Mendigitalkan diri dengan blog?? maksudnya apa ya? Saya memang belum terbilang lama di dunia blogging tapi rasanya koq selalu rindu ingin ngeblog. Seperti kata pepatah “love what you do, do what you love” #eh apa kebalik ya? Ah begitulah kira-kira. Saya mulai ketagihan ngeblog pas hamil anak pertama tahun 2012, sampai sekarang saya hamil anak kedua yang sudah berusia 37 minggu-an lebih. Kalau dulu ngeblognya pakai laptop sekarang juga pakai laptop tapi sejak anak ngerti nonton lewat laptop, laptopnya sering dipakai #rebutan ama emaknya. Akhirnya banyak juga postingan di blog yang tercipta dari ketikan di tablet bukan di laptop. Nah salah satunya postingan untuk lomba blog emak gaoel yang berhadiah smartfren dengan teknologi 4G kali ini, saya ketak ketik dulu di tablet sambil nemenin anak nonton film kartun kesukaannya di laptop. Itu laptop sering di’bajak’ anak juga, terkadang memang lebih praktis ngeblog dari tablet.

Anak sedang asyik nonton dengan laptop

Anak sedang asyik nonton dengan laptop

Meski masih terus mengejar prestasi dalam menulis khususnya di blog, saya sekarang ini ingin sekali mengejar impian lainnya melalui blog. Dengan profesi saya saat ini sebagai tenaga pengajar, saya ingin agar blog yang saya miliki saat ini bisa dimanfaatkan dalam penyampaian bahan mata kuliah yang saya ajarkan di kampus. Selain itu,  mahasiswa jadi lebih akrab dengan yang namanya blog. Maklumlah, di kota saya mengajar ini, internet dan teknologi informasi masih dinomorsekiankan. Bahkan mahasiswa saya hampir semua tidak memiliki email.

Saya yakin dengan mendigitalkan diri dengan blog, saya juga sekaligus memaksimalkan potensi yang ada dalam diri terutama karena mengajar adalah profesi baru bagi saya, maka memanfaatkan blog sebagai media penyampaian berbagai ilmu dan bahan mata kuliah menjadi hal yang ingin saya kejar saat ini. Pengumpulan bahan dari berbagai sumber sudah mulai saya kerjakan, semoga segera bisa merealisasikannya. Agar benar-benar bermanfaat bagi siapapun terutama mahasiswa yang saya ajar di kampus. Go…go…go… Go for it.

***

wps

Ketikan ini awalnya saya buat draftnya. Saya menggunakan aplikasi WPS Office, yang bisa didownload dari Playstore (saya menggunakan android). Aplikasi ini cukup mudah digunakan karena persis seperti ngetik di Word hanya saja ini lebih sederhana, buttonnya tidak banyak, ada icon disket yang fungsinya untuk save/simpan ketikan kita, ada icon panah ke kiri untuk undo, juga icon silang atau X untuk keluar. Aplikasi WPS Office juga berbahasa Indonesia sehingga bagi yang tidak mahir bahasa Inggris bisa menggunakannya dengan mudah.

cymera-android

Foto anak saya yang sedang nonton kartun di laptop itu saya ambil dengan aplikasi Cymera. Aplikasinya sederhana dan otomatis memperbaiki kualitas foto yang kurang baik, seperti tingkat kecerahan foto. Saya ambil 4 kali jepret, dan dapatlah foto aktifitas anak saya seperti sebuah cerita. Lalu untuk beri efek filter mengambang pada keempat foto itu dan saya satukan dengan kolase 4 frame, lalu diberi warna background yang senada. Semuanya sudah tersedia di aplikasi Cymera. Bahkan kalau ingin potong, mempercantik dan menambahkan tulisan di foto semacam watermark atau lainnya bisa juga dilakukan dengan aplikasi Cymera.

imagen-paper-artist-0thumb

Setelah selesai motret anak pakai aplikasi Cymera. Supaya fotonya seperti cerita beneran saya kasi efek semacam dilukis. Nah, kali ini saya pakai aplikasi Paper Artist. Asyik sekali, tinggal pilih mau suasana seperti apa ceritanya. Kalau saya suka sekali dengan efek lukisan minyak, seperti di atas itu hasilnya. Foto yang tadinya biasa jadi seperti di komik-komik. Menurut saya sih begitu, hehe… tapi beneran loh, aplikasi Paper Artist ini, bikin kita semacam jago lukis padahal semuanya tinggal klik sana klik sini aja.

Sebelum mengetik di WPS Office, saya sempat screenshot dulu segala persyaratan lomba blog di blog emakgaoel dengan menggunakan aplikasi Tangkapan Layar. Ini juga saya download dari Playstore. Hanya dengan tekan button beranda bersamaan dengan power selama 2 detik-an. Kenapa saya capek-capek screenshot dulu?? Gini, saya kan online pakai data seluler, kalau bulak-balik lihat syarat lomba kan lumayan makan kuota. Makanya untuk berhemat, saya screenshot dulu jadi kapan saja mau ngedraft tulisan, saya bisa kerjakan tanpa harus online dan menghabiskan kuota internet. Saya agak pelupa, jadi menghindari kesalahan dalam ketentuan dan syarat lomba, ini salah satu cara efektif dan efisiennya. Maklumlah, di kota tempat saya tinggal ini internet terbilang cukup mahal. Bahkan kadang sinyalnya timbul dan tenggelam sedalam-dalamnya. Pusing kan? Makanya harus pake trik untuk hemat kuota internet dan jaga-jaga kalau sinyal tenggelam. Karena ngeblog lewat tablet, saya jadi bisa memanfaatkan berbagai aplikasi yang kece.


Go For It Blog Competition