Source : resepmakanan

Anda tipe yang tidak pernah melewatkan kesempatan mencoba kuliner lokal? Banjarmasin adalah tempat yang tepat untuk memuaskan lidah saat sedang di Kalimantan. Ibu kota Kalimantan Selatan ini memiliki banyak kuliner khas, mulai dari olahan beras, ikan, hingga kue manis. Makanan Banjarmasin juga mudah dikenali karena cita rasanya yang unik.

Nah jika kamu sedang berencana untuk pergi berkunjung ke kota yang satu ini, jangan lupa ada promo tiket pesawat Batik Air terbaik di Airy ya. Kemudian setelah memesan tiket pesawat ke Banjarmasin, jangan lupa mencatat enam makanan khas ini untuk dicicipi saat liburan nanti.

Soto Banjar

Soto Banjar adalah hidangan lokal yang telah memiliki reputasi nasional. Kuahnya berwarna kuning sedikit keruh, dan dimasak dengan campuran berbagai rempah, susu, kayu manis, dan jeruk nipis. Soto ini biasanya berisi bihun, potongan ayam, serta perkedel. Soto Banjar biasanya disajikan dengan lontong, jadi jika Anda lebih suka nasi, pastikan menyebutkannya kepada penjualnya.

Ada banyak tempat makan soto Banjar di Banjarmasin, tetapi yang cukup ikonik contohnya adalah Soto Pahlawan di Kampung Melayu, Soto Bapukan Haji Anang di Jalan Pekapuran, dan Soto Banjar Rina Kuin di dekat area pasar terapung.

Nasi Kuning

Nasi kuning adalah menu sarapan favorit di Banjarmasin. Lauk khasnya adalah ikan haruan (gabus) dengan bumbu kemerahan, ayam, telur pindang, mi, tempe kering, dan sebagainya. Nasi kuning sangat mudah ditemukan di berbagai penjuru Banjarmasin pada pagi hari, dan biasanya dijual di warung-warung atau kios pinggir jalan.

Ketupat Kandangan

Source : sumber.com

Ketupat Kandangan adalah menu sarapan populer lainnya di Banjarmasin Makanan ini terdiri dari ketupat serta ikan haruan (gabus) yang dimasak dengan kuah santan. Kuah tersebut kental, gurih, dan wangi karena dimasak dengan kapulaga, kayu manis, cengkih, dan pala.

Ikan haruan merupakan lauk khas yang tidak tergantikan dalam hidangan ini, sehingga banyak penjual ketupat Kandangan yang tidak berjualan saat ikan tersebut langka. Ketupat Kandangan cukup mudah ditemukan di berbagai penjuru Kota Banjarmasin.

Bingka Banjar

Bingka Banjar adalah kue dengan cita rasa lembut dan manis, karena terbuat dari banyak telur, santan, dan gula. Kue ini memiliki banyak pilihan rasa, seperti bingka kentang, labu, dan pandan. Jika Anda ingin membeli oleh-oleh, ada beberapa produk bingka yang sudah memiliki merk, seperti Kurnia Rasa, Waluh Wadai Banjar, Thamrin, dan Bunda.

Ikan Patin Bakar

Selain haruan, ikan khas lain yang banyak dijual di Banjarmasin adalah patin. Ikan patin bakar bisa Anda temukan di kedai sederhana, restoran kelas menengah, hingga restoran mewah dan hotel besar. Ikan patin bertekstur empuk dan tidak terlalu kenyal, dengan lemak yang gurih. Beberapa restoran yang menghidangkan patin lezat antara lain adalah RM Rudy Hermanto di Jalan Ahmad Yani, Pondok Permata di Gatot Subroto, dan RM Patin H. Husniah di dekat Swiss Bell Hotel.

Mi Bancir

Bancir adalah sebutan untuk mi dengan sedikit kuah, sehingga lebih berkesan basah ketimbang berkuah. Penampilan hidangan ini sedikit mirip mi Jawa karena warnanya agak gelap. Mi ini biasanya disajikan dengan telur rebus, tetapi ada berbagai kreasi menu unik yang bisa Anda temukan.

Salah satu restoran mi Bancir unik di Banjarmasin adalah Mi Bancir Agus Sasirangan di Jalan Hasan Basri. Agus Sasirangan terkenal sebagai wakil Banjarmasin dalam salah satu musim Master Chef Indonesia. Mi Bancir kreasinya disajikan dengan ceker ayam pedas. Restoran terkenal lainnya adalah Depot Mie Dadang di Kampung Melayu dan Marasa Maka Tahu di Jalan Pekauman.

Tunggu apa lagi? Segera pesan tiket perjalanan Anda di Airy Tiket Pesawat, dan terbanglah ke Banjarmasin untuk menikmati petualangan kuliner yang berkesan.