Undang-Undang yang berlaku di Indonesia telah menetapkan bahwa siapapun berhak memperoleh pendidikan. Negara bahkan menetapkan setiap orang paling tidak harus lulus hingga SMP (wajib sekolah 9 tahun). Berdasarkan hal tersebut, jelas sekali negara sangat mendukung meratanya pendidikan di Indonesia. Bahkan baru-baru ini Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan dalam sebuah situs berita online menyebutkan bahwa perguruan tinggi di Indonesia harus membuka program kuliah online untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia. Darimanapun asalnya, dimanapun dia berada, semuanya berhak untuk mendapatkan pendidikan yang terbaik.

Kuliah Online (sumber : webanywhere.co.uk)

Kuliah Online (sumber : webanywhere.co.uk)

Dulu lulusan perguruan tinggi jelas tidak seperti sekarang ini, dimana jumlahnya meningkat dari tahun ke tahun. Hal itu bisa dilihat dari semakin banyaknya lulusan-lulusan perguruan tinggi yang tersebar di Indonesia. Dengan semakin banyak dan berkualitasnya lulusan perguruan tinggi maka akan semakin tinggi pula tingkat persaingan SDM dalam dunia kerja maupun bisnis. Kita tentu tidak ingin menjadi yang tertinggal. Saya yakin, semua orang ingin orang yang sukses apapun bidang yang ditekuninya.

Persaingan SDM yang makin ketat tersebut kini ada solusinya. Kita bisa hadapi dengan cara yang modern. Apa itu? Kuliah online. Kenapa kuliah online? Karena kuliah online sangat fleksibel. Kita tidak harus datang kuliah ke kampus dan belajar tiap saat di kampus dimana kita kuliah. Sayangnya, masih sedikit kampus/universitas yang menyelenggarakan sistem kuliah online yang berkualitas. Jelas ini menjadi pertimbangan penting sebelum melakukan kuliah online.

Menurut saya ada beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan sebelum memilih tempat kuliah atau kursus online adalah :
1. Kredibilitas kampus penyedia jasa kuliah online : ini bisa ditelusuri melalui internet, apa, siapa dan bagaimana sistem perkuliahan online yang ditawarkan. Apakah penyedia jasa kuliah online itu sudah menggunakan standar kuliah online yang baik atau tidak.
2. Kualitas pengajar : ini juga dapat dibaca melalui situs resmi kampus penyedia jasa kuliah online, orang-orang hebat yang akan mengajar itu siapa dan bagaimana sepak terjangnya dalam bidang ilmu yang akan diajarkan kepada calon mahasiswanya.
3. Biaya : pertimbangan biaya sangat tergantung pada pribadi masing-masing. Jika merasa bermanfaat maka biaya menjadi tidak masalah sebaliknya jika merasa kurang bermanfaat maka biaya bisa saja menjadi pertimbangan utama.
Biaya sangat tergantung kemampuan dan daya beli seseorang terhadap jasa kelas atau kursus online tersebut.

Lalu, adakah kampus yang menyelanggarakan sistem kuliah online yang berkualitas di Indonesia? Ada. Salah satu kampus yang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya adalah Binus. Binus kini memiliki Binus Online Learning yang menghadirkan kemudahan dalam kuliah. Selain sistem kuliah online yang fleksibel juga dapat berinteraksi dengan Dosen tanpa batasan waktu dan tempat. Tetap saja masih ada pertemuan di ruang kelas namun terbatas hanya untuk membahas kasus, diskusi pemantapan materi kuliah dan ujian. Enaknya lagi, di Binus Online Learning, interaksi antara Dosen dengan praktisi sangat diutamakan dalam rangka peningkatan kemampuan dan wawasan mahasiswa dalam kegiatan praktis dan decision making di dunia nyata.

binus online learning

Metode tersebut sangat pas untuk pekerja profesional, entrepreneur (wirausahawan) bahkan untuk ibu rumah tangga sekalipun. Saya merasakan sendiri banyak sekali hambatan ketika menjadi ibu rumah tangga dan niat untuk kuliah lagi menjadi sangat sulit dilakukan. Bersyukur saat ini ada kuliah online seperti yang diadakan oleh Binus Online Learning ini. Karena jelas sekali tidak ada penghalang apapun jika ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, baik menuju S1 bahkan S2.

Kuliah di Binus Online Learning tetap akan mengedepankan hasil dimana dalam kegiatan belajarnya, mahasiswa akan dipersiapkan untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Mahasiswa juga akan fokus pada mata kuliah yang terbatas di tiap periode / semester dengan begitu hasilnya akan lebih maksimal. Mahasiswa di Binus Online Learning juga akan mendapatkan pembelajaran global. Dimana mahasiswa tidak hanya diajar oleh Dosen dari Jakarta tetapi juga dari luar negeri.

Binus Online Learning sudah menggunakan LMS (Learning Management System) yang terintegrasi untuk membangun jaringan interaksi yang baik antara mahasiswa dengan mahasiswa, mahasiswa dengan Dosen dan mahasiswa dengan pembimbing akademis. Artinya, tidak ada perbedaan antara mahasiswa yang kuliah pada umumnya dengan mahasiswa yang kuliah online.

Metode perkuliahan di Binus Online Learning lainnya adalah diskusi, forum, tugas individu / kelompok, video conference dan video pembelajaran. Semuanya itu dilakukan secara online. Tapi untuk awal perkuliahan dan ujian mahasiswa tetap harus datang ke BULC (Binus University Learning Community) atau kampus BINUS.
BULC kini sudah ada di beberapa kota besar di Indonesia seperti Palembang, Semarang, Malang dan Bekasi. Jika sedang di luar kota, mahasiswa tetap bisa kuliah (face to face) maupun ujian dengan mendatangi lokasi BULC terdekat.

Kuliah Online di Binus University Online Training (sumber : binus.ac.id)

Tatap Muka Bagian dari Metode Kuliah Online di Binus Online Learning (sumber : binus.ac.id)

Binus Online Learning juga memberikan program istimewa yaitu EES (Employability & Entrepreneurial skill) yang dimasukkan dalam perkuliahan. Mahasiswa tidak hanya sekedar lulus dan memperoleh gelar Sarjana atau Magister tetapi juga lulusannya siap bekerja bahkan menciptakan lapangan pekerjaan. Binus Online Learning hingga saat ini sudah menghasilkan SDM berkualitas sebanyak 300 orang yang kini tersebar di berbagai instansi dan perusahaan baik nasional maupun multinasional.

Binus Online Learning dengan metode pembelajarans secara online memberikan keleluasaan dan fleksibilitas yang tinggi terhadap siapapun yang memiliki kemauan belajar dan kuliah di tengah kesibukan yang ada. Kuliah online kini menjadi pilihan terbaik untuk meningkatkan kualitas diri di era digital seperti sekarang ini. Sesibuk apapun kita, selama kita ingin kuliah, kini ada jalannya. Siapapun bisa #MajuTanpaBatas. Mau sambil mengurus anak dan keluarga, sambil bekerja, sambil berbisnis, bahkan sambil travelling ke luar negeri, kita bisa kuliah. Menyenangkan ya. Bagaimana? sudah siap #MajuTanpaBatas?