lomba blog printer brother-rodame.com

“proposal penelitiannya udah di print kan ya?” (edisi printer minta refill, padahal ngeprintnya baru 20 lembar).

“ini koq hasil print-nya berbayang ya, 1 kayak i, t apa r sih ini, jadi bingung bacanya?” (edisi tinta printer abal-abal, hasil cetakan printernya malah bikin kesel dan bingung).

“masa grafik dan gambarnya warna hitam-putih sih, print yang berwarna donk biar lebih bagus, lagian klo grafis gak berwarna ya gak ada gunanya dimasukkan dalam laporan, merahnya hitam, birunya juga jadi hitam, kayak fotocopy-an jadinya, jelek ah” (edisi sok menghemat tinta printer karena tinta warna mahal, yang ada laporan jadi gak berkualitas).

“ngeprintnya yang cepet yah, udah ditunggu sama Pak Dekan laporan kegiatannya” (edisi harus cepet ngeprint, tapi kemampuan ngeprintnya kayak siput, bener-bener gak efisien).

Dan… berbagai masalah ngeprint lainnya yang selalu terjadi. Bukannya di tempat saya bekerja tidak ada printer yang bener. Ada sih, tapi hitungan jari, sisanya gak bisa banget diandalkan. Mungkin karena bukan Brother Printer #eh.

***

Bukti Pengumpulan Tugas Mahasiswa di Ruang Kerja Saya (rodame.com)

Bukti Pengumpulan Berbagai Tugas Mahasiswa di Ruang Kerja Saya (rodame.com)

Setiap hari, adalah harinya ngeprint. Saya sebagai dosen akrab dengan printer begitu juga dengan mahasiswa yang saya ajar yang membuat tugas makalah, critical journal, dll juga dengan printer. Saya sendiri juga rutin membuat rencana pembelajaran di awal semester, membuat bahan untuk talkshow di radio RAU FM dimana setiap dosen akan mendapatkan gilirannya, membuat bahan ajar yang kreatif, menyusun proposal penelitian, membuat laporan kegiatan, membuat soal ujian akhir semester, membuat brosur lomba, membuat sertifikat untuk peserta seminar dan masih banyak lagi yang semuanya harus ada print out-nya alias harus di print untuk direvisi, diperbanyak atau diserahkan jadi bukti kegiatan.

Itulah warna-warni kehidupan di kampus. Sebagai dosen saya juga ingin melakukan hal-hal baik sehingga tugas utama saya yang mengajar dan 2 tugas lainnya (penelitian dan pengabdian kepada masyarakat) bisa berjalan dengan maksimal bahkan membawa prestasi sehingga mengharumkan nama institusi. Namun terkadang baik saja tidak cukup, saya harus lebih kreatif menciptakan suasana belajar, harus lebih kreatif membuat bahan ajar dan harus mampu membuat terobosan dalam teknik mengajar sehingga materi yang disampaikan menjadi lebih mudah diterima sehingga bermanfaat.

Pendidikan sebenarnya tanggung jawab kita bersama. Meski begitu, sebagai dosen yang sehari-harinya mengajar, saya merasa punya tanggung jawab lebih, bahwa tujuan mengajar yang saya lakukan itu, juga tertera dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 yaitu: mencerdaskan kehidupan bangsa. Setidaknya, saya mulai dari tempat saya bekerja, maka tugas saya adalah ikut mencerdaskan kehidupan bangsa melalui generasi muda, penerus bangsa Indonesia melalui materi dan bimbingan yang saya berikan.

