Anyang-anyangan adalah hal yang biasa dialami wanita. Ada juga yang menyebutnya sebagai gejala Infeksi Saluran Kemih (ISK). Saya sendiri belum paham apa sebenarnya penyebab anyang-anyangan itu dan bagaimana cara mengatasi anyang-anyangan yang paling ampuh agar tak berulang.

Yang pasti waktu itu, terasa sakit saat buang air kecil, penyebab sakit saat buang air kecil itu pun saya juga belum paham kenapa dan salahnya dimana. Jujur, saya sempat panik dan sangat kuatir, bagaimana cara mengatasi susah buang air kecil itu karena sakitnya sungguh menganggu dan membuat serba tidak nyaman. Aktivitas lainnya juga ikut terganggu.

cara mengatasi anyang-anyangan-uricran-rodame.com

Padahal dulu sekali waktu belum nikah, saya juga pernah mengalami anyang-anyangan di kampus. Ketika dosen sedang serius menjelaskan, saya harus bulak-balik permisi karena sedang anyang-anyangan. Ah terganggu sekali dan keselnya bukan main waktu itu. Hal yang paling saya ingat waktu itu adalah saya jadi ketinggalan mata kuliah yang diajarkan sang dosen dan akhirnya buru-buru pulang karena tidak nyaman di kampus. Di kamar kos, saya hanya bisa diam dan menahan sakit, sambil terus meminum air hangat. Saya tidak tahu itu akan berpengaruh atau tidak karena waktu itu, cuma itu yang saya tahu.

Saya seperti belum kapok kena anyang-anyangan. Setahun tujuh bulan yang lalu, persis ketika saya memasuki tri semester tiga kehamilan kedua saya, tiba-tiba saya merasa ingin buang air kecil berulang kali. Ketika buang air kecil, sakitnya luar biasa. Bahkan seperti belum tuntas, saya berulang kali buang air kecil, rasanya susah sekali buang air kecilnya. Saya sempat memegang perut bagian bawah saya ketika buang air kecil karena merasa sakit yang membuat kehamilan tri semester itu tidak nyaman sama sekali. Padahal perut semakin membesar, tidur pun mulai terganggu bahkan beberapa kali harus ke toilet karena kandung kemih yang makin tertekan oleh janin yang membesar.

Baru-baru ini saya terkena anyang-anyangan lagi. Lagi? Yup, benar sekali. Rasanya koq ya jadi langganan gini ya. Anyang-anyangan ternyata bisa datang berulang. Saya pikir setelah kejadian masa kuliah itu dan pas hamil itu yang terakhir, eh nyatanya di masa yang berbeda, di usia yang berbeda, saya masih tetap bisa mengalami yang namanya anyang-anyangan. Bahkan menurut penelusuran informasi pada situs berita kesehatan online disebutkan bahwa infeksi saluran kemih atau istilah di masyarakatnya anyang-anyangan memang banyak diderita orang di Indonesia.

Sebenarnya apa itu anyang-anyangan?

Anyang-anyangan atau dalam medis disebut infeksi saluran kemih atau dalam bahasa kedokteran disebut cystitis adalah infeksi yang mengenai sistem saluran kemih seperti ginjal, kandung kemih, serta uretra. Istilahnya akan berbeda-beda karena jika yang terinfeksi adaah saluran uretra disebut dengan uretritis, jika yang terinfeksi kandung kemih disebut dengan cystitis sedangkan jika yang terinfeksi bagian ginjal disebut dengan pielonefritis. Bahayanya, anyang-anyangan bisa terjadi akut, kronik bahkan berulang. Coba aja baca berbagai informasi seputar ISK, biar makin paham soal bahayanya anyang-anyangan jika terus-menerus terjadi secara berulang.

Ada berapa jenis infeksi saluran kemih?

Sebenarnya infeksi saluran kemih dibagi menjadi dua yaitu : infeksi saluran kemih bagian atas dimana ini menyerang dan menimbulkan infeksi pada organ ginjal dan infeksi saluran kemih bagian bawah yang menyerang bagian kandung kemih dan uretra. Saya sendiri merasa lebih ke ISK bagian bawah karena nyerinya di bagian kandung kemih dan uretra.

Kenapa wanita paling banyak terkena anyang-anyangan?

