Penasaran. Itulah kesan pertama yang bikin saya kepengen ikutan Fun Blogging. Tiga Dara #aishh kak Haya, kak Ani dan mba Shinta, ย merekalah presenter alias pengisi acara Fun Blogging saat itu. Saya adalah satu dari sekian banyak blogger yang menjadi peserta dalam Fun Blogging tersebut. Bisa dibilang angkatan bersejarah, angkatan pertama karena sampai sekarang sudah ada 6 angkatan yang tersebar hingga Bandung bahkan Surabaya. Waw !

Sejak saat itu (tadinya saya lupa tanggal acara Fun Blogging pertama, setelah dicek lagi ternyata tanggal 12 Oktober 2014 ya. Hehe, maafkan saya, karena saya bukan pengingat tanggal yang baik) , dibentuklah grup tertutup di facebook khusus bagi semua peserta yang ikutan Fun Blogging.

Ada momen-momen yang saya ingat betul ketika hari akan mengikuti acara Fun blogging pertama itu. Saya tak bisa melupakannya karena waktu itu rasanya saya menjadi satu-satunya peserta yang membawa batita ke acara tersebut. Iya, bagi saya anak bukan halangan untuk mencari ilmu. Meski harus melakukan perjalanan yang lumayan dari Bogor ke Jakarta, tapi niat untuk ikutan acara tersebut tidak luntur. Memang tidak ada larangan membawa anak, selama tidak menganggu acara. Saya rasa ini wujud perikeibuan dari kak Haya, kak Ani dan mba Shinta yang ketiganya adalah seorang ibu juga.

Perjalanan mulai terasa membingungkan, ketika saya dan blogger lainnya salah naik kendaraan umum. Seharusnya setelah turun di stasiun Cawang, menyeberang dulu baru naik Transjakarta, trus jalan menuju kantor Qwords.com. Saya yang membopong anak mulai lelah. Salah naik, bukannya naik Transjakarta malah naik APTB. Selain harus bayar ongkos yang lebih mahal sedikit dari Transjakarta juga kami harus tepat turun di halte Transjakarta yang arahnya menuju kantor Qwords.com, lokasi acara dilaksanakan.

Alhamdulillah, akhirnya setelah tanya sana sini dan baca petunjuk halte pemberhentian, kami pun sampai. Dari jembatan halte Transjakarta itu, kami masih harus berjalan cukup lumayan agar sampai ke simpang menuju lokasi acara. Saya sampai kehausan, anak mulai merengek mungkin karena lelah. Berhenti di warung persis simpang masuk lokasi acara. Beli minum dulu, anak saya malah minta jajan sosis siap makan. Ya sudahlah, tak apa mungkin dia juga lelah atau lapar.

Berjalan ke arah dalam, tak jauh terlihat tulisan di atas gedung Qwords. Baiklah, this is it! Sesampainya di gedung cyber tersebut. Langsung melihat petunjuk jalan, di lantai berapakah acara digelar. Saya lupa lantai berapa yang jelas naik lift aja. Hihi. Belok kiri dari lift, sudah ada blogger lainnya disana dan meja registrasi. Saya ingat betul pertama yang saya temui dan sapa adalah kak Haya. Kalau kak Ani justru baru pertama kali ngobrol ya di acara itu juga dengan mba Shinta. Saya bahkan nitip anak saya ke kak Haya sebelum sholat. Kak Haya sih ‘iya’ aja. Saya saat itu gak mikir, sopan amat ya nitipin anak, mereka kan pembicara alias pengisi acara ini. Hahaha. #maaf ya kak Haya. Syukurlah adik ipar saya segera beres registrasi dan menjaga anak saya bergantian sholat, sebelum acara dimulai.

Yang ibu-ibu pasti paham betul kelakuan batita. Saya telat mengikuti acaranya. Maklumlah anak saya minta kesana kemari, lari sana sini. Saya tahu ini risiko. Kak Ani, kak Haya dan mba Shinta cukup paham kondisi saya, makanya semua bahan akan diemailkan ke masing-masing peserta supaya bisa dipelajari kembali. Terutama buat saya, yang bener-bener ketinggalan. Meski harus duduk di kursi paling belakang persis deket pintu keluar. Saya tetep happy mendengarkan penjelasan dari kak Haya, saya ingat betul waktu itu yang dijelaskan tentang cara menulis yang benar (EYD, daftar pustaka, dll). Serasa belajar di bangku kuliah mata kuliah Bahasa Indonesia lagi. Hihi. Tapi beneran loh, apa yang disampaikan kak Haya itu hampir semua terlupakan waktu ngeblog. Ngeblognya suka gak pake aturan. Asal aja!

