Setelah kemarin saya share tentang makanan yang dapat memperparah sembelit saat hamil. Nah, kali ini saya mau share cara agar sembelit tidak semakin parah menyerang ibu hamil. Awalnya sih saya pikir sembelit itu biasa, jadi sedikit sepele dengan yang namanya sembelit saat hamil. Setelah ngerasain sembelit dan semakin parah, barulah kapok alias jera. Jujur saja, sembelit sama sekali bikin keadaan saat hamil menjadi tidak nyaman 100 %. Iya loh, saya benar-benar menyesal tidak mencoba gaya hidup sehat yang sederhana dan murah ini.

Apa rahasianya sih? koq bisa sederhana dan murah? bisalah. Ini yang saya lakukan ketika sembelit menyerang saya saat hamil kedua ini.

1. Minum air putih

Ini yang paling sederhana dan murah. Reaksinya pun cepat. Ah pokoknya jangan sepelekan air putih ya ibu-ibu hamil. Gimana caranya? mudah koq. Nih ya, pagi hari ketika bangun langsung minum air putih segelas atau lebih. Kalau saya sih minumnya air putih matang yang hangat. Perlu diketahui, saya mual kalau minum air putih yang dingin atau biasa. Pokoknya kan air putih. Untuk masalah hangat atau biasa itu kembali ke masing-masing ibu hamilnya. Soalnya ada juga yang katanya justru tidak mual kalau minum air putih yang dingin.

Beberapa Dokter kandungan, bidan dan ibu-ibu hamil lainnya ada juga yang berpendapat minum air putih dingin saat hamil justru bisa bikin bayi besar di dalam perut. Mungkin maksudnya ukuran atau bobot bayinya. Efek lainnya sih sepertinya tidak ada ya. Kalau sudah sempat sembelit parah, minum air putih hangatnya yang banyak, saya pernah minum sampai 2-3 gelas air putih hangat sekaligus di pagi hari ketika bangun tidur. Selanjutnya setiap 2 jam sekali saya usahakan minum lagi, air putih hangat segelas-segelas. Biarlah sering berkemih, itu kan salah satu efek samping kalau minum banyak, tapi itu sehat juga loh bagi ibu hamil, kata Dokter kandungan tempat saya periksa, minum air putih yang banyak bisa bikin ketuban kita cukup jumlahnya dan bersih.

Banyak kan manfaat minum air putih yang banyak saat hamil. Selain bisa memperlancar saat buang air besar, juga bisa menyehatkan kondisi rahim kita, air ketuban cukup dan bersih. Saya sudah membuktikannya loh. Pas puasa kemarin kan saya cek ke Dokter kandungan, sempat dibilang kalau air ketubannya kurang. Panik juga waktu itu. Eh pas disuruh minum air putih yang banyak, saya langsung nurut. Nah, pas periksa lagi, alhamdulillah dokter langsung bilang kalau ‘Oke nih, air ketubannya sudah cukup’. Manjur bener si air putih itu. Sederhana, mudah dan murah. Cobain deh!

2. Makan makanan yang kaya serat

Ini poin yang kedua, saya rasanya cukup memenuhinya. Tapi ternyata masih gak cukup untuk ibu hamil yang terserang sembelit kalau hanya makan sayuran dan buah setiap hari saat makan yaitu 3 kali sehari. Maunya sih, kalau lagi hamil sediakan aneka buah dan sayur yang buanyaaak di rumah. Kalau biasanya dimakan cuma 3 kali sehari pas sebelum makan atau setelah makan, nah lebih mantap lagi kalau makan makanan yang kaya seratnya dijadiin cemilan. Kayak ngemil snack aja, tapi yang ini sayuran dan buah.

Pengalaman saya di kehamilan kedua ini, makan makanan yang kaya serat rasanya cukup, tapi sayangnya sembelit masih juga menyerang. Waktu itu sih, saya makannya buah pepaya yang paling banyak. Sesudah saya padukan makan makanan kaya serat dengan kebiasaan minum air putih hangat yang buanyaaak alhamdulillah sembelit berkurang. Semakin lancar buang air besarnya. Rasanya stress pun berkurang. Itu kalau tidak lancar ke belakangnya saat hamil, rasanya tekanan batin juga loh. Hahaha.

3. Minum Yoghurt

Minum Yoghurt juga bagus untuk kesehatan termasuk untuk ibu hamil. Untuk mengatasi juga mencegah sembelit menyerang, yoghurt bisa jadi pilihan ibu hamil. Tapi perlu diperhatikan, yoghurtnya harus benar-benar yang sudah teruji mengandung prebiotik ya. Terus, aman untuk ibu hamil. Tidak terlalu asam juga sehingga untuk ibu hamil yang punya gangguan maag tetap aman dikonsumsi. Ada satu merek yoghurt yang saya sukai, karena rasanya pas, ada berbagai macam pilihan rasa dan praktis dibawa kemana-mana, tidak harus diletakkan di kulkas karena sudah dikemas dengan sangat baik sehingga tidak dingin pun, bakteri baik di dalamnya tetap aman. Itu loh Heavenly Blush yoghurt. Manfaat Heavenly Blush yoghurt untuk ibu hamil memang banyak, terutama itu tadi untuk mencegah sembelit datang, pencernaan sehat karena bakteri baik yang ada di yoghurt, melancarkan buang air besar. Rasanya kalau dikonsumsi tiap hari bagus juga loh.

Nah, kira-kira itu pengalaman saya mengatasi agar sembelit tidak menyerang saat hamil. Semoga bermanfaat ya. Cobain deh, saya sudah merasakan manfaatnya loh.

Happy Pregnancy Moms!