Begini, kenapa wanita? Karena penyebab paling sering anyang-anyangan adalah bakteri meskipun begitu virus dan jamur juga bisa menjadi penyebab terjadinya anyang-anyangan. Wanita memiliki organ intim yang harus dirawat dan dijaga dengan baik, karena jika terlalu lembab dan tidak bersih maka infeksi saluran kemih bagian bawah dapat menyerang. Bakteri jahat seperti E-Coli, virus atau jamur suka sekali tempat yang lembab dan kotor. Ditambah lagi jika wanita sudah menikah, infeksi saluran kemih juga dapat menular melalui hubungan seks. Penyebab lainnya adalah penggunaan toilet yang kurang bersih dimana toilet adalah tempat berkembangnya bakteri, virus dan jamur. Itulah sebabnya, wanita lebih berisiko terkena anyang-anyangan dibanding pria.

Bisakah anyang-anyangan berulang itu dicegah?

Ternyata bisa. Cara mengatasi anyang-anyangan ternyata bisa dilakukan sejak dini. Karena kemungkinan anyang-anyangan berulang itu bisa terjadi kapan saja, maka sebaiknya usaha untuk mengatasinya juga dilakukan sebelum anyangan-anyangan kembali datang. Karena kita tidak pernah tahu, kapan anyang-anyangan itu kembali. Minum air putih saja ternyata tidak cukup ampuh untuk mencegah anyang-anyangan berulang. Saya sudah membuktikannya sendiri. Ternyata butuh lebih dari sekedar air putih untuk mengatasi anyang-anyangan berulang. Trust me!

Gimana cara mengatasi anyang-anyangan berulang yang paling ampuh?

anyang-anyangan dan Uri-cran-rodame.com

Uri-cran atasi anyang-anyangan (Dok.rodame.com)

Konsumsi Uri-cran. Baru-baru ini saya membaca beberapa informasi tentang Uri-cran. Disebutkan pada fanpage resmi Prive Uri-cran bahwa untuk mencegah anyang-anyangan bisa mengonsumsi Uri-cran 1x sehari dan untuk yang sudah menyalami anyang-anyangan bisa mengonsumsi Uri-cran 2x sehari secara rutin agar anyang-anyangan tidak datang lagi.

Saya bergegas mencari Uri-cran di berbagai apotek kota tempat tinggal saya saat ini. Mulai dari apotek yang ada di dekat rumah, sampai apotek yang ada di kota, mulai dari warung dekat rumah sampai mini market di berbagai lokasi. Dan, ya, saya tidak menemukan Uri-cran. Saya tidak mau menyerah begitu saja. Demi mencegah anyang-anyangan berulang, saya akan kejar Uri-cran kemana saja. Ini bukan lebay loh ya. Asli saya penasaran dengan Uri-cran. Karena saya kapok kena anyang-anyangan berulang.

Akhirnya, saya membeli Uri-cran secara online di salah satu e-commerce langganan saya. Senangnya bukan main. Setelah tidak menemukan di apotek dan mini market akhirnya berkat internet dan teknologi informasi yang canggih sekarang ini, saya bisa membeli Uri-cran. Alhamdulillah, pencarian saya berbuah manis. Kini saya rutin minum Uri-cran sesuai petunjuk yang tertera di kemasan. Meski sedang berpuasa saya tetap konsumsi 1 kali sehari di waktu malam hari setelah berbuka puasa. Tentu saja tetap mengimbanginya dengan konsumsi air putih yang cukup.

cara mengatasi anyang-anyangan dengan uricran-rodame.com

Meski Saat Puasa, Anyang-Anyangan Dapat Diatasi dengan Uri-cran (Dok.rodame.com)

Sampai detik ini, saya justru merasa lebih sehat, tubuh lebih ringan, lebih semangat, pencernaan lebih baik dan jarang kena batuk dan flu. Sepertinya ekstrak buah cranberry-nya bekerja dengan sangat baik. Saya makin percaya kalau anyang-anyangannya juga tidak akan kembali lagi. Dan memang hingga detik saya menulis ini, saya sehat dan bebas anyang-anyangan.

Uri-cran cara untuk mengatasi anyang-anyangan (Dok. rodame.com)

Nah sekarang sudah tahu kan hubungan anyang-anyangan dan Uri-cran? oke deh, semoga yang masih bingung menemukan cara mengatasi anyang-anyangan sekarang sudah tercerahkan ya.