Nah, ini dia nih yang pastinya sangat mengganggu ibu-ibu hamil. Apalagi kalau sudah hamil besar, rahim semakin tertekan, ukuran perut semakin besar maka sangat mengganggu kalau sampai sembelit datang. Minta ampun deh rasanya. Sangat gak nyaman pastinya. Ya kan??

Dulu waktu hamil pertama, pernah juga mengalami sembelit tapi di kehamilan kedua ini sembelitnya agak parah. Sungguh nyata benar perbedaan kehamilan pertama dengan kedua kali ini. Di kehamilan kedua ini, saya benar-benar harus berjuang lagi mengatasi ketidaknyamanan akibat sembelit. Kalau kita sedang tidak hamil aja, sembelit datang rasanya menganggu, apalagi kalau sedang hamil. Oh ya ampun. Tak terkatakan harus bagaimana lagi menyampaikan perasaan hati ketika sembelit datang.

Sebenarnya apa saja sih yang bisa bikin ibu hamil sembelit alias susah buang air besar?

Setau saya ya, ada beberapa hal yang memang sebaiknya dihindari atau tidak dikonsumsi ketika sedang hamil agar sembelit tidak menyerang ibu hamil, diantaranya :

1. Makanan pedas

Sebagai penyuka pedas, ini memang ujian berat ketika harus berhenti makan makanan pedas. Terutama karena di rumah memang selalu tersedia sambal buatan sendiri dalam jumlah yang banyak. Namun, setelah saya kena sembelit saya akhirnya mengalah dengan yang satu ini. Meskipun memang sangat sulit untuk berhenti 100 %. Pernah berhenti total, namun setelah tak sembelit saya malah pengen makan makanan pedas lagi termasuk sambal. Duh, pokoknya yang ini bener-bener ujian deh buat penyuka sambal dan makanan pedas. Akhirnya saya makan tapi porsinya sedikit sekali, yang penting ada rasa pedasnya. Terkadang untuk menghindarinya saya coba positifkan pikiran saya, bahwa makanan pedas akan bikin sembelit dan itu sangat tidak nyaman. Saya coba ingat-ingat bagaimana rasanya ketika sembelit, jadi jera gak mau makan makanan pedas atau sambal lagi.

2. Makanan berlemak dan bersantan

Nah, ini kalau sudah daging rendang nan lezat tersedia di meja makan, gulai ayam pedas tersaji dengan indah di meja makan. Godaannya pengen makan terus dan nambah. Apalagi saya sedang tinggal di Sumatera Utara, dimana kebanyakan makanan juga bersantan. Sayangnya, ternyata makanan berlemak seperti daging-daginganditambah santan itu ternyata juga bisa menyebabkan ibu hamil sembelit. Saya sudah merasakannya. Jadi, mau tidak mau harus berusaha mengurangi makanan berlemak daripada kena sembelit. Ya kan?

3. Gorengan atau makanan berminyak

Kalau yang ketiga ini, pesan dari ibu saya. Ternyata gorengan atau makanan yang berminyak itu bisa juga memperparah sembelit. Jadi, sebaiknya kalau sudah ada gejala sembelit jangan lagi mengkonsumsi gorengan atau makanan berminyak karena bisa jadi ibu hamil makin sulit buang air besar. Pasti akan sangat tidak nyaman. Bagi pecinta gorengan, ini pasti ujian juga terutama ketika hamil besar, nafsu makan meningkat, rasanya semua ingin dilahap habis. Nah, pikirkanlah dampak ke depannya, jangan sampai menyesal karena nafsu sesaat. Hehehe.

Berdasarkan pengalaman saya, ketiga jenis makanan itu, nyata-nyata bisa memperparah sembelit pada ibu hamil. Mungkin ibu hamil lainnya punya pengalaman yang berbeda-beda. Yang jelas, pengalaman karena gangguan sembelit hamil kedua ini, membuat saya agak jera makan makanan tersebut terutama dalam jumlah yang berlebihan. So, pikirkan baik-baik ya bumil, jangan sampai karena nafsu sesaat lalu kita menyesal kemudian, apalagi kalau sampai terserang wasir. Awalnya sembelit, lama-lama jadi wasir. Bisa sangat-sangat mengganggu kesehatan ibu hamil dan juga sangat menyakitkan sekali. Kita menjadi sangat sulit melakukan berbagai aktifitas. Duduk salah, berdiri salah, berjalan pun salah, tidur pun sulit. Ah pokoknya semua serba sulit kalau sampai terserang wasir. Tapi ada juga loh makanan yang sangat baik dikonsumsi agar sembelit tidak menyerang saat hamil. Nanti akan saya ceritakan di postingan berikutnya ya Moms.

Semoga berbagi kali ini bermanfaat untuk semua terutama bagi ibu hamil dimanapun berada.

Happy Pregnancy Moms!