‘ Ada harga ada kualitas’, pernyataan itu seringkali kita dengar dan terucap ketika ingin membeli sebuah barang. Biasanya kualitas barang yang tinggi akan seiring dengan harga yang mahal. Begitu juga dengan notebook. Notebook yang memiliki performa tinggi selalu dibanderol dengan harga yang selangit.

Bahkan untuk menjadi seorang blogger profesional (Pro-Blogger), dukungan sebuah notebook hebat sangat diperlukan. Blogger profesional tidak lepas dari peralatan blogging yang mendukung. Salah satunya adalah notebook yang memiliki performa tinggi. Blogger yang kian diperhitungkan di dunia media, kini tak bisa dipandang sebelah mata lagi. Banyak orang kini menjelma menjadi blogger profesional karena kemampuan menulisnya yang sangat baik. Kecepatan, produktifitas, kreatifitas dan kehebatan sebuah tulisan blogger profesional tentu berhubungan erat dengan notebook yang digunakannya. Blogger profesional tentu akan memilih notebook yang sanggup memenuhi semua keinginannya.

Menjadi Blogger Profesional butuh notebook laptop hebat

Infografis ilustrated by.Rodame

Notebook ASUS X550ZE jawabannya. Notebook ini datang dengan prosesor tertinggi dari AMD Kaveri dengan nama AMD FX 7600P, mengusung kemampuan 12 core prosesor, yang terdiri dari empat core (quad core) dari CPU dan 8 core dari GPU atau VGA, namun dipasarkan justru dengan harga terjangkau. Ini baru sensasional namanya. Kualitas notebook-nya hebat harganya tetap hemat. Selain harganya yang terjangkau, berikut ini adalah 10 hal penyebab ASUS X550ZE yang sensasional itu sangat tepat untuk blogger profesional :

Desain Mewah yang Elegan

notebook ASUSX550ZE

Tampilan Mewah dan Elegan Notebook ASUS X550ZE (sumber : channel.asus.com)

Tidak hanya mesin internal ASUS X550ZE saja yang memukau, tetapi juga desain dan tampilan bodi yang diusungnya mewah dan sangat elegan. Bodi berbahan plastik dirancang apik seolah-olah menampilkan kesan material berbahan logam. Notebook ini juga dirancang dengan sangat stylish dengan desain cover ber-finishing spinline. Jika diperhatikan secara detail desain cover-nya bertekstur bulat (melingkar). Ada kesan tampilan premium. Desain mewah nan elegan tersebut membuat ASUS X550ZE benar-benar sesuai dengan harapan blogger yang ingin eksis dalam berbagai acara. Menggandeng notebook ASUS X550ZE akan membuat blogger semakin percaya diri dan terlihat profesional.

 Beragam Teknologi Unggulan

ASUS X550ZE dilengkapi dengan beragam teknologi unggulan, seperti : fitur Instant On yang memungkinkan blogger untuk mengaktifkan notebook hanya dalam waktu 2 detik dari kondisi standby. Bayangkan kalau sedang ada informasi penting atau lomba ngeblog, dengan fitur tersebut maka blogger tidak akan ketinggalan. Terkadang ketika blogger menghadiri sebuah acara sambil mengetik tiba-tiba baterai sekarat dan mati. Fitur Instant On juga memungkinkan notebook untuk secara otomatis menyimpan data-data ketika sedang low battery. File akan secara langsung tersimpan ketika indikator baterai menunjukan angka di bawah 5 persen. Aman kan? Blogger juga terkadang perlu merekam hasil reportase sebuah acara. Nah, tidak perlu kuatir karena ada fitur sound speaker  berteknologi SonicMaster di dalam ASUS X550ZE. Sistem audio wizard yang terdiri dari enam mode setelan, dimana di dalamnya ada recording mode. Kualitas suaranya dijamin jernih.

