Suatu waktu saya pernah menonton berita  di televisi. Berita ini cukup menarik mata saya, karena membahas tentang mainan anak. Iya, saya sendiri kini memiliki seorang putra usia 2 tahun 5 bulan yang bisa dibilang sangat senang pada mainan. Saya sepakat bahwa mainan memang penting untuk anak-anak. Terutama anak yang berada pada golden age atau usia emas dimana miliaran sel otak bertumbuh sangat cepat. Bisa dibayangkan dengan pertumbuhan secepat itu, apapun akan diserap oleh anak bulat-bulat.

Menurut berita tersebut, mainan anak juga harus disesuaikan dengan usia dan bahan pembuatnya. Usia, karena memang mainan anak dibuat sesuai kebutuhan tumbuh kembang anak. Tidak semua mainan anak cocok untuk dimainkan karena bukannya menyenangkan bisa jadi justru membahayakan. Misalnya saja, anak usia 1 tahun yang sedang senang menggigit dan memakan apapun yang diperolehnya, jika ukuran mainan itu kecil bukan tidak mungkin tertelan dan bahaya sekali jika anak sampai tersedak dan kita tak mampu mengeluarkannya, pernafasan terhenti dan wassalam.

sumber : cpsc.gov

sumber : cpsc.gov

Kita pasti tidak ingin itu terjadi pada buah hati kita kan? lalu masalah bahan pembuat mainan anak tersebut. Sekarang ini banyak beredar mainan anak yang kurang memperhatikan kesehatan anak. Mulai dari penggunaan warna atau cat pada mainan yang tidak aman, bahan pembuatnya yang gampang pecah atau rusak sehingga bisa melukai anak saat main dll. Yang paling menarik adalah cat pada mainan anak. Itu cat yang tak aman pada anak ternyata bisa terhirup, masuk ke dalam paru-paru dan tertimbun di dalam tubuhnya. Ada bahan-bahan tertentu pada cat tersebut yang dapat merusk kesehatan anak kita. Itulah sebabnya penting sekali memperhatikan mainan anak yang aman agar anak dapat bermain dengan bahagia dan orangtua tidak kuatir pada kesehatan anak saat bermain dengan mainannya.

sumber : tqn.com

sumber : tqn.com

Sebagai orangtua sudah menjadi kewajiban kita bersama untuk memperhatikan hal tersebut. Bagaimanapun anak dengan mainannya adalah dunia eksplorasi baginya. Kita tak mungkin memisahkannya dengan dunia bermain. Namun memberikan mainan anak yang aman adalah tugas kita. Harga mainan anak yang aman memang relatif mahal, mungkin inilah penyebabnya mainan anak yang aman hanya dapat dirasakan oleh mereka yang berkantong lumayan. Sementara anak-anak lainnya harus puas dengan mainan yang murah namun cenderung berbahaya untuk kesehatannya. Semoga ada anak-anak muda penggagas mainan anak yang aman namun terjangkau, agar semua anak dapat bermain dan bereksplorasi dengan dunianya tanpa kuatir akan faktor kesehatan. Aamiin…