Lagi?

Mungkin kata itu yang keluar dari mulut kita ketika mendengar gas naik harganya. Iya, bukan sekali bukan dua kali rasanya entah sudah berapa kali gas naik di Indonesia ini. Polemik kelangkaan BBM, pengurangan subsidi, penumpukan gas oleh oknum tak bertanggungjawab dan banyak hal lainnya yang bikin harga gas mendadak naik dan tetap rakyat yang jadi korbannya. Korban kekecewaan, korban kegagalan kebijakan pemerintah dan korban atas ketidakmapanan serta ketidaksejahteraan hidup yang penuh dengan kesenjangan hidup. Dulu katanya gas 5 kg itu untuk kelas menengah ke bawah tapi kenyataannya yang membeli justru kelas atas juga, tidak bisa disalahkan selain karena pengawasannya yang kurang, kesadaran masyarakatnya yang masih kurang, ternyata ini membuktikan bagaimanapun keadaannya yang murah tetap jadi rebutan apapun itu alasannya.

Sudahlah ya, tidak usah dibahas lagi. Bagian yang sakit hati dibuang saja jauh-jauh. Toh, kita rakyat Indonesia ini tidak bisa berbuat banyak meskipun sudah ada anggota Dewan yang ‘katanya‘ membawa kepentingan rakyat. Sudahlah ya, kita tidak usah lagi saling menyalahkan, karena itu tidak akan mengurangi beban hidup dan biaya hidup di Indonesia. Di tengah-tengah pendapatan yang cenderung stagnan sementara kebutuhan hidup terus meningkat (pangan, pendidikan, rumah, listrik, gas dll) lebih baik kita cari cara saja supaya setidaknya bisa meringankan pikiran kita dari keadaan yang semakin tidak terkontrol ini. Beredar kabar bahwa sekarang harga gas 12 kg dipasaran adalah Rp 89.ooo-120.000. Cukup variatif ya, saya tidak terbayang kalau yang ada di Papua harganya sampai Rp 244.000, waw

Saya ingin berbagi kepada semuanya, cara hemat gunakan gas. Sebagai ibu-ibu ini penting banget kan ya, untuk menghemat pengeluaran keluarga sekaligus tetap sehat…yuk disimak bersama-sama, semoga bermanfaat dan bisa kita praktekkan bersama-sama.

1. Ketika memasak dengan cara merebus sebaiknya ditutup karena jika terbuka airnya menguap, masakan akan lama matangnya dan bikin penggunaan gas boros. Sebaliknya kalau ditutup, masakan cepat matang dan otomatis hemat gas.

2. Untuk yang ingin bergaya hidup sehat, bolehlah mengurangi gorengan dan manfaatkan raw food alias makanan mentah. Misalnya membuat sayuran salad dalam bahasa daerah sering disebut lalapan, selain hemat gas juga menyehatkan tubuh sehingga tidak perlu menumis atau mengukus. Kalau bosan, bolehlah sesekali menumis atau bening sayur. Oh iya kalau menumis jangan lama-lama selain bisa menghemat gas, nutrisinya pun lebih terjaga.

3. Bagi penyuka kerupuk, emping dan sejenisnya. Sebelum menggoreng sebaiknya dijemur sampai kering sehingga ketika melakukan penggorengan tidak memakan banyak waktu otomatis hemat gas ketika menggoreng karena akan cepat kekuningan dan matang.

4. Penyuka sambal juga boleh coba makan sambal yang tidak digoreng misalnya sambal dabu-dabu, sambal cocol yang diulek langsung atau sambal kecap. Rasa tetap enak dan tetap bisa dinikmati kan..

5. Selain itu, kita bisa memanfaatkan kulkas yang ada di rumah. Ingat kulkas menyala 24 jam, maka kita bisa memanfaatkannya untuk menyimpan makanan yang sudah kita siapkan sebelumnya misal : beli ayam 2 kilo sudah diungkep dan tinggal digoreng atau dipepes setelah dimasak bisa disimpan dalam kulkas tapi jangan juga terlalu lama disimpannya (waktu simpan yang dalam batas normal) kemudian bisa dipanaskan dengan rice cooker saja sehingga praktis tidak pakai gas, hemat lagi kan…

Demikianlah, mungkin teman-teman yang lain juga punya cara hemat gunakan gas, yuk di-share… sapatau informasi kita bermanfaat buat yang lain dan sekaligus bisa membantu penghematan dalam menggunakan gas. Bagaimanapun, kita tetap harus mencari cara agar bisa sedikit berhemat menggunakan gas, jika masih bisa kita usahakan berhemat yuk kita mulai dari diri sendiri. Tentu saja cara-cara tersebut di atas tidak bisa dipraktekkan untuk skala UKM atau Industri ya, mungkin UKM dan Industri juga perlu memikirkan cara-cara hemat gunakan gas lainnya yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Semoga ke depannya rakyat Indonesia semakin sejahtera, semua aman, damai dan bisa menikmati hidup yang adil dan merata. Jauhkan prasangka buruk dan mari hadapi hidup dengan optimis. Semangat!!

carahematgunakangas

Sumber Referensi :

1. bisnis.liputan6.com

2. bbc.co.uk