ZenFone Go ‏ZC500TG si smartphone berotak canggih yang harganya bersahabat. Ya, kali ini Asus lagi-lagi mengeluarkan smartphone yang bukan cuma teruji secara kualitas tapi juga terjangkau untuk berbagai kalangan. Bersamaan dengan acara Asus Zen Festival 2015 di Jakarta yang lalu, ZenFone Go 5.0 ‏ZC500TG turut dirilis ke publik. Smartphone berotak canggih ini bahkan disebut-sebut sebagai ZenFone 5 inch yang paling terjangkau.

asus zenfone go 5.0 ‏ZC500TG-rodame

Smartphone ZenFone Go ZC500TG dengan Pilihan Warna ‘Stylish’

Makin penasaran kan ya? yuk saya ajak berkenalan dengan ZenFone Go 5.0 ‏ZC500TG yang memiliki berbagai keunggulan :

Smartphone Berprosesor Quad Core

Sudah pernah menggunakan smartphone dengan prosesor quad core? Belum. Yang terbayang di benak saya adalah sebuah laptop yang bisa digunakan dalam berbagai hal yang kemampuannya sangat bisa diandalkan. Prosesor itu sendiri bisa dibilang adalah otak dari laptop itu. Bayangkan? jika prosesor quad core itu disematkan di laptop seperti apa mulusnya performanya. Jika semakin tinggi prosesornya maka akan semakin tinggi pula kemampuannya. Nah, Asus bukan menyematkannya di laptop loh tapi di smartphone. Dengan layar 5 inch, ukuran segenggaman tangan tapi performanya mulus berkat teknologi quad core yang dipasang didalamnya. Seolah-olah membawa laptop dalam genggaman. Smartphone ZenFone Go 5.0 ‏ZC500TG dengan MediaTek MT6580 Quad Core 1.3 GHz memiliki kemampuan yang tinggi dengan berbagai fitur yang menarik di dalamnya.

asus-zenfoneZC500TG-rodame

Ada apa di dalam prosesor quad core?

Di dalam sebuah prosesor quad core terdapat tiga komponen utama. Salah satu komponen utamanya disebut dengan komponen inti. Inti inilah yang terdiri dari quad core (4 inti) yang kita kenal juga dengan istilah chip. Keempat core tersebut kemudian digabungkan menjadi suatu komponen inti yang merupakan otak dari kinerja smartphone (CPU) dan yang disebut sebagai prosesor quad core.

Nah, di dalam core tersebut masing-masing inti akan saling bekerjasama dengan sirkuit lainnya seperti cache, manajemen memori serta input output port. Masing-masing core di dalam prosesor quad core memiliki tugas dan fungsi untuk menjalankan beberapa perintah sekaligus. Keempat core berperan dalam meningkatkan kecepatan program dalam proses paralel. Di dalam core biasanya terdapat bahan semikonduktor tunggal atau multiple semikonduktor yang berada dalam beberapa paket IC (Integrated Circuit) tunggal.

Mau Main Game atau Nonton Film 3D?

Smartphone berprosesor quad core sangat mendukung aplikasi multithread. Artinya,  kita dapat bermain game sambil melakukan proses lainnya sekaligus. Bermain game memerlukan prosesor yang mampu mendukung proses secara simultan juga tampil dengan grafis yang berkualitas. ZenFone Go 5.0 ‏ZC500TG mampu mewujudkannya.

image012

Zenfone Go ZC500TG : Main Game Real Racing 3

Smartphone berotak quad core juga mampu menampilkan game dan film 3D secara mulus, bisa dipastikan hampir tidak terjadi lag (macet). ZenFone Go 5.0 ‏ZC500TG terbukti mampu memainkan game seperti Real Racing 3 dan Asphalt 8 tanpa mengalami gangguan sama sekali. Lancar dan menyenangkan, bahkan mereka yang sudah mencobanya menyampaikan bahwa hampir-hampir tidak percaya bahwa game tersebut sedang dimainkan di sebuah smartphone.