Itulah sebabnya, saya selalu berusaha melakukan yang terbaik ketika mengajar dan membimbing mahasiswa. Saya membeli buku dan membacanya agar pengetahuan dan wawasan juga terus meningkat. Buku-buku sendiri adalah hasil cetakan, beberapa diantaranya mungkin dicetak dengan printer terbaik karena kualitas hasil cetakannya memang berbeda-beda sehingga ada buku yang sangat nyaman dibaca berlama-lama tapi ada juga buku yang rasanya kurang nyaman ketika dibaca dalam jangka waktu yang lama. Mungkin ada pengaruh hasil cetakannya juga. Warna grafik yang tajam dan berkualitas jadi lebih menarik dibandingkan grafik yang ketajaman warnanya kurang. Saya merasa lebih bersemangat membaca buku yang cetakannya bagus. Saya berusaha meningkatkan kualitas diri. Ada perasaan bersalah kalau sampai saya tidak sungguh-sungguh melakukan tugas dan tanggung jawab saya.

Buku 'Sahabat' Dunia Pendidikan (rodame.com)

Buku adalah ‘Sahabat’ Dunia Pendidikan (rodame.com)

***

Beberapa kali ketika sedang urgent bahkan sering kali terjadi, saya harus suaka mencari printer yang hasil cetakannya bagus. Sedangkan printer yang ‘katanya’ bagus, terkadang kemampuannya bikin kecewa karena hasil cetakannya tidak seperti yang diharapkan. Di rumah juga ada printer tapi sayang hasil cetakannya mengecewakan.

Saya masih inget waktu adik ipar saya yang seorang pelajar SLTA, ngeprint tugas dan ibu mertua saya yang seorang guru SD, minta di print kan panduan menyusun rencana pembelajaran tematik untuk mengajar di SD, saya print dengan printer di rumah, dan komentarn mereka adalah, “ini warna tulisannya abu-abu, koq gak hitam sih?”. Jreng…hahaha. Iya, saya juga suka bingung lihat warna hasil cetakan tinta hitamnya. Sama sekali gak konsisten, katanya sih tinta Black tapi hasilnya malah Grey alias abu-abu. Printer di rumah akhirnya juga gak bisa diandalkan untuk mendukung pekerjaan saya, ibu mertua dan adik ipar yang semuanya berhubungan dengan dunia pendidikan. Kecewa.

Bukannya tidak bersyukur ada printer yang bisa dipake tapi saya merasa lebih baik punya satu printer yang benar-benar bisa diandalkan daripada asal punya printer aja dan malah bikin kerjaan nambah dan gak bisa diandalkan. Klo sudah begini, kesabaran saya memang diuji banget untuk ikut mencerdaskan kehidupan bangsa.

Sebenarnya setelah saya pelajari, saya melihat masalah printer itu ada beberapa kasus :

  • Printer yang kalau udah mencetak banyak, mesinnya ikut capek dan kita disuruh maintenance melulu (ini salah satu yang menyita waktu dan pengeluaran ikut besar).
  • Printer yang pas belinya gak begitu mahal tapi tintanya yang mahalnya selangit (repot di belakangnya, nyusahin).
  • Printer yang ‘sensitif’, salah pencet dikit error, suka nyedot kertas, cetakan di kertas miring, kadang bener kadang khilaf (bikin kita harus punya ekstra kesabaran tingkat tinggi, mana tahaaaan).
  • Printer yang kesannya keren tapi pas udah lama dipake, kekerenannya pun hilang kayak debu yang beterbangan di udara (tampilan printer yang elegan dan ‘wah’ gak menjamin printer tahan lama, cetakan bagus dan bisa ngeprint dengan cepet. Emang sih waktu dipromosiin bilangnya ini-itu, mantaplah pokoknya tapi kenyataannya gak sesuai, pahit ya dibohongin kayak gini).

Kalau printer bermasalah, rasanya tugas mengajar jadi melelahkan. Printer yang notabene adalah ‘andalan’ saya dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab saya, malah menjadi penyebab terkendalanya proses mengajar yang optimal. Bagaimana nasib ide-ide kreatif dan rencana belajar yang sudah saya susun kalau begini? #ehem.