INSTANT ON ASUS notebok X550ZE

Fitur Instan on pada notebook ASUS X550ZE (sumber : asus.com)

Redam Panas dengan IceCool Technology

Menjadi blogger yang handal juga perlu dukungan teknologi. ASUS X550ZE dilengkapi dengan teknologi pendingin mesin prosesor sehingga sangat memungkinkan berlama-lama menggunakan notebook. Blogger biasanya menghabiskan waktu yang tidak sedikit untuk menciptakan tulisan yang baik. Blogger perlu membaca berita secara online, membuat infografis yang menarik di dalam tulisannya, membuat video, memasukkan berbagai foto pendukung, mengedit tulisan dan lain sebagainya. Kegiatan tersebut akan sangat memakan waktu. Itulah sebabnya icecool technology sangat penting ada di dalam sebuah notebook. Meskipun berlama-lama mengetik, area palm rest (tempat meletakkan telapak tangan di bawah papan keyboard) tetap berada pada suhu normal, yaitu sekitar 28-35 derajat celcius (di bawah suhu normal tubuh kita yaitu 36 derajat celcius. Hal tersebut penting demi kenyamanan blogger sehingga tulisan yang dihasilkan berkualitas.

Icecool Technology pada Notebook ASUS X550ZE

Icecool Technology pada Notebook ASUS X550ZE (sumber: channel.asus.com)

Touchpad dan Keyboard yang Apik

Blogger juga perlu mengetahui bahwa keberadaan smart gesture pada ASUS X550ZE akan lebih mudah dioperasikan atau diperintah saat sedang dijalankan. Contohnya jika ingin melakukan scroll ke bawah, blogger dapat memakai dua jari lalu menyeretnya ke arah bawah. Hal yang sama berlaku saat hendak ingin melihat bagian atas. Area touchpad yang luas 104 mm x 76 mm juga memungkinkan blogger melakukan smart gesture lainnya seperti melakukan zoom in dengan cara mencubit area touchpad atau melakukan zoom out dengan cara menggeser dua jari ke arah berlawanan.

Touchpad yang lebih luas pada Notebook ASUS X550ZE

Touchpad yang lebih luas pada Notebook ASUS X550ZE (sumber : asus.com)

Ada juga smart gesture mode 3 jari. Blogger butuh kecepatan berpindah dari halaman satu ke halaman berikutnya. Hanya dengan menggeser ke kiri atau ke kanan maka halaman akan berpindah. Jika menggeser ke atas atau ke bawah akan kembali ke tampilan desktop. Keyboard juga didesain secara ergonomis, ketika mengetik akan terasa lebih akurat dan presisi, tepat mengenai tiap tuts. Hal ini akan membantu blogger mengetik dengan sempurna sehingga kesalahan ketik ‘typo’ mampu diminimalisasi.

Kemampuan Smart Gesture pada Notebook ASUS X550ZE

Kemampuan Smart Gesture pada Notebook ASUS X550ZE (sumber : asus.com)

Port & Konektivitas

Blogger yang profesional juga harus mampu melakukan kegiatan desain termasuk membuat infografis atau memperindah blog dengan berbagai gambar yang menarik. ASUS X550ZE memiliki bentang layar yang cukup besar yakni 15,6 inci, dengan port konektivitas yang cukup lengkap. Di bagian kiri, ada lubang exhauts, analog VGA port, HDMI port, RJ45 Network port dengan model spoiled, 2 buah USB 3.0 port dan Combo Audio port. Adapun di sisi kanan hanya terdapat Optical Disk Drive (ODD) area dan sebuah tambahan USB 2.0 port dan juga port charger.

Pindah Data dengan Cepat 'USB 3.0'

Pindah Data dengan Cepat ‘USB 3.0’ (sumber : asus.com)

Poin pentingnya adalah adanya fitur transfer berbasis USB 3.0 dimana kecepatan penyaluran data lebih cepat 10 kali lipat dari USB 2.0. Artinya blogger dapat menyimpan atau membagi data-data seperti foto, video, dokumen maupun aplikasi berukuran besar dalam waktu yang relatif singkat. Blogger sangat butuh fitur tersebut sehingga hasil reportasi menjadi cepat dipublikasikan ke berbagai media sosial. Transfer film yang berukuran 25GB dengan kualitas Blue-ray saja cuma butuh 70 detik. Bisa dibayangkan betapa fitur tersebut akan sangat membantu kegiatan blogging.