 

Tak hanya untuk main game dan nonton film 3D, prosesor quad core juga memiliki keuntungan lainnya seperti aplikasi foto. Smartphone dapat menampilkan beberapa foto lebih cepat daripada smartphone dengan prosesor single atau dual core. Prosesor quad core juga mendukung aplikasi pembuatan video atau editing foto dengan Adobe Photoshop sehingga tak perlu takut akan terjadi lag saat membuka aplikasi tersebut di smartphone Asus ZenFone Go 5.0 ‏ZC500TG.

Quad core artinya beroperasi dua kali lebih cepat dari dual core. Kecepatannya bervariasi, sangat bergantung pada sifat dari program yang dijalankan, dan kompatibilitas prosesor dengan hardware lain dalam sistem yang ada secara keseluruhan. Jika dilihat dari keuntungan, smartphone dengan prosesor quad core memang dapat bekerja lebih baik daripada dual core.

ZenFone Go 5.0 ZC500TG Layar Memukau Ditawarkan dengan Harga Terjangkau

Keunggulan lainnya adalah dari segi harga. Smartphone canggih biasanya selalu dibarengi dengan harga yang tinggi pula. Berbeda dengan smartphone keluaran Asus yang baru saja dirilis tahun 2015 lalu, ZenFone Go 5.0 ‏ZC500TG berprosesor quad core dibanderol dengan harga yang terjangkau.

image007

Zenfone Go ZC500TG Layar Memukau Harga Terjangkau

Berdasarkan hasil uji performa dengan aplikasi Benchmark Antutu, ZenFone Go 5.0 ‏ZC500TG menunjukkan skor yang mengesankan yaitu 20.937 atau jika dibulatkan 21.000. Nilai performa tersebut sangat baik untuk ukuran smartphone sekelasnya yang biasanya memiliki skor di bawah 20.000. Dengan performa yang sangat baik maka dapat dipastikan smartphone ZenFone Go 5.0 ‏ZC500TG tidak bisa dipandang sebelah mata meskipun harganya sangat bersahabat dengan kantong. Sangat wajar jika seri Asus ZenFone disebut-sebut sebagai smartphone berperforma tinggi dengan harga yang terjangkau.

 

Dengan harga Rp 1.599.000 (2GB/8GB) dan Rp 1.699.000 (2GB/16GB) kita bisa mendapatkan smartphone yang desainnya elegan, layar yang cerah dan berbagai keistimewaan lainnya dengan performa yang tinggi.

Kamera dengan Beragam fitur

ZenFone Go 5.0 ‏ZC500TG dibekali dengan 2 kamera depan dan belakang. Kamera belakang 8 MP dengan autofocus dan kamera depannya 2 MP. Kedua kamera tersebut telah mengadopsi teknologi PixelMaster. Teknologi PixelMaster memungkinkan kita untuk mengambil gambar dengan baik dengan kamera belakang maupun kamera depan. Terdapat mode auto yang akan mengambil gambar dengan pengaturan otomatis baik untuk fokus, ISO, shutter speed dan bukaan diafragma sehingga hasilnya menjadi optimal dalam kondisi apapun. Nah, mode tersebut akan terpilih secara otomatis jika kita membuka kamera PixelMaster sehingga saat akan mengambil gambar dengan cepat, kamera akan otomatis mengatur dan menyesuaikan dengan lingkungan yang ada di sekitar.

image015

Kamera Belakang ZenFone Go 5.0 ‏ZC500TG 8 MP dengan Flash

Kita tetap bisa mengatur kamera secara manual yaitu dengan cara membuka setting kamera saat berada di mode auto untuk mengatur “white balance”, ISO dan” exposure value” sehingga siapapun bisa terlihat layaknya fotografer profesional. Meskipun kamera belakangnya hanya 8 MP, namun disebutkan bahwa Asus dapat menjamin gambar yang dihasilkan akan jernih meskipun dalam keadaan low light (keadaan yang kurang cahaya atau remang-remang).