***

Syukurlah masih ada produsen printer di dunia ini yang mengerti kekecewaan saya. Ternyata oh ternyata, ada produsen printer (yang bedanya kurang lebih 6 tahun sama nenek di rumah mertua, FYI nenek di rumah usianya 102 tahun) yang bisa saya andalkan untuk mendukung tujuan saya, yaitu: ikut mencerdaskan kehidupan bangsa melalui dunia pendidikan. Ini dia cerita printer impian saya.

BROTHER INDUSTRIES, LTD, produsen salah satu printer terkemuka di dunia sudah beroperasi selama lebih dari 108 tahun di 40 negara. Berkantor pusat di Nagoya, Jepang dengan segmentasi bisnis Printing & Solutions Business (printers, all-in-ones, facsimiles, labeling systems, label printers, scanners, dll), Personal & Home Business (home sewing machines, home cutting machines, dll), Machinery Business (industrial sewing machines, garment printers, machines tools, reducers and geards, dll), Network & Contentes Business (online karaoke systems, management of karaoke clubs, contents services, dll) dan Domino Business (coding & marking equipment, digital printing equipment, dll).

Bahkan telah mempekerjakan sebanyak lebih dari 36 ribu karyawan yang tersebar di seluruh dunia termasuk Asia yaitu Indonesia. Selain itu juga sudah memeroleh berbagai penghargaan bengengsi skala nasional maupun internasional seperti:

  • BLI Buyers Lab 2016 Pick Awards untuk pengakuan internasional sebagai printer multifungsi terbaik untuk ukuran kecil dan sedang dalam work group;
  • PCMag.com Readers’ Choice Award untuk kepuasan penggunaan printer dan keandalannya;
  • PCMag.com Business Choice Award dimana selama 4 tahun berturut-turut mendapatkan untuk kategori ‘Printers and Multi-Function Centres’;
  • MBV ‘The World’s Most Valued Brands dimana Brother adalah perusahaan IT pertama yang mendapatkan penghargaan tersebut dalam hal sustainability;
  • ISO 14001 karena telah memenuhi persayaratan untuk system manajemen lingkungan yang meminimalkan limbah dan menghemat energi;
  • Design Award dari iF Design dimana selama bertahun-tahun memenangkan penghargaan tersebut karena nilai estetika, fungsionalitas dan kinerja lingkungan yang sangat baik di dunia.

Itu dia sekilas tentang Brother. Ada yang kagum seperti yang saya rasakan? Sebenarnya sih saya sejak pernah tinggal di Jepang selama satu tahun, saya makin percaya sama produk yang dihasilkan oleh Negara Jepang. Jepang memang terkenal dengan kesungguhannya dalam menghasilkan sebuah produk, contoh nyatanya ya printer Brother seri berikut ini.

Printer Brother MFC-T910 DW ini adalah salah satu bukti bahwa apapun jika dikerjakan dengan kesungguhan hati dan kerja keras akan menghasilkan ‘buah yang manis’. Dikenal sebagai first inkpressions count sebagai printer efisien dengan kualitas cetak terbaik dengan kemampuan print, copy, scan dan fax, membuat printer seri ini memang sungguh sangat istimewa.

Kenapa istimewa?

  • Mencetak dengan Kecepatan Tinggi

It’s all about speed. Makin efektif dan efisien kita kerja makin produktif dan maksimal semua usaha yang kita kerjakan. Dengan kecepatan cetak dokumen hingga 12/10ipm^ (12 menit bisa cetak 10 gambar, bisa mempercepat alur kerja kita jadi lebih singkat. Mulai cetak dokumen laporan profesional hingga brosur yang menarik. Hasil cetak printer Brother seri ini memberi jaminan cetak berkualitas untuk kesan yang tepat.

printer brother print dengan kecepatan tinggi (rodame.com)

Printer Brother : print dengan kecepatan tinggi (sumber gambar: brother.co.id)

Ah, saya jadi membayangkan gimana jadinya ya laporan kegiatan, proposal penelitian, sertifikat dan lain-lain yang sehari-hari jadi ‘makanan’ saya itu dicetak pakai printer Brother MFC-T910 DW, pasti hasil cetakannya memuaskan sekali. Laporan dan tugas lainnya bisa selesai lebih cepat dengan hasil yang profesional. Semua kerjaan berakhir dengan mulus.