Display Panel

Notebook dengan bentang layar seluas 15,6 inci beresolusi High Definition (HD), memiliki resolusi 1366 x 768 piksel, dimana dalamnya terdapat Splendid Technology.  Teknologi tersebut memungkinkan peningkatan kualitas gambar dengan mereproduksi warna menjadi lebih kaya sehingga kualitas pengalaman visual menjadi lebih menakjubkan untuk konten.

splendid technology asus X550ZE

Splendid Technology pada Notebook Asus X550ZE (sumber : asus.com)

Di dalam teknologi tersebut juga terdapat beberapa utilitas yang dapat dimanfaatkan oleh blogger, guna memaksimalkan kualitas tampilan layar yang lebih hidup, tajam dan nyaman untuk berlama-lama dilihat. Utilitas tersebut antara lain; normal mode, theater mode, vivid mode dan manual mode.

Display panel menghadirkan gambar yang lebih tajam dan jernih pada Notebook ASUS X550ZE

High Definition pada Notebook ASUS X550ZE (sumber : asus.com)

Performa Andal dengan 12 Core

Bicara soal notebook hebat tidak lepas dari prosesor yang digunakan. ASUS X550ZE menggunakan prosesor kelas tertinggi dari AMD yakni FX 7600P. ASUS juga menawarkan model dengan varian prosesor AMD lain yakni A10. Perbedaanya adalah jika AMD FX mampu mendongkrak performa dengan sokongan 12 compute core yang berasal dari gabungan CPU dan GPU, maka varian AMD A10 hanya dibekali dengan 10 core, yakni 4 berasal dari CPU dan 6 sisanya dimiliki oleh GPU namun dilengkapi dengan kartu grafis Radeon R7-M265DX yang mendukung Dual Graphic. AMD A10 juga memiliki APU powerful. Dengan keduanya, maka sangat mungkin menjalankan berbagai kegiatan seperti sunting foto, video, desain grafis, browsing sembari melakukan tugas lainnya tanpa kesulitan, termasuk berbagai game 3D terbaru dapat dilahapnya.

prosesor kelas tertinggi dari AMD yakni FX 7600P

Prosesor kelas tertinggi dari AMD yakni FX 7600P (sumber : asus.com)

Sementara itu, varian berprosesor AMD FX7600P, memiliki kecepatan clock speed lebih tinggi mulai dari 2,7 GHz hingga 3,6 GHz saat turbo boost dinyalakan. Sektor dedicated graphic-nya memiliki performa yang lebih baik dari A10 karena menggunakan AMD Radeon R7-M270DX. Dengan kualitas prosessor dan grafis yang lebih tinggi dibanding varian AMD 10, notebook Asus X550ZE dengan AMD APU FX ini jelas lebih handal dalam berbagai pekerjaan. Kini blogger tidak perlu khawatir notebook tersedak di tengah jalan ketika melakukan berbagai aktifitas secara bersamaan.

Notebook Asus X550ZE Performa Tinggi

Notebook Asus X550ZE Performa Tinggi (sumber : asus.com)

Kapasitas RAM dan Memori

Bukan cuma ibu-ibu saja yang bisa multitasking. Blogger pun dituntut multitasking. Untuk itu notebook yang bisa multitasking sangat perlu guna mendukung kegiatan blogger. Karenanya ASUS X550ZE juga dilengkapi dengan RAM 4GB LPDDR3L 1600 MHz bahkan masih bisa diupgrade hingga 16 GB. ASUS juga menyediakan ruang sebesar 1TB ditambah dengan dukungan ASUS web Storage hingga 32GB gratis selama 3 tahun. Dengan penyimpanan berbasis cloud dari ASUS, kita dapat dengan mudah mengakses data di manapun dan kapanpun. Ini sangat sesuai dengan kebutuhan blogger. Tulisan yang berkualitas tersebut tentu dilalui dengan megumpulkan berbagai bahan dari internet. Baik itu file yang bentuknya gambar sampai video. Dengan ruang penyimpanan yang besar, blogger tidak perlu kuatir lagi kehabisan tempat untuk menyimpan berbagai bahan yang ada sebelum merampungkan sebuah tulisan.