Adanya fitur anti-shake yang akan otomatis bekerja jika diaktifkan di menu setting juga memungkinkan kita untuk mendapatkan gambar tetap baik meskipun saat mengambil gambar tangan kita bergetar (tidak stabil). Selain bisa mengambil gambar, kita juga bisa membuat video. Sama seperti saat mengambil gambar, kita juga bisa mengatur “white balance”, “exposure value” dan juga fitur  “video stabilization” sehingga video yang kita ambil menjadi lebih stabil dan tidak terlalu banyak guncangannya. Hebatnya lagi, smartphone ZenFone Go 5.0 ‏ZC500TG tergolong smartphone yang harganya terjangkau. Smartphone ZenFone Go 5.0 ‏ZC500TG bisa mengambil rekaman video dengan resolusi Full HD 1920 x 1080 pixel. Pantas juga ZenFone Go 5.0 ‏ZC500TG disebut sebagai smartphone high-end. Kameranya memiliki mode HDR dimana kita bisa mengambil 3 gambar sekaligus dan menyatukannya agar objek dan latar belakang foto masih terlihat jelas.

1we2

Biasanya jika menggunakan kamera tanpa HDR, fokus pada objek, maka latar belakang akan putih dan tidak jelas terlihat. Namun, jika difokuskan di latar belakang, objek yang berada di dekat kamera menjadi gelap. Nah, dengan adanya mode HDR hal tersebut tidak akan terjadi. ZenFone Go 5.0 ‏ZC500TG sudah dilengkapi dengan mode HDR. Selain itu ada juga mode beautification. Biasanya mode tersebut hanya tersedia untuk kamera depan saja. Namun pada ZenFone Go 5.0 ‏ZC500TG mode beautification tersedia untuk kamera depan dan belakang. Mode tersebut dapat membuat wajah lebih cantik seperti memberikan make up, menghaluskan, mencerahkan wajah, memperbesar mata, meluruskan pipi dan lain-lain agar terlihat lebih cantik.

1we3

Pada fitur kamera ada juga night mode. Asus PixelMaster night mode memampukan kita untuk mendapatkan gambar di malam hari lebih terang dibandingkan dengan mode auto. Bahkan ada Depth-of-Field untuk mengambil gambar dengan menambahkan efek bokeh pada latar belakang gambar seperti yang bisa dilakukan oleh kamera mahal. Juga masih ada 12 efek kamera lainnya yang disediakan oleh Asus untuk pecinta fotografi diantaranya efek LOMO, Vintage, Sepia, Pencil, Grayscale, Edge Effect, Pixelize dan lain-lain tanpa harus memasang aplikasi editing foto lainnya pada smartphone ZenFone Go 5.0 ‏ZC500TG.

1we4

Keistimewaan lainnya pada kamera ZenFone Go 5.0 ‏ZC500TG adalah mode panorama disediakan untuk kamera depan dan belakang. Biasanya smartphone lainnya hanya menyediakannya untuk kamera belakang. Dengan kamera ZenFone Go 5.0 ‏ZC500TG kita bisa melakukan panorama selfie baik secara vertikal maupun horizontal. Belum cukup puas? Nah untuk penyuka gambar GIF (gambar bergerak singkat), Asus PixelMaster Camera juga memungkinkan kita untuk mengambil gambar dalam bentuk gambar bergerak. Cara pengambilannya sederhana yaitu dengan menahan tombol shutter sesuai durasi rekaman GIF yang kita inginkan.

1we7

Pernah dengar mode miniatur? Dengan mode miniatur dalam PixelMaster Camera kita bisa mengambil gambar dengan fokus objek sehingga objek lainnya di luar batas kita bisa buat blur. Ini berguna untuk menciptakan efek saat mengambil gambar action figure atau objek yang berukuran kecil dimana sekelilingnya banyak benda lainnya agar tak masuk ke dalam gambar.

1w5

Gambar bergerak  seperti orang berlari atau melompat agar tampak melayang di udara, Asus menyediakan mode Time Rewind. Dengan mode ini, kita dapat memilih frame dengan jangka waktu 1 detik sebelum atau 1 detik setelah shutter ditekan. Tidak ada momen bergerak yang terlewatkan dengan ZenFone Go 5.0 ‏ZC500TG.

1we

Mode Smart Remove pada kamera ZenFone Go 5.0 ‏ZC500TG meemungkinkan kita untuk mengambil gambar di tempat wisata atau keramaian dimana banyak orang berlewatan di belakang kita. Dengan mode tersebut, otomatis mengambil 5 buah gambar dan menghapus objek yang bergerak sehingga hasilnya menjadi ekslusif tanpa ada gangguan seperti orang maupun kendaraan yang lewat.

