Wow Magic!

Iya kalau main sulap-sulapan, bisalah tinggal bilang ‘bim salabim’ langsung berubah, dari dalam topi kosong keluar kelinci atau burung. Kira-kira itu bisa gak ya dipraktekin dalam berjualan? jualan dengan cara ‘magic‘.

Pernah bercita-cita jadi pengusaha? jawabnya pernah banget.

Trus gimana ceritanya toko impian itu? jawabnya pernah terwujud tapi karena tidak telaten dan serius jadilah bubar karena nama domain yang terdahulu itu sudah dibeli orang *hiks nangis termehek-mehek.

Bicara soal jadi pengusaha, sekarang ini kita memang ga perlu mengeluarkan modal besar terutama jika akan dialokasikan untuk lokasi yang strategis dan pembangunan/sewa toko. Meskipun toko perlu untuk beberapa jenis usaha seperti toko fotocopy-an, toko makanan yang harus dihidangkan fresh dan toko buah. Eh tapi ya, usaha yang tanpa toko atau bangunan itu bisa loh berjaya.

Sebenarnya sih apapun jenis usaha kita baik buka toko secara fisik dan toko jadi-jadian alias toko online, yang penting adalah niat, keseriusan dan kesungguhan kita dalam menjalaninya. Beberapa kelebihan toko online yang bikin cara jualan seperti ini ‘magic’ adalah :

  • Minim perjuangan misalnya ya toko online.Tidak perlu ganti daster, belum mandi pun oke ga ada yang liat penampilan *yang ini jangan ditiru, pokoknya bisa sambil gantiin popok anak, makan kerupuk bersihin rumah. Pokoknya bisa tetap buka toko dalam keadaan bagaimanapun, suka-suka kita!
  • Sangat efektif dalam menjalin hubungan dengan pelanggan dimanapun dan kapanpun misalnya ya toko online. Dengan chatting online baik dengan smartphone, tab atau laptop kapanpun dan dimanapun bisa langsung komunikasi dengan calon pembeli atau pelanggan.
  • Bisa dikerjain sambil eksis ber-sosmed dan terus tebar pesona tentang produk/usaha kita ya seperti toko online itu. Karena dengan online jaringan kita semakin luas, cakupan pasar limitless dan potential buyer lebih banyak seluruh dunia. Bisa pake fitur macam-macam bahasa setidaknya Inggris dan Indonesia biar lebih mudah dipahami oleh orang luar Indonesia.
  • Selain keseriusan dalam buka toko online perlu juga beberapa tips misalnya produk yang dijual sebaiknya yang unik sehingga kita bisa jadi perintis jenis produk tersebut dan bukan tidak mungkin jadi leader-nya di pasaran baik lokal maupun mancanegara.

Toko online, ya itu impian saya juga punya toko online gak minim biaya karena tidak perlu punya toko secara fisik dan bisa wara-wiri di sosmed sambil promosiin produk, tetap bisa eksis di dunia maya baik toko, produk maupun diri sendiri. Oh What a life!

So, bagaimana toko online impian saya? ini dia si toko online impian saya :

Nama toko online impianku adalah “onlineshop[dot]rodame” *maaf ya bukan pelit dan ingin narsis tetapi ingin hemat dan menjaring teman-teman yang paling tidak sudah kenal dengan saya sendiri, semacam personal branding-lah, sekalian gitu… sebenarnya tidak ingin beli domain baru lagi makanya ingin kumasukkan sekalian di website pribadiku ini, syukurnya saya sudah beli domain rodame[dot]com-nya, meski masih banyak yang harus saya benahi tapi perlahan-lahan semoga semakin baik dan bisa konsisten terus ke depannya, konsisten jualan juga tentunya.

Produk yang ingin di jual di toko online-ku nantinya adalah segala sesuatu yang unik, beda dan tidak pasaran. Boleh preloved, new atau barang langka, etnik alias jual semua handycraft dari Sabang sampai Merauke dan juga barang-barang hasil daur ulang yang dibuat oleh tangan-tangan kreatif yang belum tersentuh atau dikenal masyarakat luar. Kepengen bisa gandeng dan memfasilitasi produk-produk UKM di Indonesia, saya tidak akan kenakan biaya menaruh produk cukup dengan bagi hasil aja, adil dan sama-sama senang sesuai perjanjian di awal.

Penampakan toko online-nya, sudah pasti di website kan alias hanya bisa diakses melalui jaringan internet. Saya suka sekali dengan warna yang soft, personal, elegant tapi nyaman dan betah untuk berlama-lama di dalamnya. Kalau diibaratkan toko secara fisik itu ya.. bersih, wangi, adem, leluasa buat lihat sana-sini, yang jaga tokonya penuh senyum dan gak banyak tanya alias ganggu, bila perlu di tokonya ada cafe dan wifi-nya. Kalau toko online dibikin kayak gitu bisa kan ya… bisalah, sekarang ini banyak yang ahli desain website dan bisa banget bikin toko online yang se-nyaman permintaan saya itu *kedipin yang jago desain website, sapatau bisa gratisan hihihi mimpi kali ye..

Berikut ini beberapa toko online yang menurut saya bisa banget jadi toko online impian saya :

Toko Online mummade.co.nz

Toko Online Impian-1 mummade.co.nz

Toko Online Impian 2 myownbike.de

Toko Online Impian-2 myownbike.dempia

Ada pilihan produk berdasarkan warna, lihatlah bagian atas yang ada button berwarna-warni di bawah ini, saya sangat suka fitur tersebut, terasa personal dan kesannya ‘ngertiin banget‘ yang kita mau bisa sekalian bisa ‘mix n match‘ kalau orang mau belanja online.

Toko Online Impian-3 zocko.com

Toko Online Impian-3 zocko.com

Demikianlah toko online impian saya dan beberapa toko online yang bisa menjadi referensi saya untuk mewujudkannya. Semoga kelak bisa menjadi kenyataan dan bukan sekedar mimpi belaka aamiin aamiin aamiin *tsahh

Gimana ‘magic banget‘ kan?

Kalau kamu, seperti apa toko online impianmu?

Aku sudah ikutan #LombaBlogTokoOnline bareng @AuraBatik @Kawanbuku @Stiletto_Book @RedCarra. Yuk ikutan juga ?

Lomba-Blog-1