Assalamu’alaikum,

Tak terasa bulan ramadhan sudah meninggalkan kita. Rasanya baru saja kemarin puasa, sekarang sudah masuk bulan Syawal. Ya Allah, sedih ya. Saya sendiri merasa sedih ketika sholat ied di masjid dekat rumah mertua, apalagi terakhirnya bersalam-salaman sambil melantunkan sholawat. Tak terasa air mata menetes sambil membayangkan bulan ramadhan harus pergi. Momen membahagiakan sekaligus mengharukan buat saya pribadi juga saudara/i muslim lainnya ketika itu.

Boleh jujur? Saya sebenarnya sangat bingung mendefinisikan ‘cantik’. Karena bagi saya semua perempuan itu cantik. Cantik yang unik. Setiap perempuan itu terlahir istimewa. Cantik menurut saya bukan soal penampilan secara fisik. Saya percaya kecantikan perempuan itu justru yang sebenarnya yang terpancar dari hati bukan wajah yang nampak secara visual oleh semua orang.

Perempuan, apapun sukunya dan warna kulitnya, semuanya cantik. Cantik itu bukan berkulit putih, bukan juga berbadan tinggi semampai. Menurut saya, cantik dari hati itulah cantik yang sesungguhnya. Cantik dari hati itu akan terpancar dari perbuatannya dan perilakunya. Apa dan bagaimana kita berpikir, bertindak dan berbuat menjadi penentu cantik tidaknya perempuan tersebut.

Inneke Koesherawati

Kalau boleh jujur, saya suka sekali dengan Inneke. Sosoknya begitu berkesan bagi saya. Keputusannya menggunakan hijab tahun 2000 setelah berbagai berita buruk seputar masa lalunya menunjukkan betapa cantiknya hatinya. Dia bisa bertahan dengan semua cercaan masyarakat tanpa membalas para haternya. Dia juga terus menunjukkan cara berpakaian syariah yang anggun dan feminim. Tetap modis sambil terus bersikap baik pada siapapun. Sikap yang positif dan matang dalam berpikir serta bertindak ini adalah wujud dari cantik dari hati yang sesungguhnya. Dia melindungi tubuhnya yang dianugerahkan Allah SWT dengan pakaian yang Islami sebagai wujud menjaga amanah dari apa yang sudah Allah SWT percayakan pada dirinya.

Sri Mulyani

Perempuan paruh baya ini adalah salah satu contoh cantik dari hati versi saya. Beliau menunjukkan prestasinya dengan menjadi Direktur IMF. Beliau menjadi perempuan pertama yang membawa harum nama bangsa. Kecerdasannya dan kemampuannya berpikir patut diacungi jempol. Bahkan beliau pernah disidang terkait kasus Century dan terbukti tidak bersalah. Salut dengan kejujuran dan kemampuannya. Cantik dari hati yang terpancar karena menjunjung kejujuran sambil terus mengaktualisasikan diri dalam bidang keuangan di dunia. Beliau melaksanakan amanah sebagai seorang pimpinan secara global dengan menjunjung tinggi nilai kejujuran. Kejujuran adalah hal baik yang diajarkan pada setiap umat muslim.

Hasri Ainun Habibie

Mendiang Ainun Habibie membangun bank mata yang memiliki manfaat besar bagi masyarakat di Indonesia. Tindakan tersebut begitu mulia sampai memperoleh penghargaan dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nila F. Moeloek. Sosok yang peduli kepada kesehatan khususnya dalam pengobatan mata di Indonesia. Jasanya membangun bank mata adalah wujud cantik dari hati yang layak untuk ditiru. Memberikan harapan bagi masyarakat di Indonesia terutama bagi mereka yang sakit mata. Beliau melaksanakan amanah sebagai seorang dokter yang ingin menolong banyak orang. Seperti halnya Islam mengajarkan setiap kita untuk berbuat baik sekecil apapun pada siapapun yang membutuhkan pertolongan.

Perempuan-perempuan cantik dari hati lainnya adalah semua perempuan yang ada di bumi ini, yang melahirkan, menyusui dan membesarkan anak-anaknya dengan senang dan ikhlas. Perempuan yang mau berkorban dan menolong siapapun yang membutuhkan pertolongan. Perempuan yang menjaga bermartabatnya dan menjunjung tinggi norma-norma yang berlaku di Indonesia. Mereka juga perempuan-perempuan yang cantik dari hati. Mereka menjaga anak yang merupakan amanah dari Allah SWT dengan sebaik-baiknya.

Ketiga perempuan dan semua perempuan baik yang tercipta di bumi ini adalah sosok perempuan-perempuan cantik dari hati versi saya. Saya melihat aura cantiknya terpancar karena apa yang mereka lakukan bukan apa yang ada pada fisik mereka. Mereka adalah perempuan-perempuan Indonesia yang cantiknya memesona karena juga bisa menginspirasi perempuan lainnya untuk jadi perempuan yang ‘cantik’ seutuhnya. Semoga makin banyak perempuan-perempuan di Indonesia yang menebarkan banyak manfaat dengan perbuatannya. Karena cantik dari hati itu adalah tentang amanah.

Jadi, apa #CantikDariHati versi kamu?