  • Refill Mudah dan Akurat

Easiness and Accuracy. Sistem refill tinta Brother dilengkapi dengan tutup transparan sehingga level tinta inktank bisa dicek dengan mudah. Hal ini untuk meminimalisir risiko tumpah dan bocor. FYI, semua model printer Brother menggunakan tinta hitam BTD 60BK dan tinta warna BT-5000C/M/Y.

Printer Brother refill mudah dan akurat (rodame.com)

Printer Brother : refill mudah dan akurat (sumber gambar: brother.co.id)

Kalo sudah begini, kedua telapak tangan saya, meja kerja dan lantai di tempat bekerja tentu gak akan jadi korban refill tinta printer lagi. Sungguh sebuah kemudahan dan keakuratan yang sangat bisa diandalkan apalagi posisi inktank-nya mudah dijangkau dan warna transparan saya bisa selalu cek seberapa banyak tinta yang ada dan gak kuatir kehabisan tinta ketika ngeprint.

  • Produktivitas Berlipat Ganda

Printer Brother juga dilengkapi dengan fitur layar LCD 1,8 inch touchscreen dan full keypad untuk navigasi menu secara cepat dan mudah digunakan. Mencetak dokumen atau bisa scan langsung ke USB tanpa perlu terhubung dengan PC.

Printer Brother : dilengkapi LCD dan full keypad (rodame.com)

Printer Brother : dilengkapi LCD dan full keypad (brother.co.id)

Printer Brother : dilengkapi dengan USB port (rodame.com)

Printer Brother : dilengkapi dengan USB port (sumber gambar: brother.co.id)

Seperti pada Printer Brother MFC-T910 DW impian saya ini, saya jadi ikut membayangkan betapa mudahnya melakukan tugas saya dengan dukungan printer Brother ini. Saya pasti makin produktif dengan dukungan printer yang ‘smart’ kayak gini. Saya bisa print dan scan langsung melalui USB tanpa harus buka laptop atau menghubungkannya ke komputer. Praktis sekali.

  • Bekerja Jadi Efisien

All in one. Dapat mengerjakan pencetakan variatif dengan paper tray yang muat hingga 150 lembar dan dapat juga disesuaikan untuk berbagai ukuran kertas. Selain itu, mesin Brother dilengkapi dengan Auto Document Feeder sehingga bisa melakukan scan, copy atau fax hingga 20 lembar halaman secara otomatis. Ditambah lagi, adanya multipurpose tray sehingga dapat memuat hingga 80 lembar kertas dengan gramasi variatif. Jika terjadi error maka akan tampil solusinya di LCD sehingga bisa langsung ditangani tanpa buang waktu. Yang lebih istimewa lagi, pada Printer Brother MFC-T910 DW ini adalah convenient mobile printing, dimana bisa melakukan print dengan menggunakan Wifi/LAN.

Printer Brother : bekerja jadi makin efisien (rodame.com)

Printer Brother : bekerja jadi makin efisien (brother.co.id)

Printer Brother : cetak dari mana saja (rodame.com)

Printer Brother : cetak dari mana saja (brother.co.id)

Apapun bidang pekerjaan kita, rasanya dengan memiliki Printer Brother MFC-T910 DW ini semua jadi makin mudah. Pekerjaan apapun jadi terasa lebih mudah. Apalagi sudah dengan kemampuan two-sided print (fitur cetak 2 sisi otomatis), multipurpose tray dan Wifi/LAN, menjadi dosen dengan segudang pekerjaan yang harus ngeprint berulang-ulang jadi  lebih menyenangkan bukan melelahkan lagi. Bekerja jelas makin efisien, gak ada waktu yang terbuang sia-sia. Bisa ngeprint kapan aja dan darimana saja bahkan dalam jumlah yang banyak dengan cepat dengan fitur Wifi/LAN.

