Winner-OK-RODAME-COM

sumber gambar : spicerinternational.com

Kutipan di atas tepat sekali dalam menggambarkan apa yang saya alami, bahwa kemenangan itu bukanlah hal yang instan. Mendapatkan kemenangan perlu usaha bahkan tak jarang saya harus berulang kali gagal dulu. Saya masih ingat ketika berhasil memenangkan berbagai lomba di tahun-tahun terakhir ini. Semua orang berpikir bahwa saya orang yang hebat, bisa menang dan itu luar biasa. Sayangnya, mereka hanya melihat ketika saya sudah menang, padahal jauh sebelum itu semua, saya sudah gagal beratus-ratus kali. Namun terus berjuang demi mendapatkan kemenangan.

Mungkin hal itu juga berlaku dalam hal mendapatkan beasiswa. Saya pernah ingin mendaftar beasiswa ke Turki, karena persyaratannya yang tergolong tidak rumit dibandingkan beasiswa ke negara-negara yang ada di Eropa atau negara maju lainnya. Saya yang waktu itu adalah seorang mama muda dimana usia anak pertama saya waktu itu belum genap dua tahun dan masih ASI, benar-benar harus berjuang untuk mendapatkan sertifikat TOEFL. Saya bersama anak dan adik ipar saya berangkat ke lokasi dimana tes TOEFL institusional akan dilakukan. Kami sudah siap dari pagi. Ketika saya ujian adik ipar saya yang akan menjaga anak saya. Semua sudah direncanakan dengan baik. Hingga di tengah-tengah ujian, suara teriakan anak saya terdengar, bahkan dia menangis cukup kencang. Saat itu, saya mulai tidak konsentrasi, pikiran saya beradu bahkan beberapa kali terbersit untuk membiarkannya tapi hati kecil saya tak bisa lebih lama lagi membiarkannya. Saya stop, saya selesaikan sampai disitu dan saya berlari mengejar anak saya untuk menyusuinya. Akhirnya saya gagal mendaftar beasiswa tersebut.

Tahun demi tahun saya lewati tapi saya masih belum bisa menghapus niatan saya untuk sekolah lagi di luar negeri. Baru-baru ini seorang teman semasa di kampus dulu baru saja berangkat ke Jepang karena mendapatkan beasiswa, itu juga ikut mengorek lagi impian lama saya yang masih belum terwujud. Mirip dengan apa yang tertulis pada artikel tersebut, saya merasa saya harus melakukan usaha yang lebih besar lagi untuk mendapatkan beasiswa S3 ke luar negeri. Karena kemenangan adalah sebuah proses dan untuk mendapatkannya diperlukan perjuangan, keringat, air mata bahkan berlapis-lapis kesabaran dimana semua itu adalah milik para pejuang sejati.

Man Shabara Zafira : barang siapa bersabar maka ia akan beruntung