Kalau kak Ani, yg paling inget betul penjelasannya soal manfaat eksis di sosmed. Bener banget deh. Blog kita hanya akan jadi sepintas lewat karena pembaca kita kita kebanyakan silent reader atau ghost reader #serem. Padahal klo aja kita eksis di sosmed, kita bisa bangun jaringan yang bagus, blog kita dibaca oleh mereka yang beneran blogger juga, saling menjaga hubungan baik di dunia blogging mungkin saja kelak jadi mitra usaha, partner bisnis atau partner hidup (buat yang jomblo, saya sih udah punya anak 2, hehe).

Nah, bahasan yang paling bikin “mikir” ya yang dijelaskan mba Shinta. Tentang alexa rank, gimana biar blog kita terindeks google, google adsense, dll. Nah yang begini ini masih bagian penting dari ngeblog ternyata. Buat orang awam macam saya ini, ya ini topik menarik sekaligus musingin. Hahaha. Tapi, tidak menyesal ikutan acaranya, jadi punya gambaran tentang rahasia di balik blog yang lebih luas sekaligus menguntungkan.

Meski pulangnya sampe malam, tapi dapat teman blogger baru yang setujuan yaitu ke Bogor. Naik kopaja bareng, nyeberang saling berpegangan, naik commuter line bareng. Foto-foto di commuter line, tukeran nomor telpon, saling bercanda. Dapat keluarga baru lagi. Berkat acara Fun Blogging.

Acaranya gimana?? Padat dan berisi banget. Topiknya menarik dan dengan datang ke acara tersebut ilmu pun bertambah. Alhamdulillah.

Snacknya gimana?? Sederhana tapi lumayanlah. Buat saya yang penting ada, lumayan perjalanan jauh dari Bogor bikin perut agak lapar.

Suasananya gimana?? Terakhirnya agak hot alias gerah boo!! Pesertanya banyak tapi karena hari minggu, AC mati. Setelah pada kipas-kipas, akhirnya pertolongan AC portable pun datang diletakkan persis di deket pintu keluar, deket saya banget. Jadi adem juga. Berkali-kali kak Haya, kak Ani dan mba Shinta minta maaf karena ketidaknyamanan itu. Saya cukup maklum ya mau gimana lagi.

Ada doorprize?? Ada donk. Tidak disangka-sangka saya dapat doorprize berupa jam. Pas banget di rumah lagi butuh jam. Hehe.

Ada lomba blognya ?? Ada donk. Secara ini acara tentang blog masa gak ada lomba blognya meskipun mini blog competition tapi tetep seru diikutin. Terutama karena tulisan kita dikritisi oleh satu dari Tiga Dara #ehem yaitu kak Ani. Meski saya kalah, tapi tulisan di blog saya yang dikritisi itu bikin deg deg ser ser. Saya banyak belajar dari kritikan itu. Alhamdulillah.

Jadi, apa kesan saya tentang acara Fun Blogging yang pertama itu?? Sederhana dan penuh rasa kekeluargaan. Semua bersahabat dan saling tulus berbagi ilmu. Saya suka, saya suka!

Sedikit masukan dari saya untuk Fun Blogging. Mungkin nanti bisa bikin acara Fun Blogging Akbar untuk semua angkatan. Jadi kita bisa silaturahim dan bertatap muka langsung dengan blogger lainnya. Kemudian bikin blog competition yang kece juga. Saya doakan semoga semakin banyak sponsornya, aamiin. Terus bikin live tweet competition juga biar Fun Blogging makin eksis di dunia maya.

Akhir kata, selamat ulangtahun untuk Fun Blogging. Sesuai namanya, saya pun benar-benar FUN dari awal hingga saat ini menjadi bagian dari Fun Blogging. Semoga bisa Fun terus sampai seterusnya, aamiin.

#mohon maaf klo kepanjangan, soalnya acaranya memang tak terlupakan. Sueer tekewer kewer. Tadinya hampir lupa dengan posting tulisan ini, pasca melahirkan seminggu lebih 2 hari yang lalu, baru ini saya bisa cek info di grup Fun Blogging. Maafkan klo ada salah kata, niatnya pengen bikin yang kece badai #ehem tapi kondisi badan masih belum fit betul, jadilah tulisan sederhana ini. Foto-foto juga ada, tapi belum bisa ngoprek laptop. Ini bahkan ngetik di tab sambil nyusuin dan jagain baby. Semoga tidak mengurangi makna dan berkenan. Terimakasih untuk berbagi ilmunya ya kak Haya, kak Ani dan mba Shinta. Semoga kelak jadi ladang amal, aamiin.