Ada yang bilang, kalau bisa dipermudah kenapa harus dipersulit. Urusan yang berhubungan dengan birokrasi sih katanya selalu dipersulit, bikin hati jengkel dan kesal setengah mati. Nah, kalau yang satu ini, dijamin gak bikin hati jengkel apalagi kesal setengah mati. Soalnya urusan belanja yang tadinya susah bisa dibikin gampang, cuma modal jari.

belanja online bukalapak

Infografis (ilustrasi: rodame.com)

Dulu itu rasanya kalau butuh apa-apa susah sekali. Apalagi untuk ibu-ibu muda kayak saya ini, punya anak 2 yang masih balita dan new born. Kebayang kan, bagaimana repotnya kalau harus belanja kebutuhan dan perlengkapan anak atau keluarga ditambah lagi masih harus ke luar rumah. Belum lagi kalau tidak punya kendaraan pribadi, masih harus mengeluarkan berbagai biaya di perjalanan, belum capeknya, dan lain sebagainya. Rasanya ya memang belanja itu gak gampang sama sekali. Meluangkan waktu untuk belanja ke luar rumah itu rasanya mustahil bagi ibu-ibu seperti saya.

Belanja Online di Bukalapak bisa Kapan Saja (Dok.pri)

Belanja Online di Bukalapak bisa Kapan Saja (Dok.pri)

Jaman semakin canggih. Setelah sebulan yang lalu saya melahirkan anak kedua saya di kampung halaman, sekarang saya sedang dalam proses pemulihan sehingga masih sulit bepergian. Aktifitas masih seputar rumah saja. Sementara itu, anak saya yang pertama, usianya 3 tahun 3 bulan, kini terus bertumbuh dan berkembang. Aktif dan semakin tidak bisa diam, penuh rasa penasaran. Sedikit-sedikit bertanya, dan nempel terus sama saya. Makanya, pekerjaan rumah tangga pun jadi sulit diselesaikan. Tapi kalau sudah main block, dia bisa sibuk sendiri. Dengan begitu, saya jadi bisa sedikit leluasa mengerjakan pekerjaan rumah tangga.

block activity bukalapak belanja online

Aktifitas Anak Saya yang Suka Main Block (Dok.pri)

Anak saya suka sekali main ‘block‘. Sayangnya jumlah block-nya sekarang semakin sedikit, karena hilang dan sebagian dipinjamkan ke teman-temannya lalu tidak kembali. Tentu itu jadi penghambat dalam pengembangan kreatifitasnya. Saya akhirnya memutuskan untuk membelikannya block. Saya juga belum memasukkannya ke PAUD karena merasa bahwa di usianya itu dia masih senang bermain. Masalahnya adalah sekarang ini di PAUD-PAUD, anak sudah diajari menulis huruf dan angka, belum tepat untuk usia anak saya.

Karena kondisi saya yang masih dalam masa nifas sehingga sulit bepergian ke luar rumah. Sementara itu, beberapa pekerjaan rumahtangga juga masih harus dikerjakan sendiri. Ditambah lagi, kondisi anak pertama saya yang membutuhkan mainan yang mendukung tumbuhkembangnya. Maka solusinya hanya satu ‘belanja online’. Belanja gampang, yang cuma modal jari sehingga saya tetap bisa melakukan aktifitas lainnya sebagai ibu di rumah.

ibu bijak belanja online di bukalapak

Belanja Online di Bukalapak, Gampang Cuma Modal Jari (Dok.pri)

Bukalapak. Ya, iklan ‘ketika jujur itu’ bikin saya langsung ingat bukalapak.com, tempat untuk belanja online berbagai kebutuhan.

Sebelumnya suami saya memang sudah memasang aplikasi bukalapak di tablet, hanya saja belum sempat saya utak atik dan gunakan. Setelah agak baikan pasca melahirkan barulah saya bisa aktif kembali menggunakan gadget. Saya langsung perbaharui aplikasi bukalapak di tablet dan tidak butuh waktu lama, done. Aplikasi bukalapak pun sudah diperbaharui dan siap saya gunakan.

belanja online bukalapak

Aplikasi Bukalapak di Tablet Pribadi (Dok. pri)

Bagi pengguna Android maupun iOS bisa download aplikasi Bukalapak melalui icon di bawah ini :

download aplikasi bukalapak android

download aplikasi Bukalapak IOS

Saya register dulu untuk buat akun di bukalapak. Setelah register dan konfirmasi lewat email akhirnya saya bisa belanja online di bukalapak.

belanja online di bukalapak

Akun Pribadi di Bukalapak (Dok.pri))

Fitur Buka Dompet di Bukalapak (Dok.pri)

Fitur Buka Dompet di Bukalapak (Dok.pri)

Sebelum mulai berbelanja, saya sih, isi dompet dulu di Bukalapak. Dengan menyimpan uang terlebih dahulu, maka otomatis uang di dompet Bukalapak akan berkurang. Dengan sejumlah saldo tersebut, saya bisa belanja kapanpun, dimana saja dengan proses belanja yang lebih cepat dan gampang.