Pernah mendapati wajah kita asing sendiri karena yang lainnya tersenyum? Tenang, sekarang kita bisa menggabungkan gambar yang sedang tersenyum secara otomotis dengan model All Smiles. Pada mode ini, bisa diambil 5 foto dengan jeda waktu sehingga foto bersama nantinya akan tergabung dengan senyum terbaik.

1we55

Suka video slow motion atau fast motion? Jangan kuatir, pada kamera ZenFone Go 5.0 ‏ZC500TG tersedia mode slow motion dan time lapse sehingga video yang dihasilkan menjadi lebih keren dengan efek-efek kecepatan.

Dengan banyaknya pilihan mode di kamera ZenFone Go 5.0 ‏ZC500TG, siapapun bisa jadi fotografer profesional sehingga ZenFone Go 5.0 ‏ZC500TG sangat layak jadi partner terbaik dalam menangkap momen apapun dimanapun kapanpun.

Dual SIM Dual 3G

ZenFone Go 5.0 ‏ZC500TG dibekali dengan dual SIM slot yang dapat aktif bersamaan sehingga tidak perlu membawa dua buah smartphone. Dua nomor dengan provider yang beda atau sama dapat aktif sekaligus dimana keduanya sudah didukung dengan koneksi internet 3G yang kecepatan download maksimal hingga 42 Mbps dan jika ingin mengalihkan paket data internet antara kedua kartu SIM yang terpasang bisa cepat tanpa perlu bulak-balik memindahkannya.

image023

Dual SIM 3G Stand By

Bagi traveller smartphone yang bisa dipakai berkomunikasi tanpa merepotkan juga sangat penting. ZenFone Go 5.0 ‏ZC500TG memiliki mekanisme instalasi kartu SIM yang sangat mudah untuk SIM1 dan SIM2. Tidak perlu mematikan smartphone atau melepas baterai sehingga mudah terutama bagi orang yang bermobilitas tinggi.

Asus ZenUI yang Intuitif

zenUI

Asus ZenUI 2.0 Lebih Cantik Lebih Personal

Asus ZenFone Go 5.0 ‏ZC500TG berplatform Android Lollipop (5.1) yang menjadi salah satu OS terbaik yang pernah dimiliki Android. Tidak sampai disitu saja, Asus membekali OS Android Lollipop dengan ROM Asus ZenUI 2.0 terbaru. Asus ZenUI generasi terbaru banyak dipuji oleh reviewer di seluruh dunia. Desainnya cantik dengan customize tingkat lanjut sehingga smartphone Asus ZenFone Go 5.0 ‏ZC500TG benar-benar sesuai keinginan  atau mewakili penggunanya. Tidak heran, perangkat yang memiliki ZenUI sudah terjual lebih dari 18 juta unit dan aplikasi ZenUI sudah terunduh lebih dari 150 juta kali melalui Google Playstore.

Kamu orangnya dinamis? Nah di smartphone Asus ZenFone Go 5.0 ‏ZC500TG kita bisa memilih beragam tema yang diinginkan berdasarkan warna kesukaan, screensaver, icon atau yang lainnya sesuai selera pengguna. Masih kurang? Tinggal download tema yang diinginkan dari galera tema atau yang tersedia di internet. Smartphone selalu terlihat baru setiap hari dengan pilihan tema yang bermacam-macam.

 

ZenUI 2.0 juga dilengkapi dengan app drawer cerdas yang bisa disesuaikan dengan keinginan kita. Kita bisa mengelompokkan dalam smart group aplikasi yang kita inginkan atau bahkan mengurutkannya berdasarkan frekuensi penggunaan, sesuai abjad, sesuai waktu download atau apapun, semua terserah kita. Kemudian, ikon tampilan aplikasi-aplikasi juga bisa diganti dengan icon packs dan memilih berapa banyak aplikasi yang ingin ditampilkan dalam satu halaman melalui app drawer.

image028

Virus ada dimana-mana, jangan panik. Asus ZenUI 2.0 sudah bekerjasama dengan perusahaan anti virus terkemuka yaitu Trend Micro Security untuk menjaga data di dalam smartphone tetap aman. Privasi di smartphone juga aman meskipun digunakan oleh orang lain karena Asus ZenUI sudah dilengkapi dengan SnapView. Bisa bikin 2 akun user agar akun pribadi terjaga, tak perlu melarang orang lain untuk melihat isi smartphone kita.

