Saat saya duduk di bangku SMP tahun 1997, saya dikursuskan bahasa Inggris oleh orangtua. Saya yang saat itu tinggal di kota kecil Pematangsiantar sudah cukup senang dengan bisa mengikuti kursus bahasa Inggris. Dan tebak apa? Saya bukan cuma satu-satunya yang merasakan bahagia bisa belajar bahasa Inggris di tempat kursus tersebut. Saat masuk kelas kursus, saya bertemu dengan teman-teman dari berbagai sekolah baik yang duduk di bangku SMP, SMA bahkan SD.

Saya mulai menyukai bahasa Inggris semenjak kursus. Saya rajin mencatat di kelas bahkan sering mempraktikkannya dengan teman sekelas meski masih berantakan. Saya cukup percaya diri. Hehe. Padahal banyak teman saya lainnya lebih jago bahasa Inggrisnya tetap saja saya ngoceh ini dan itu.

Sampai kemudian, saya bertemu dengan seorang adik kelas SMP yang sedang menyanyikan sebuah lagu dengan musik cepat dalam bahasa Inggris. Saya kagum. Luar biasa. Saya tidak pernah menyangka ada orang yang bisa menyanyikan lagu tersebut tanpa ada kesalahan dan pelafalan bahasa Inggrisnya bagus sekali. Karena penasaran dan ingin mendengar langsung lagu yang dinyanyikannya, saya pun bertanya penyanyi dan judul lagunya.

Spice Girl, Wannabe”, katanya. Dia langsung meminjamkan walkman-nya dan mengizinkan saya mendengarkan lagu tersebut. Benar saja, musiknya cepat sekali, bahkan kata-katanya banyak, mirip dan sulit menghafalnya. Sejak saat itu, saya tertantang.

Musik cepat itu membuat saya berlatih bernyanyi dengan benar. Saya menuliskan liriknya dalam sebuah kertas selembar. Kertas itu saya bawa kemana-mana bahkan ke toilet. Di rumah, saya menyanyikannya berulang-ulang. Ketika lupa saya membuka kertas itu lalu mengulanginya lagi sampai saya hafal betul. Meski kertas itu jadi lepek dan basah kena percikan air, saya tetap melakukan kebiasaan itu.

Sehari, dua hari, tiga hari, saya melanjutkan kebiasaan tersebut. Akhirnya saya bisa menghafalkan dan menyanyikannya dengan cepat sesuai dengan musik yang mengiringinya. Saya ajak ketemuan adik kelas saya. Saya bilang padanya, kalau saya sudah hafal dan siap menyanyi bersama dengannya. Dia mulai 1 bait, saya melanjutkannya, lalu reff-nya kami nyanyikan bersama-sama. Saya sempat deg deg an, sempat kuatir juga. Malu-maluin kan kalau salah menyanyikannya.

Yeah, satu lagu dengan musik cepat bisa saya hafalkan dan lantunkan dengan sempurna. Saya bahagia sekali. Tidak berhenti sampai disitu, besok-besoknya saya mulai mencari lagu dengan musik yang cepat. Saat kuliah, saya ketemu dengan seorang teman, dia lihai sekali menyanyikan lagu Skter Boy dari Avril Lavigne. Dia luar biasa. Saya tertantang lagi. Kali ini memang sedikit lebih banyak hafalan liriknya dan lidahnya beberapa kali keseleo saat menyanyikannya dengan cepat. Hahaha.

Saya pun kembali berhasil menghafalkan dan menyanyikannya. Saya mengumpulkan lagu-lagu favorit dalam sebuah folder di komputer agar lebih mudah mendengarkannya berulang-ulang. Saya mencari lirik-liriknya lalu mendengar lagu sambil membaca lirik, menghafalnya sambil berusaha memahami maknanya agar lebih berkesan.

Dulu saya harus bulak-balik memutar mp3 di komputer, stop, mulai lagi, pause, mulai lagi dan seterusnya sampai saya hafal dan bisa menyanyikan lagu dengan benar, terutama untuk lagu dengan musik cepat. Tangan pegal juga ya, bulak-balik tekan tuts komputer. Demi bisa belajar bahasa Inggris, saya meneruskan kebiasaan saya itu. Sampai kemudian semua berubah. Sejak memiliki ponsel yang bisa dipasang aplikasi mendengarkan musik streaming, kebiasaan saya yang tadinya merepotkan dan melelahkan berubah menjadi mudah dan menyenangkan.

Iya, ponsel itu kini saya pasangi aplikasi MelOn. MelOn Player ini sangat pas bagi penikmat musik. Di dalamnya ada sekitar 4 jutaan lagu original dan legal. Setiap saya mengetikkan judul atau penyanyi di kolom ‘search’ aplikasi MelOn, selalu ada dan tidak pernah tidak ketemu lagunya. Jangankan lagu baru yang masih fresh, lagu lawas pun lengkap di dalamnya.

Oh iya, berhubung saya sudah pernah mereview aplikasi MelOn dengan lengkap di blog ini (judul tulisannya : Aku, Musik dan MelOn), saya akan langsung cerita layanan yang baru-baru ini saya gunakan yaitu penggunaan kupon MelOn.