Saldo di Dompet Bukalapak Bertambah (Dok.pri)

Saldo di Dompet Bukalapak Bertambah (Dok.pri)

Cari barang dengan kata kunci ‘block’ dan langsung muncul berbagai jenis block di kategori mainan anak, dari berbagai pelapak di Indonesia. Oh iya, istilah pelapak itu sama dengan penjual ya kalau di Bukalapak. Kemudian, saya hanya perlu memilih yang sesuai dengan kebutuhan anak saya, yang sesuai dengan usianya.

Bricks yang Dipesan di Bukalapak (Dok.pri)

Block yang Dipesan di Bukalapak (Dok.pri)

Sebagai manajer keuangan di rumah, ibu harus bijak menggunakan uang untuk belanja. Memilih mainan anak yang bermanfaat, aman dan terjangkau juga menjadi pertimbangan saya pribadi. Tujuannya tentu saja agar berbagai kebutuhan di rumah juga tercukupi. Ada begitu banyak pelapak block mainan anak, dengan harga dan model beragam. Sebagai pembeli yang adalah ‘raja’ maka ini sangat menyenangkan karena bisa memilih sesuai keinginan kita. Pelapak yang lokasinya dekat sehingga ongkos kirim lebih hemat juga produk dengan harga yang lebih murah. Tinggal pilih saja! Pembayarannya pun otomatis dari dompet pribadi saya di Bukalapak.

Saldo di Dompet Bukalapak Otomatis Berkurang Setelah Belanja (Dok.pri)

Saldo di Dompet Bukalapak Otomatis Berkurang Setelah Belanja (Dok.pri)

Selanjutnya, untuk tracking transaksi, tinggal klik ‘transaksi’ lalu akan muncul informasi tentang proses pengiriman barang yang dibeli di Bukalapak.

Tracking di Bukalapak (Dok.pri)

Tracking di Bukalapak (Dok.pri)

Atau bisa cek email, karena Bukalapak akan selalu memberi notifikasi tentang belanjaan kita, seperti block yang saya beli, ternyata sudah dikirim oleh pelapaknya hari Jumat, 13 November 2015, pukul 07.25 WIB.

belanja online gampang di bukalapak

Notifikasi dari Bukalapak Melalui Email (Dok.pri)

Selain saya, suami saya juga sudah pernah menggunakan fitur ‘jual barang’ di Bukalapak yaitu kamera digital. Dan luar biasa sekali, baru sehari jual barang besoknya sudah ada yang langsung beli. Tidak pakai lama! pembeli dari Kalimantan langsung tertarik, langsung bayar ke Bukalapak, barang langsung dikirim suami saya dan beberapa hari kemudian sampai pada pembeli, uang tersimpan ‘aman’ pada Bukalapak. Saya dan suami sampai kaget. Karena ternyata selain membeli barang di Bukalapak gampang, menjual barang pun juga sangat gampang dan cepat. Perhatikan icon ‘camera’ di sudut kanan bawah seperti yang ada pada hasil screenshoot di tablet saya. Kita bisa langsung klik dan foto barang yang akan dijual, lengkapi datanya dan tadaaaa barang pun siap dibeli oleh siapapun dari berbagai daerah di Indonesia. Buktikan deh, kalau tidak percaya. Karena pengalaman suami saya tersebut, saya semakin percaya untuk belanja online di Bukalapak.

Meskipun barang yang saya beli di Bukalapak belum sampai ke rumah karena mungkin jaraknya yang cukup jauh ‘berbeda pulau’, ya tidak mengapa. Saya kan masih tetap bisa pantau belanjaannya secara online di akun Bukalapak saya. Yang jelas, di Bukalapak itu belanjanya beneran gampang, cuma modal jari saja. Saya sih sudah membuktikannya. Bagaimana dengan kamu???

ibu bijak belanja online di bukalapak

Ibu Bijak Belanja Online di Bukalapak (Dok.pri)

Ini ada 5 tips belanja gampang di Bukalapak dari saya, semoga bermanfaat ya.

Pengen ikutan lomba blog Bukalapak juga? klik aja banner di bawah ini :

bukalapak_blogcompetition_640x640