Norak! mungkin itu ucapan yang orang akan tuduhkan kepadaku. Ya, tahun 2007 di bulan Mei tanggal 21 adalah hari bersejarah di dalam hidupku. Untuk pertama kalinya, aku melangkahkan kaki ke negeri Sakura, negeri yang banyak dipuja masyarakat dunia karena kemajuan teknologinya, negeri yang banyak dipuja orang karena keindahan sakura dan Gunung Fuji-nya. Di bumi Tuhan yang luas ini, saya masih diizinkan menikmati indahnya alam di Jepang dan menimba ilmu sekaligus bekerja disana.

Dalam sejarah hidupku, inilah untuk pertama kalinya aku memiliki uang saku hasil jerih payah sendiri. Disana aku seringkali merasa gundah, resah, rindu Indonesia, rindu makanannya juga rindu kekasih #eh. Sebagai mahasiswa magang, kami wajib mengikuti semua peraturan yang berlaku termasuk tidak boleh memiliki handphone. Barang elektronik yang satu itu ‘haram’ hukumnya digunakan tapi kalau diam-diam tidak ketahuan ya aman juga. Hihi.

Benda elektronik pertama yang ingin kubeli dengan uang saku adalah alat untuk mendengarkan musik. Hidup merantau selama 1 tahun di negeri orang terkadang membuatku merasa kesepian. Musik. Hanya musik yang bisa setia menemaniku, yang melodinya membuat perasaan tenang, terkadang membawa ke suasana yang melow hingga tak sadar meneteskan air mata, bahkan terkadang juga terbawa perasaan hingga emosi. Teman terbaikku yang tidak pernah mengeluh, selalu ada bahkan di saat siapapun tidak bisa mengerti perasaanku.

Dialah teman terbaikku yang selalu bisa membesarkan hati di kala kesedihan melanda. Dialah teman paling setia yang selalu bisa membuatku tak merasa sendirian. Dengan membawa bekal 10.000 Yen, aku sudah bisa membelinya sekaligus beberapa CD original yang kubeli di toko buku alias Hon Ya yang terkenal sangat sering memberi diskon untuk pembelian CD original. Aku memutuskan membeli 2 buah CD waktu itu. Aku masih ingat itu adalah CD Roxette dan Avril Lavigne (saya tidak ketemu CD artis Indonesia di tempat itu). Waktu bisa membeli CD original rasanya bahagia sekali. Ada perasaan puas bercampur lega di dalam hati. Aku yang selama di Indonesia belum pernah membeli CD original, bukan karena tidak ingin membeli, memang harga per keping CD original lumayan menguras isi kantong maklumlah ketika itu aku adalah mahasiswa rantau. Kini bisa merasakan betapa nikmatnya kualitas suara CD original sekaligus mendukung dan ikut serta dalam mengedukasi diri bahwa dengan tidak membeli CD bajakan berarti tidak mencuri ataupun korupsi.

Berbekal kedua CD itu dan CD player yang kuberi nama ‘si putih’, saya semakin bersemangat menjalani hari demi hari selama di negeri matahari terbit. Meski jauh dari keluarga, jauh dari para sahabat dan jauh dari Indonesia, pelan-pelan aku semakin bisa menikmati detik demi detik kegiatan disana bahkan bisa mengikuti ritme kerja terutama masalah disiplin kerja.

Sepulangnya ke Indonesia. Aku pun mencari CD musik Indonesia. Bersama ‘si putih’, aku merindukan masa-masa mendengarkan musik di sela-sela rutinitas yang melelahkan. Pernah iseng seorang teman memasukkan CD bajakan ke dalamnya. Dan hasilnya ‘ZONK’. ‘Si putih’ menolaknya mentah-mentah. Bahkan dia saja bisa berontak jika dimasukkan sesuatu yang tidak pada tempatnya. Darinya aku belajar tentang ‘perbedaan’, musik yang berasal dari CD original begitu indah didengarkan, bisa dirasakan bahkan memberikan rasa lega karena ikut mendukung perkembangan musik legal di dunia.

Nah, tapi itu dulu. Sekarang ‘si putih’ sudah tak mungkin dibawa bepergian lagi, karena ukuran dan bobotnya bikin dengar musik jadi tidak praktis lagi. Syukurlah sekarang ada aplikasi musik yang cukup dipasang di smartphone, kita bisa mendengarkan musik legal kapanpun kita mau. Ini sebuah inovasi yang patut diapresiasi dalam rangka memberantas aksi pembajakan lagu. Aplikasi itu bernama MelOn. Ya, sekarang sudah ada MelOn player yang sangat pas bagi penikmat musik digital.

Pernahkah terbayang sebelumnya, kita bisa ‘membeli’ lagu original hanya dengan mengeluarkan uang sebesar Rp. 2.000,-? bisa download lagu seharian hanya dengan Rp. 3000 rupiah, atau Rp. 10.000,- untuk sebulan? Bahkan dengan biaya tersebut kita bisa mendengarkan beragam musik yang kita suka dengan kualitas suara yang lebih jernih, merdu, dan yang paling penting adalah legal.

Sekarang, yuk sama-sama kita jelajahi dunia musik dalam genggaman bersama aplikasi MelOn!