RAM dan Memory Besar pada notebook Asus X550ZE

RAM dan Memory Besar pada notebook Asus X550ZE (sumber : asus.com)

Teruji : 12 Tes Ekstrim

Blogger juga membutuhkan notebook berdaya tahan tinggi. Artinya notebook tersebut mesti yang berkemampuan tinggi tapi juga sifatnya everlasting. Syukurnya semua notebook keluaran ASUS sudah melalui berbagai pengujian ekstrim termasuk notebook ASUS X550ZE. Itulah sebabnya notebook ASUS menjadi tahan banting dan dapat diandalkan. Beberapa pengujian yang dilakukan adalah :

Tes Keyboard

Setiap tuts di keyboard berkali-kali diketuk oleh jemari robot untuk memastikan bahwa keyboard nyaman dipakai berlama-lama dan tetap handal setelah mengalami tekanan yang keras. Blogger yang aktif mengetik dan mempublikasikan tulisan tentu akan berlama-lama menggunakan keyboard. Bayangkan ada tuts yang lepas ketika sedang mengetik tentu akan sangat mengganggu. Keyboard pada notebook ASUS dibuat agar blogger bisa tetap nyaman mengetik meski dalam waktu yang lama sekalipun.

Tes Abrasi

Bodi notebook ASUS diuji dengan pada permukaan yang kasar untuk mengetahui daya tahan permukaan bodi luarnya. Biasanya notebook itu kalau bergesekan dengan sebuah benda yang kasar akan mudah ‘aus’ sehingga tampilan notebook menjadi kurang baik. ASUS juga memikirkan keawetan bodi notebook yang diproduksi agar tetap mewah dan elegan.

Tes Kebisingan

Demi kenyamanan, tiap notebook keluaran ASUS diuji tingkat kebisingan suaranya.pernah dengar bunyi kipas atau noise saat menggunakan notebook. Saya pernah dan itu sangat tidak nyaman. Tulisan di blog jadi hilang arah, tidak bisa fokus karena notebook berisik sekali. Notebook ASUS sudah teruji tidak membuat kebisingan sehingga blogger bisa fokus saat membuat sebuah tulisan.

Tes Tekanan

Layar notebook ASUS juga diuji dengan memberi tekanan tertentu. Tujuannya untuk memastikan cover pelindungnya kuat atau tidak menahan beban.

Tes Engsel

Pernah mengalami engsel notebook yang kaku atau ‘aus’ karena seringnya dibuka tutup? Saya pernah, dan itu membuat aktifitas blogging menjadi terhambat. ASUS dalam hal ini telah menguji semua produk notebooknya dengan melakukan buka-tutup cover sedikitnya 20.000 kali untuk mengukur kekuatannya. Jadi hambatan blogging karena engsel notebook yang rusak tidak akan ada lagi jika menggunakan notebook ASUS.

Tes Getaran

Bagaimana jika kita menempatkan notebook pada beberapa kondisi/frekuensi getaran, apakah konstruksi luar dan bagian dalam notebook ASUS tetap terpasang rapat dan tak lepas/kendur. Notebook ASUS juga telah teruji dalam hal ini.

Tes Goncangan

Jika blogger aktif menggunakan notebook dan membawanya dalam melakukan aktifitas maka notebook akan sering mengalami goncangan. Tes ini memastikan setiap notebook tetap dapat beroperasi dengan baik setelah mengalami goncangan. Jadi tidak perlu kuatir dengan keadaan notebook ASUS, karena meskipun dibawa kemana-mana akan tetap bisa beroperasi dengan baik.

Tes Pemelintiran

Blogger akan sering buka-tutup cover notebook. Terkadang kalau cepat-cepat karena ada ide yang datang, cover notebook dibuka pakai satu tangan sehingga layar menjadi lentur. Uji pemelintiran sudah dilakukan pada semua notebook ASUS guna mengukur seberapa kuat rangka bodi mampu melindungi keseluruhan notebook.

Tes Akselerasi Tinggi

Notebook akan dicoba digerakkan dalam kecepatan tinggi. Tes HALT (Highly Accelerated Life Test) merupakan simulasi pergerakan notebook untuk kemudian dianalisa teknisi untuk meminimalkan masalah yang mungkin terjadi.

Tes Port

Setiap port I/O akan diuji dengan memasukkan dan mencabut konektor berkali-kali untuk menjamin tiap lubang tetap kuat tanpa mengalami penurunan kualitas dan kecepatan transfer data. Blogger juga seringkali memindahkan data baik dari kamera, smartphone, flashdisk dan lain-lain. Uji port yang dilakukan ASUS pada semua notebook menunjukkan bahwa port pada notebook kuat.