  • Lebih Hemat

Dengan tinta ultra high-yield dari Brother dapat mengurangi biaya cetak per halaman. Selain itu, dapat mencetak hingga 6500 halaman hitam putih dan 5000 halaman berwarna. Ditambah lagi adanya fitur cetak 2 sisi otomatis, sehingga bisa menghemat penggunaan kertas hingga 50%.

Printer Brother : lebih hemat (rodame.com)

Printer Brother : lebih hemat (brother.co.id)

Printer Brother selain sangat hemat, tintanya ramah di kantong terutama jika dibandingkan dengan jumlah halaman yang bisa diprint bisa mencapai 6500-an (menurut informasi dari mba Astri di blog pribadinya harga tinta printer Brother sekitar 90ribuan). Senangnya lagi, saya bisa ikut mendukung penghematan penggunaan kertas, ternyata printer Brother juga eco-friendly. Ramah lingkungan.

  • Kualitas Gambar Lebih Tajam

Dengan semua fitur yang sudah disediakan pada Printer Brother MFC-T910 DW, tentu saja kualitas cetakan juga berkelas superior. Dengan tinta warna BT-5000C/M/Y, cetakan gambar pada kertas lebih tajam karena ketajaman warnanya mencapai 6.000 dpi (dots per inch).

Printer Brother : hasil cetakan tajam dan berkualitas superior (rodame.com)

Printer Brother : hasil cetakan tajam dan berkualitas superior (sumber gambar : brother.co.id)

Bisa dibayangkan ya, dengan ketajaman warna hingga 6.000 dpi itu berarti, kualitas cetakan warna sangat tajam dimana pada setiap gambar yang dicetak terdapat 6.000 titik setiap inch atau tingkat densitas/kepadatannya tinggi. Inilah yang menyebabkan warna menjadi lebih tajam. Kalo begini, gak ada lagi grafik atau gambar yang misunderstand karena setiap grafik/gambar akan memberikan makna atau kesan yang tepat. Apapun yang dicetak (laporan, proposal, revisi laporan, absensi, daftar nilai, dll) akan memuaskan.

  •  Solusi Cepat Jika Terjadi Error

Jika terjadi error karena sesuatu hal, maka solusi akan muncul di layar LCD sehingga dapat dengan cepat ditangani tanpa membuang waktu untuk mengutak-atik printer.

Printer Brother : memberikan solusi cepat jika terjadi error (rodame.com)

Printer Brother : memberikan solusi cepat jika terjadi error (brother.co.id)

Saya paling suka dengan printer smart seperti printer Brother ini, biasanya waktu saya habis untuk mengutak-atik dan mencari solusi saat printer tiba-tiba error. Mana sedang buru-buru, masih harus memperbaiki printer pulak. Saya membayangkan betapa mudahnya menggunakan printer Brother seri ini, karena printer akan memberikan solusi cepat jika error terjadi. 

***

Printer Brother MFC-T910DW adalah printer efisien dengan kualitas cetak terbaik.

‘Printer Inkpressions Count’

Duuuhh, makin jatuh cinta deh sama Printer Brother MFC-T910DW ini.

Spesifikasi lengkap dari Printer Brother MFC-T910 DW, bisa cek info  berikut ini :

Spesifikasi Printer Brother (rodame.com)

Untuk info yang lebih lengkap, bisa langsung menuju akun sosial media Brother Indonesia atau bisa cek website officialnya ya.

Website Brother Indonesia : http://www.brother.co.id/

Follow Instagram Brother Indonesia : @brotherindonesia

Like Facebook Brother Indonesia : https://www.facebook.com/Brother.ID/

Semoga setelah baca tulisan ini,  jadi kenyataan punya printer Brother , aaamiiiiin yang kenceng.

Oke deh, selamat mewarnai Indonesia dengan caramu.