MelOn-stream-downloa-mp3

Download dan Streaming musik original semudah menjentikkan jari, buat sobat yang belum punya aplikasi MelOn ini silahkan download dulu dan pasang pada smartphone atau notebook kamu ya, silahkan download berdasarkan sistem operasi gadget yang kamu punya.



Sudah download aplikasinya? kalo sudah sekarang sobat mendaftarkan diri menjadi anggota MelOn yaitu dengan cara mengklik tombol Signup atau daftar, kali ini gadget yang akan kita gunakan sebagai contoh adalah smartphone android, namun buat sobat yang punya gadget beda dengan yang saya contohkan ngga perlu kuatir, cara daftar dan penggunaanya tetap sama kok, oke mari kita mulai.


CARA DAFTAR MELON.CO.ID


registrasi1


register-MelOn2


Registrasi selesai ngga sampai 1 menitkan, sesudah mendaftar setiap anggota baru akan memperoleh jatah download lagu gratis selama 1 minggu atau 7 hari. Berikut hasil tangkapan layar dari notebook saya, untuk membuktikan fasilitas gratis tersebut.


FASILITAS GRATIS DOWNLOAD ANGGOTA BARU


MelOn_Download_lagu_baru,_lengkap,_cepat,_&_mudah_-_2016-04-10_22.00.55


So sekarang yuk!, kita jelajahi berbagai jenis musik dari seluruh dunia pada aplikasi MelOn ini, aplikasi MelOn bisa digunakan siapa saja, musik yang ditawarkan juga buat semua umur baik yang muda yang tua serta lagu buat mengiring tidur atau bermain buah hati anda juga ada disini cukup klik tombol search lagu apapun dapat segera dinikmati, dengan database lagu lebih dari 500ribu lagu pada tahun 2011 lalu, kalau sekarang pasti sudah jutaan lagu yang dapat dinikmati setiap detik dimanapun dan kapanpun, baik yang lagi tren saat ini sampai yang jadul dengan mudah dapat didengarkan, download dan streaming dengan kualitas suara yang jernih dan bersih.


CARA MENCARI & DOWNLOAD LAGU


cara-cari-lagu-MelOn


CARA MEMBUAT PLAYLIST LAGU MELON


cara-buat-playlist-melon


Nah, setelah berhasil melakukan pencarian lagu, membuat playlist dan mendownload lagu original yang legal dari MelOn, sekarang sobat akan saya ajarkan bagaimana cara membeli lagu dari MelOn, untuk yang baru daftar menjadi anggota, MelOn memberikan layanan gratis download lagu dan streaming selama 1 minggu. So, buat yang sudah kehabisan jatah gratis, berikut cara membeli lagu orisinil lewat MelOn yang langsung dapat kamu praktekkan.

Sebelum melakukan pembelian lagu, atau download lagu original dari melon.co.id, setiap pengguna akan diwajibkan untuk melakukan registrasi nomor handphone dahulu, ada beberapa cara pembayaran yang diperbolehkan oleh MelOn seperti pembayaran dengan pemotongan pulsa, pembayaran dengan voucher atau dengan kartu kredit, metode yang akan kita gunakan adalah pembayaran dengan pemotongan pulsa lebih praktis dan lebih banyak penggunanya.


CARA MEMBELI/DOWNLOAD LAGU ORIGINAL di MELON


Pada aplikasi MelOn yang sudah dipasang pada smartphone kamu, cari lagu atau artis yang ingin kamu download lagunya setelah lagu yang kamu cari ditemukan, klik nama artis atau nama albumnya, lalu pilih lagu yang ingin kamu download dengan mengklik ikon titil, Pilihan pembayarannya dengan pulsa ada 2 yaitu untuk pelanggan telkomsel klik gambar telkomsel, dan untuk pelanggan indosat klik gambar indosat sedangkan untuk pengguna kartu simcard selain dari yang kedua diatas boleh menggunakan pembayaran menggunakan kartu kredit. Lihat gambar untuk lebih jelasnya.


A. Pembayaran dengan pemotongan pulsa Prabayar (dipotong langsung dengan sisa pulsa yang ada)


beli-mp3-original1


beli-mp3-original2


Klik Buy MP3 – pilih telkomsel – masukkan nomor handphone anda – masukkan kode konfirmasi – menerima SMS dari MelOn by UPOINT – Pulsa dipotong – Selesai – Download lagunya.


B. Pembayaran dengan pemotongan pulsa Pascabayar (ditambahkan pada tagihan pulsa)


Klik Buy MP3 – pilih telkomsel – masukkan nomor handphone anda – masukkan kode konfirmasi – menerima SMS dari MelOn by UPOINT – Pulsa dipotong – Selesai – Download lagunya.


*Ssst beli paket download MelOn bisa jauh lebih murah loh, caranya klik Purchase pilih paket yang kamu mau, lihat gambar ya.


beli-paket-melon-co-id


Kesimpulan: Mencintai musik dan membeli lagu, album original dengan MelOn berarti menyelamatkan industri musik tanah air. Kualitas suara lebih jernih dan merdu dibandingkan cd/dvd atau mp3 bajakan ditambah lagi harganya yang jauh lebih murah. Aplikasi MelOn ini akan banyak menyelamatkan manusia Indonesia, bukan hanya musisi, peradaban bebas pembajak serta perekonomian nasional yang makin sejahtera. Salam Musik Legal

banner lomba blog musikku rasaku melon