Bikin Playlist di Aplikasi Melon

Cari Lagu dengan Aplikasi Melon (Dok. Rodame)

Layanan dan aplikasi MelOn sudah berjalan dengan baik. Saya merasakan sendiri bagaimana kini mendengar dan merasakan lagu begitu mudah, murah dan menyenangkan. Mudah karena saya tinggal buka aplikasi MelOn di ponsel dan cari lagu dan mainkan. Murah karena saya hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 10.000 untuk sebulan dan puas-puasin dengar lagu lengkap dengan liriknya, berulang kali dengan tenang dan nyaman. Legal, ini satu lagi yang membuat kebiasaan mendengar lagu jadi menyenangkan. Mendengarkan lagu legal itu bikin hati tenang, tanpa beban. Gak merasa berdosa lagi karena jauh dari lagu bajakan. Asyik kan ya.

Kemarin saya dapat kupon MelOn dari seorang teman baik. Senangnya bukan main. Caranya gimana? Nomor kupon di kartu itu digosok lalu dimasukkan ke menu ‘Coupon’ di aplikasi MelOn yang terpasang di ponsel. Setelah diketik semua angka di dalam kupon tinggal klik ‘Topup’ dan saya langsung dapat layanan ‘Unlimited Download + Streaming’ selama 30 hari. Mudah kan ya?

cara top up kupon Melon

Cara Topup Kupon Melon (Dok.Rodame)

Nah, kalau ingin ngecek layanan itu lagi, masuk aja ke menu ‘My Page’ klik ‘My Service’ dan akan muncul keterangan layanan yang kita terima dari MelOn. Akan muncul juga batas waktu layanannya ya. Jadi kalau udah deket waktunya mau habis, bisa siap-siap untuk Topup lagi. Proses Topup-nya tergolong cepat. Saya tidak menunggu lama karena saya langsung mendapat layanan itu dan langsung bisa mendengarkan juga download lagu sepuasnya selama 30 hari penuh.

Oh iya, kamu bisa juga bikin playlist sendiri dan kasi judulnya. Tinggal klik aja menu ‘Playlist’ dan Sudah gak perlu lagi buka-buka komputer kayak zaman kuliah dulu, sekarang tinggal putar, baca lirik langsung dari satu aplikasi aja. Cukup dengan MelOn, semua jadi lebih mudah.

Berbagai Menu Layanan Aplikasi Melon

Berbagai Menu Layanan Aplikasi Melon (Dok.Rodame)

Pengalaman menggunakan layanan dan aplikasi Melon

Setelah menggunakan aplikasi MelOn saya merasa mendapatkan banyak kemudahan dan ketenangan. Saya tidak lagi direpotkan dengan mencari lirik lagu ketika ingin memahami isi lagu, saya juga tidak lagi bulak-balik menyalakan laptop atau komputer dan yang paling penting, hidup saya lebih tenang karena tidak merasa berdosa karena bisa mendengakan lagu dan berbagai genre musik dengan legal.

Secara keseluruhan aplikasi MelOn sangat mudah digunakan meskipun untuk pemula. Karena semua menu dan tombol mudah dipahami dan ditemukan. Saya hampir tidak menemukan kewalahan dalam menggunakan aplikasi tersebut. Layanannya memuaskan dengan pilihan lagu yang super lengkap dan suaranya jernih tanpa macet sama sekali. Mendengarkan dan merasakan musik terasa nikmat tanpa ada gangguan.

Biayanya terbilang murah, apalagi kalau ambil paket yang unlimited untuk 1 bulan. Puas sekali, karena bisa download lagu dan streaming suka-suka melalui internet tentu saja. Tapi kalau mau versi hemat juga ada loh. Sangat terjangkau untuk sebuah ‘lagu legal’.

Oh iya, teman-teman sudah pasang widget MelOn belum di blog? saya sih sudah pasang. Kenapa? karena keberadaan widget di blog bisa memudahkan saya untuk mendengarkan lagu melalui laptop. Saya juga bisa update lagu-lagu. Buat teman-teman yang belum pasang, caranya mudah teman-teman yang sudah jadi member MelOn silahkan daftar melalui widget.melon.co.id.

Halaman untuk Mendaftar dan Memasang Widget Melon di Blog

Halaman untuk Mendaftar dan Memasang Widget Melon di Blog (Dok. Rodame)

Ingat ya harus jadi member MelOn dulu. Lengkapi data profilnya dan bikin widget melalui menu ‘Create Widget’, lalu klik ‘Generate Code’ dan copy link yang ada di dalam box ke dalam blog. Selesai. Iya semudah itu teman.

Widget Melon Siap Dipasang di Blog

Widget Melon Siap Dipasang di Blog (Dok. Rodame)

Selain itu, adanya widget MelOn di blog juga membuat saya bisa berbagi info lagu favorit saya dan update seputar lagu terbaru. Jadi, pembaca blog saya juga bisa menikmati lagu dan musik dari MelOn.

Nah, bagaimana teman-teman? Aplikasi MelOn dan widget di blog membantu sekali kan. Bagi penikmat musik dan pendukung budaya ‘say no to lagu bajakan‘, MelOn sudah memberikan banyak sekali pengaruh dalam hidup bermusik. Semoga saja ke depannya ada terobosan baru dan layanan yang makin baik pada pengguna setia MelOn.

Hidup Lagu dan Musik Legal!

Jadi Lebih Smart dengan Aplikasi MelOn!