Saya penyuka susu, sepanjang hidup sampai punya anak satu sekarang ini susu terus menjadi minuman yang disukai. Susu yang beredar di pasaran saat ini kebanyakan adalah susu yang berasal dari ternak sapi atau kita sebut saja susu sapi. Kenapa demikian? karena memang pemasaran susu sapi itu luar biasa dibandingkan susu dari ternak lainnya seperti kambing.

Banyak yang merasa susu sapi itu lebih enak dan lebih menyehatkan untuk tubuh. Baiklah bicara soal itu, saya lebih suka kita ungkap saja faktanya. Apakah benar susu sapi itu lebih kaya nutrisinya dibanding susu kambing? Karena kalau hanya sekedar bicara atau dengar dari sana-sini koq ya rasanya belum memuaskan rasa ingin tahu, jadilah saya pun berusaha mencari faktanya berdasarkan penelitian yang teruji secara ilmiah tentu saja. Dengan begitu, siapapun tentu bisa melihat bagaimana fakta yang sebenarnya.

Saya membuat infografis sederhana untuk membandingkan nutrisi dari susu kambing dan susu sapi seperti di bawah ini. Harapan saya tentu saja agar semakin banyak masyarakat yang mengetahui apa yang sebenarnya ada di balik kedua susu tersebut. Daripada berlama-lama, yuk mari kita sama-sama belajar dan membuktikannya sendiri.

 

 

Lebih baik susu kambing atau susu sapi

Nah, bagaimana sekarang? apakah sudah bertambah wawasannya? saya sih jujur saja merasa bersyukur menemukan fakta-fakta kedua susu ini. Jadi, yang tadinya tidak tahu menjadi tahu bahwa susu kambing lebih baik daripada susu sapi dibuktikan dengan fakta nutrisi yang terkandung di dalamnya. Itulah sebabnya saya ingin mengubah gaya hidup minum susu sapi menuju susu kambing.

Dulu saya ragu karena saya merasa susu kambing itu rasanya mungkin amis atau aneh tetapi setelah meminumnya dan tahu fakta nutrisinya saya malah ketagihan minum susu kambing. Hehe… sangat jauh dari kata amis, ketika diminum susu kambing terasa lebih ringan dibandingkan susu sapi. Sekarang ini sudah banyak beredar susu kambing yang bisa disedu kapan saja, ada susu kambing Etawa organik ada pula susu kambing non organik. Susu kambing non organik biasanya lebih bervariasi dari rasa, ada rasa strawberry, vanila dan coklat. Saya sudah coba kedua jenis susu kambing itu dan saya harus jujur kalau saya suka keduanya. Jika ingin lebih sehat lagi cobalah susu kambing Etawa yang organik.

Semoga semakin penasaran dan ingin minum susu kambing ya, susu kambing sangat baik untuk segala umur. Untuk menjaga kesehatan anak, kesehatan perempuan, kesehatan remaja, kesehatan lansia, pokoknya siapa saja boleh minum susu kambing.

Keep Healthy andΒ Drink Goat Milk

Salam sehat selalu