chicco bayi belanja-rodame-com

sumber gambar : chiccoshop.com

Menjadi orangtua adalah anugerah yang tak terkira membahagiakannya. Banyak diantaranya yang menggebu-gebu menyiapkan semua persiapan kelahiran si buah hati, dari mulai pakaiannya, sepatu dan topinya, bahkan tidak jarang yang sudah menyiapkan kamar bayi yang terpisah untuk si buah hati! Tak ada yang salah dengan hal itu, semua karena ayah dan ibu sangat menyayangi buah hati mereka masing-masing, dan inginkan yang terbaik untuk anaknya.

Yang salah adalah mubadzir alias membuang-buang sesuatu untuk hal yang tak bermanfaat. Menghabiskan banyak anggaran untuk membeli perlengkapan bayi, kemudian ternyata tidak semua perlengkapan itu bisa digunakan oleh si kecil, akhirnya barang-barang tersebut teronggok begitu saja di gudang dan terlupakan.

Maka karena itu, lebih bijak jika kita mengatur anggaran untuk perlengkapan bayi dengan seoptimal mungkin, untuk meminimalisir risiko mubadzir. Berikut adalah cara menghemat anggaran belanja pakaian dan keperluan bayi yang bisa kita lakukan :

  • Beli barang preloved. Kasarnya barang bekas atau second, tapi karena preloved terdengar lebih sopan dan lebih baik, maka istilah second atau bekas mulai jarang digunakan. Barang preloved bayi biasanya masih bagus-bagus dengan kondisi utuh 80% ke atas, karena digunakannya hanya sebentar, dan si kecil juga belum bisa mempreteli komponennya (untuk bouncer, mainan, dot atau stroller), jadi kita bisa mendapatkan barang preloved dengan penampilan gress. Siapa tahu bisa dapat stroller Elle atau Chicco dengan harga lebih hemat.
  • Meminjam atau gift hampers. Jangan malu untuk meminjam perlengkapan si kecil, seperti stroller atau bouncer dan box bayi. Ada banyak website yang menawarkan jasa sewa perlengkapan bayi, bisa untuk tiga bulan, satu semester atau lebih. Tentu saja dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Menerima hampers dari saudara dan teman juga bisa menghemat anggaran lho.
  • Utamakan ASI. Jangan dulu terpikat dengan susu formula atau MPASI instan. Selalu utamakan ASI, selain lebih hemat, juga lebih sehat.
  • Beli popok dalam jumlah grosiran atau pakai popok kain. Walaupun popok kain termasuk barang yang sedikit jadul, tetapi popok kain ini lebih ekonomis dibanding popok sekali pakai, sebab bisa dicuci pakai untuk beberapa kali. Tetapi pakai popok sekali pakai juga penting, sesekali pakai tak apa. Tapi usahakan membeli dalam jumlah banyak dalam satu kali belanja, supaya dapat harga yang lebih murah.
  • Belanja keperluan bayi secara online saat Harbolnas atau Hari Belanja Nasional, supaya bisa dapat diskon besar-besaran dan dapat promo spesial lainnya. Misalnya dapat free ongkir yang lumayan banget untuk menghemat anggaran belanja. Mau berbelanja banyak alias grosir untuk stok pun bisa dilakukan saat musim diskon akhir tahun seperti ini, harga jadi jauh lebih hemat jadinya.