberhasilan negeri – Astra

Demi menjadi kebanggaan bangsa, Astra melalui InnovAstra mengajak Insan Astra untuk bersemangat  dalam mewujudkan cita-cita bersama. Dalam hal ini Astra membagi ke dalam 5 kategori yaitu :

  1. Kategori Suggestion System (SS) atau sistem saran : improvement dan inovasi kategori individu yang sudah menghasilkan 734.479 proyek.
  2. Kategori Quality Control Circle (QCC) : improvement dan inovasi kategori tim dalam satu departemen menghasilkan 8.112 proyek.
  3. Kategoti Quality Circle Project (QCP) : menghasilkan 1.123 proyek.
  4. Kategori Business Performance Improvement (BPI) : improvement dan inovasi kategori tim lintas divisi dalam satu perusahaan menghasilkan 83 proyek.
  5. Kategori Value Chain Innovation (VCI) : improvement dan inovasi kategori tim lintas perusahaan menghasilkan 22 proyek.

Kontribusi Astra dalam pengembangan SDM di Indonesia sangat besar. Melalui InnovAstra saja sudah dihasilkan sebanyak 743.819 proyek. Sementara itu kalau ditotal sejak tahun 1980, proyek yang sudah dilaksanakan dari seluruh kategori tersebut sudah mencapai lebih dari 6 juta proyek. Hal ini membuktikan bahwa Astra terus berupaya menjaring kreativitas yang tinggi dalam rangka menumbuhkan bisnis yang berkesinambungan. Gerakan inovasi ini diharapkan mampu mempercepat pertumbuhan bisnis dan berdaya guna tinggi.

innovastra-rodame-com

InnovAstra ‘wadah mengembangkan SDM’ (Sumber gambar : astra.co.id)

Saya selalu percaya perusahaan yang ‘besar’ adalah perusahaan yang mampu memberikan bukti yang nyata bukan sekedar kata. Astra melalui Catur Dharma telah menjadi salah satu perusahaan yang memberikan ‘nilai’ terbaik kepada seluruh pemangku kepentingan. Astra menjadi bukti bahwa perusahaan yang baik adalah perusahaan yang bertumbuh secara berkelanjutan melalui pembangunan kompetensi yaitu pengembangan SDM. InnovAstra adalah salah satu contoh nyata bagaimana Astra sangat mendukung pengembangan SDM melalui gerakan inovasi guna menciptakan SDM yang berkualitas dan itu dilakukan secara berkelanjutan.

astra international-pengembangan SDM-rodame-com

Pengembangan SDM Berbasis Kompetensi di PT Astra International Tbk (sumber gambar : astra.co.id)

Menuju usia 60 tahun, Astra masih terus berusaha menggenapi semua cita. Karena itu, perjuangan belum berakhir, teruslah berjuang dan menembus segala tantangan untuk mencapai bintang, demi menginspirasi negeri. Per Aspera Ad Astra.

Sumber Referensi : 

  1. https://astra.co.id/Investor-Relations/Annual-Report
  2. https://astra.co.id/CSR/Sustainability-Report