Amankah untuk anak? Jangan kuatir karena Asus ZenUI memiliki Kids Mode dimana jika kita mengaktifkan mode tersebut, tampilan smartphone akan berubah khusus untuk anak-anak saja. Kita bisa memilih aplikasi yang tampil di smartphone.

Takut anak terlalu lama bermain gadget? Jangan kuatir karena pada Kids Mode, kita bisa mengatur waktu mundur sampai kapan Kids Mode berakhir dan otomatis akan terkunci kembali.

Kamu orangnya suka yang simpel? Asus ZenUI juga dibekali Easy Mode. Membuat tampilan lebih besar dan mudah terbaca jadi lebih ringkas. Cocok untuk orangtua yang biasanya lebih senang dengan tampilan sederhana namun performanya tetap tinggi.

Selain itu, Asus juga menyediakan aplikasi bawaan untuk pengguna Asus yang akan sangat bermanfaat seperti Whats Next, Do it Later dan Air Link. Di aplikasi Air Link ada Remote Link, PC link, Share Link dan Party Link untuk saling terhubung dengan perangkat Asus Zenfone Go dengan perangkat lainnya. Remote link adalah aplikasi untuk mengontrol PC dari smartphone seperti kita bisa mengontrol multimedia atau presentasi bisa juga berfungsi sebagai touchpad dan keyboard pada laptop melalui sambungan micro USB atau WiFi.

image029

Aplikasi Bawaan Asus

PC link adalah kebalikan dari Air Link dimana kita bisa mengkloning layar Zenfone di PC dan memainkan smartphone melalui keyboard atau mouse pada PC kita. Share Link dan Party Link mirip tapi tak sama. Share Link untuk berbagi file dengan WiFi seperti Bluetooth tapi Share Link lebih cepat. Sedangkan Party Link untuk berbagi file atau folder dengan WiFi smartphone kita, kita bisa beri password sehingga bisa membatasi siapa saja yang bisa mengakses WiFi tersebut.

Kamu sangat sibuk sehingga seringkali melewatkan kejadian-kejadian penting yang sudah terlewat? Itu tidak akan terjadi lagi karena ada aplikasi Whats Next. Misalnya : ada missed call, email atau SMS yang belum dibaca atau kontak masuk dalam kelompok VIP atau favorit yang menghubungi kita dan terabaikan maka dengan aplikasi Whats Next bisa memberikan daftar kejadian penting yang terlewat tadi agar bisa ditindaklanjuti.

image035

Aplikasi Bawaan Asus ‘What’s Next’

Sebaliknya aplikasi Do it Later akan membantu kita melakukan hal tersebut di lain waktu, cukup simpan kegiatan atau hal yang belum terlaksana itu bisa disimpan ke Do it Later. Misal saat nulis di blog mendadak ada kegiatan lain sehingga tulisan di blog belum selesai maka cukup disimpan di Do it Later maka nanti jika sudah luang, tinggal buka Do it Later, lihat list kegiatan yang belum selesai dan bisa dilanjutkan lagi.

image036

Aplikasi Bawaan Asus ‘Do It Later’

Bagaimana, dengan seabrek keunggulan dari ZenFone Go 5.0 ‏ZC500TG, pantas kan smartphone keluaran Asus ini dijadikan pilihan terbaik. Berbekal prosesor quad core, smartphone ini benar-benar pintar dan bisa diandalkan oleh siapapun. Anak-anak, remaja, dewasa, orangtua, traveller, blogger, photographer, apapun kegiatanmu, hobi dan pekerjaanmu, ZenFone Go 5.0 ‏ZC500TG ‘si smartphone high-end’ layak diandalkan. Ditambah lagi harganya cukup terjangkau untuk segala kalangan. ZenFone Go 5.0 ‏ZC500TG layak digandeng jadi ‘rekan’ menuju sukses. Mau?

Sumber gambar dan referensi : https://www.asus.com/id/Phone/ZenFone-Go-ZC500TG/