Tes Temperatur

Ada notebook yang tidak tahan pada suhu ekstrim (suhu rendah maupun suhu tinggi). Uji temperatur pada notebook terhadap suhu rendah dan tinggi juga berbagai level kelembaban udara dilakukan pada notebook ASUS sehingga setiap bagian notebook dijamin memiliki daya tahan yang tinggi terhadap berbagai kondisi cuaca.

Tes Jatuh

Tes ini terbilang ekstrim. Bagaimana tidak, notebook ASUS dijatuhkan dan tidak langsung rusak. Rangkaian tes jatuh ini tujuannya untuk mengukur seberapa kuat notebook bertahan terhadap berbagai kejadian yang tak terduga termasuk jatuh dari meja atau tersenggol.

Benchmark

Hasil benchmark 3DMark Advanced Edition dari notebook ASUS X550ZE untuk game Sky Diver menyentuh angka 2823. Artinya, performa notebook ASUS X550ZE dalam memutar game 3D tersebut sangat baik, sehingga tidak akan tersedak-sedak dimana tampilan 3D-nya pun sangat baik.

hasil benchmark 3DMark Advanced Edition dari X550ZE

Hasil Benchmark 3DMark Advanced Edition dari X550ZE (sumber: asus)

Yuk mari kita lihat tampilan 3D di notebook ASUS X550ZE :

Tampilan Game 3D di Notebook ASUS X550ZE

Tampilan Game 3D di Notebook ASUS X550ZE (sumber : asus)

tampilan game 3D di notebook ASUS X550ZE

Tampilan Game 3D di Notebook ASUS X550ZE (sumber : asus)

Warranty

Luar biasanya, ASUS berani memberi garansi terhadap nootebook ASUS X550ZE selama 2 tahun penuh. Tidak hanya meliputi biaya service tetapi juga penggantian spare part yang memiliki masalah. Satu lagi, garansi ini sifatnya global.

 

garansi resmi 2 tahun secara global ASUS

2 Years Global Full Warranty (dugompinoy.com)

Sebagai bonus, ASUS juga memberikan bundling game secara gratis untuk pembelian notebook X550ZE, asyik kan?

Bundling Game 3D Setiap Pembelian Notebook ASUS x550ZE (sumber : asus)

Bundling Game 3D Setiap Pembelian Notebook ASUS x550ZE (sumber : asus)

Semua kualitas memukau itu cukup dibayar dengan harga terjangkau. Ya, tepat sekali. Harga notebook  ASUS X550ZE dibanderol dengan harga Rp7.649.000 untuk ASUS X550ZE ber-CPU AMD FX-7600P Quad-Core 2,7GHz (Burst up to 3,6GHz) dan Rp6.949.000 untuk ASUS X550ZE ber-CPU AMD A10-7400P Quad-Core 2,5GHz (Burst up to 3,4GHz). Bukan cuma gamers dan graphic designers yang terpukau. Saya sebagai blogger pun sangat terpukau dengan performa tinggi dan harga yang terjangkau ASUS X550ZE. Rasanya dengan keberadaan notebook ASUS X550ZE di tangan, menjadi blogger profesional bukan lagi impian semata.

Berikut ini spesifikasi teknis ASUS X550ZE selengkapnya :

Spesifikasi Notebook ASUS X550ZE

Biar lebih puas lagi, yuk saksikan video berikut ini :

Nah, buat yang belum kenal ASUS, mesti tahu bahwa ASUS adalah produsen terbaik ke-2 di dunia untuk notebook konsumen dunia dan motherboard. Bahkan pada tahun 2014 ASUS sudah meraih sebanyak 4.326 penghargaan dengan 16.000 karyawan yang tersebar di seluruh dunia. Kalau di Indonesia sendiri, sampai akhir kuartal ketiga 2015, data dari GfK menyebutkan bahwa untuk bisnis notebook, market share-nya sebesar 34,3 persen. Jadi, tidak perlu ada keraguan lagi terhadap notebook keluaran ASUS.

asus

So, gimana blogger sejawat? buat kalian yang ingin jadi Pro-Blogger alias blogger profesional, inilah kesempatan baik untuk kita semua. Notebook ASUS X550ZE yang memiliki kemampuan hebat dan harga hemat ini, sangat tepat untuk blogger profesional atau pro-blogger wanna be seperti saya. Saya berani bilang, no doubt for notebook ASUS, I choose ASUSX550ZE, so you do.