Kita pasti pernah mengalami yang namanya nyeri pada kepala entah itu sakit kepala, migrain atau sakit kepala sebelah dan yang lainnya. Jika sudah begitu, apapun menjadi tak nyaman dikerjakan. Pekerjaan jadi tertunda, karena tidak bisa berpikir atau berkonstrasi dengan baik. Melawan rasa sakit di bagian kepala saja sudah tak kuat apalagi masih dituntut harus menyelesaikan banyak pekerjaan rumah atau pekerjaan di kantor.

Saya selalu merasa setiap orang punya solusi masing-masing untuk mengatasinya. Kebetulan saya termasuk yang pernag mengalami sakit kepala, migrain maupun nyeri di bagian tertentu pada kepala. Entahlah penyebabnya kan bisa banyak hal, mulai dari kurang istirahat, pola makan, olahraga yang kurang, kelelahan karena begadang, cuaca dan lainnya. Yang pasti apapun itu penyebabnya, menemukan cara untuk mengatasinya jauh lebih penting.

Beberapa gangguan nyeri pada kepala itu biasanya saya atasi dengan beberapa hal berikut ini :

1. Meminum cokelat hitam

Ternyata cokelat bermanfaat untuk mengatasi migrain. Terutama cokelat hitam. Karena saya terkadang sulit menemukan cokelat hitam, jadi saya lebih suka mempersiapkan minuman instan cokelat hitam di rumah. Selain lebih hemat juga lebih praktis dan bisa dinikmati sambil melakukan kegiatan lainnya.

2. Menggosokkan bagian kepala yang nyeri dengan minyak kayu putih atau balsem

Nah, yang satu ini sepertinya tidak semua menyukainya. Ada yang ‘alergi’ dengan bau-bauan seperti itu. Kalau sedang di bepergian sebaiknya memang membawa yang minyak kayu putih atau balsem, namun jangan dipakai di tempat publik seperti kereta api atau bis kecuali terpaksa, karena kuatir menganggu orang lain. Bahkan ada orang yang justru mual ketika mencium aromanya.

3. Mengoleskan minyak zaitun

Minyak zaitun dipercaya memang banyak manfaatnya selain baik untuk kecantikan dan kesehatan kulit ternyata sangat baik juga untuk mengatasi nyeri pada kepala. Saya belum pernah sih coba pakaikan minyak zaitun saat sakit kepala, tapi ini boleh dicoba, karena wangi sehingga tidak menganggu orang lain jika harus dipakai di tempat umum.

4. Meminum air daun salam

Daun salam biasanya dipakai untuk bumbu dalam memasak. Bahkan ada juga yang suka memakan daun mudanya katanya baik untuk mengatasi darah tinggi. Ternyata rebusan air daun salam bisa mengatasi migrain. Nah, lain kali jika migrain saya mau coba yang ini daripada minum obat. Soalnya di depan rumah ada pohonnya jadi selain aman, alami juga berkhasiat.

Segitu aja, semoga informasi tentang cara mengatasi gangguan nyeri pada kepala ini bermanfaat untuk semuanya. Kalau bisa dengan yang alami, kenapa tidak?

Selamat mencoba, semoga sehat selalu.