Bicara soal susu kambing, Indonesia disebut-sebut masih tergolong rendah dalam konsumsi susu kambing. Masyarakat memang lebih mengenal susu sapi dibandingkan susu kambing. Rendahnya promosi dan informasi tentang susu kambing juga menjadi salah satu penyebabnya. Namun demikian, ada manfaat kesehatan dari susu kambing yang kita harus sama-sama ketahui bersama.

Menurut Dr. Edward F dalam website Global Healing Center, ada sekitar 10 manfaat susu kambing bagi kesehatan. Diantaranya adalah :

1. Anti Inflamasi Alami

Susu kambing terdiri dari lemak yang dihasilkan dengan proses pemisahan diri lebih kecil dibandingkan susu sapi. Dengan kata lain susu kambing dihomogenkan secara alami. Apa efeknya untuk kesehatan? susu kambing lebih mudah dicerna oleh usus manusia sehingga juga mudah diserap oleh tubuh dibandingkan susu sapi. Bagi mereka yang mengalami gangguan seperti radang usus, maka susu kambing menjadi solusi efektif untuk dikonsumsi.

2. Agen Metabolik (metabolic agent)

Sebuah penelitian dari USDA dan Prairie View A&M University menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara susu kambing dengan peningkatan kemampuan tubuh untuk memetabolisme zat besi dan tembaga. Terutama bagi orang-orang dengan gangguan pencernaan dan penyerapan. Minum susu kambing dapat dijadikan suplemen enzim pencernaan.

3. Bio-Availability

Manfaat kesehatan utama lainnya dari susu kambing adalah bahwa susu kambing lebih dekat dengan ASI manusia dibandingkan susu sapi. Karena pada susu kambing terdapat bahan kimia yang membuatnya lebih dekat dengan ASI, itulah sebabnya susu kambing lebih mudah untuk dicerna dan berasimilasi dalam tubuh manusia dibandingkan dengan susu sapi.

4. Low Fat

Susu kambing merupakan pilihan terbaik bagi orang-orang yang ingin menurunkan berat badan . Memiliki sedikit lemak namun tetap mempertahankan protein tingkat tinggi dan asam amino esensial seperti yang ditemukan pada susu sapi. Untuk yang sedang diet, susu kambing merupakan pilihan yang baik untuk dikonsumsi karena tidak akan meningkatkan berat badan. Berbeda dengan susu sapi yang mengandung lemak lebih tinggi dari susu kambing.

5. Asam Lemak Tinggi

Sementara susu sapi memiliki asam lemak sekitar 17 persen , susu kambing rata-rata mengandung asam lemak 35 persen, sehingga lebih bergizi dan menyehatkan untuk tubuh manusia. Bahkan hampir 50 % dari orang-orang yang mengalami intoleransi laktosa susu sapi  (alergi susu sapi) membuktikan bahwa mereka dapat dengan mudah mencerna susu kambing, terutama jika yang dikonsumsi adalah susu kambing dalam keadaan segar (fresh goat milk).

6. Kaya kalsium

Banyak orang berpikir bahwa dengan minum susu sapi baik karena mengandung kalsium dan dapat mencegah keropos tulang. Namun tahukah bahwa susu kambing mengandung jumlah kalsium yang lebih tinggi dibandingkan susu sapi, dilengkapi juga dengan asam amino triptofan. Susu kambing juga memiliki efek samping yang jauh lebih sedikit dibandingkan minum susu sapi . Susu kambing termasuk dalam penyedia kalsium yang tinggi yang baik untuk tubuh.

7. Anti – mucousal

Susu sapi yang tinggi lemak dapat meningkatkan lendir (mucous) itulah sebabnya lebih sulit dicerna tubuh dan sangat tidak baik bagi mereka yang menderita gangguan usus. Itu jugalah yang menyebabkan adanya alergi susu sapi. Namun pada susu kambing hal itu tidak ditemukan, sehingga susu kambing tidak menyebabkan iritasi di usus justru sebaliknya baik untuk usus manusia.

8. Sangat bergizi

Dalam pengobatan naturopati (Naturophatic medicine), kambing disebut sebagai hewan natrium bioorganik. Mereka juga terkait dengan semangat, fleksibilitas dan vitalitas. Sedangkan sapi disebut hewan kalsium yang dikenal dengan stabilitas dan berat. Natrium bioorganik merupakan elemen penting dalam menjaga persendian dan kelenturan. Susu kambing secara tradisional telah digunakan dalam pengobatan tersebut untuk memelihara dan meregenerasi sistem saraf  yang mengalami over-taxed. Susu kambing juga sangat padat gizi. Hampir 35 % kalsium dari kebutuhan harian kita terpenuhi dalam satu cangkir susu kambing. Susu kambing juga mengandung riboflavin yang sangat tinggi, hanya dengan satu cangkir susu kambing sudah terdapat 20,0 % dari kebutuhan kita sehari-hari. Susu kambing juga mengandung jumlah fosfor yang tinggi, vitamin B12 , protein dan kalium.

9. Low Toxic

Susu sapi banyak yang dipompa melalui pemberian hormon pertumbuhan sapi seperti bovine somatotropin  yaitu hormon khusus untuk meningkatkan produksi susu dengan cara yang tidak wajar. Sedangkan kambing jarang diobati dengan zat tersebut. Itulah sebabnya susu kambing tidak hanya lebih bergizi untuk Anda, tetapi juga cenderung rendah racun. Susu kambing diproduksi dengan cara normal dan wajar.

Menurut www.cancer.org, bovine somatotropin telah digunakan di Amerika Serikat pada peternakan sapi sejak tahun 1993. Lalu apa efeknya untuk manusia, yang jelas akan mempengaruhi pertumbuhan hormon manusia. Sementara itu menurut www.breastcancerfund.org, penyuntikan sapi dengan hormon bovine somatotropin masih kontroversi karena beberapa penelitian menyebutkan terdapat hubungan antara konsumsi susu tersebut dengan resiko kanker terutama bagi wanita pra menopause. Penelitian lainnya menyebutkan bahwa terdapat hubungan antara tingginya konsumsi susu dengan resiko kanker payudara terutama bagi wanita yang pra menopause. Dan masih ada beberapa temuan hasil penelitan lainnya tentang resiko kanker akibat konsumsi susu sapi yang disuntik dengan bovine somatotropin.

Sepertinya wanita yang belum mengalami menopause harus lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi susu sapi yang beredar di pasaran saat ini. Semoga ini semakin meningkatkan awareness masyarakat tentang susu sapi asal Amerika Serikat yang banyak disuntik hormon bovine somatotropin. Itulah sebabnya hormon tersebut dilarang digunakan di Kanada, Australia, New Zealand, Jepang, Israel dan seluruh negara di Eropa.

10. Meningkatkan Sistem kekebalan Tubuh

Susu kambing mengandung mineral selenium, mineral tersebut penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh manusia agar tetap kuat dan berfungsi dengan normal. Susu kambing disebut-sebut dapat meningkatkan kekebalan tubuh seseorang.

Itulah 10 manfaat susu kambing untuk kesehatan tubuh manusia, sebenarnya masih banyak penelitian yang menunjukkan betapa besar manfaat susu kambing dibandingkan susu sapi yang belum diketahui masyarakat. Karenanya saya berharap melalui tulisan ini setidaknya dapat memberi wawasan baru tentang manfaat susu kambing bagi kesehatan.

Semoga bermanfaat. Salam sehat selalu.