Kunci untuk memiliki masa depan yang cerah adalah menabung dan berinvestasi sejak dini.
~ Mediana Magdalena 

Zaman kian berubah, hidup tidak lagi bisa hanya dengan kata ‘cukup’ saja. Sejahtera tentu menjadi impian semua keluarga saat ini. Masalahnya adalah kesejahteraan keluarga hanya bisa diraih jika kita mampu mengelola keuangan keluarga dengan bijak. Disinilah peranan ilmu dan wawasan finansial kita diuji. Pertanyaannya adalah sudahkah kita melek finansial?

Sebagai ‘Menteri Keuangan’ dalam keluarga, saya dituntut untuk mau tidak mau harus paham tentang finansial. Saya sendiri masih minim dengan ilmu tersebut tapi bukan berarti kita sebagai perempuan tidak perlu mempelajarinya. Justru menurut saya, perempuan adalah kunci berhasil tidaknya kesejahteraan keluarga dicapai. Oleh karenanya sebagai satu-satunya kunci yang berperan penting dalam keuangan keluarga kelak maka memiliki modal ilmu dan pemahaman finansial mutlak bagi perempuan.

Berbicara tentang keuangan keluarga memang tidak bisa dilepaskan dari kesejahteraan dan perlindungan keluarga. Bisa dibayangkan bagaimana jadinya masa depan anak-anak kita tanpa rencana dan pengelolaan keuangan yang bijak dan tepat. Meskipun pendapatan kita berlebihan bukan berarti masa depan keluarga kita dijamin sejahtera. Sebaliknya bukan berarti pendapatan yang ‘cukup’ atau biasa-biasa saja tidak bisa meraih masa depan keluarga yang sejahtera. Sejahtera atau tidaknya masa depan keluarga sangat tergantung tingkat kesiapan dan kemampuan finansial terutama peranan ‘Menteri Keuangan’ keluarga yaitu seorang istri; ibu dari anak-anak; perempuan yang peduli pada kebahagiaan seluruh anggota keluarganya.

Saya, anda dan kita semua tentu saja tidak ingin bekerja terus-menerus, bekerja mengumpulkan uang yang dapat dengan mudah sekali habis dalam sekejap. Ketika masih muda dan sehat tentulah dengan mudah kita dapat maksimal dalam bekerja. Sebagai ibu rumah tangga, kita juga tidak ingin hidup dalam ketakutan karena ketidaktahuan kita dalam mengelola keuangan telah menjadikan keluarga menjadi korban atas kecerobohan kita. Kita tidak mau itu semua terjadi, bukan? lalu apakah kita sudah siap menerima segala risiko yang mungkin datang, sakit, biaya pendidikan yang semakin tinggi bahkan kematian? meninggalkan keluarga tanpa kesiapan finansial untuk masa depannya tentu akan menjadi beban berat bagi keluarga yang ditinggal karena kematian. Ini jugalah yang menjadi salah satu alasan mengapa kita harus melek finansial.

Solusi dari kesiapan kita menghadapi risiko yang mungkin datang pada keluarga adalah ‘asuransi’. Asuransi tidak hanya bicara soal perlindungan jiwa semata tetapi lebih luas lagi bahwa asuransi bersifat menyeluruh, sebagai tabungan, solusi biaya sekolah anak dan juga bentuk lain dari investasi. Asuransi tidak memandang profesi dan status seseorang karena asuransi memiliki peranan yang penting terutama dalam menghadapi segala masalah finansial termasuk keuangan keluarga.

Sebagai ibu rumah tangga, hal pertama yang perlu kita ketahui adalah bagaimana mengatur pendapatan bulanan menuju kesejahteraan yang kita impikan. Kita dapat memulainya dengan mengikuti langkah-langkah dari Brighter life berikut ini :

sumber : brighterlife.co.id

sumber : brighterlife.co.id

Semakin terlihat jelas bahwa pos asuransi ternyata berperan penting yaitu 10 % untuk mencapai keluarga yang sejahtera. Lalu bagaimana memilih asuransi yang tepat untuk keluarga?

Kita perlu mengetahui dengan pasti, bahwa nama besar sebuah asuransi tidak menjamin kesejahteraan yang kita impikan. Sebaliknya mencermati dan memilih asuransi yang tepat menjadi faktor penting penunjang tercapainya kesejahteraan keluarga.  Setiap keluarga memiliki kondisi keuangan dan kehidupan yang berbeda-beda oleh karena itulah produk asuransi pun harus disesuaikan dengan kedua hal tersebut.

Sebaiknya kita memperhatikan 4 P berikut ini, sebagai pertimbangan dalam memilih asuransi :

1. Prioritas

Setiap keluarga pasti memiliki kebutuhan yang menjadi prioritas. Sebagai ibu rumah tangga maka prioritas utama saya saat ini bukan cuma asuransi jiwa tetapi juga investasi. Karena saya sudah menikah maka memikirkan masa depan tidaklah main-main, ada anak yang saya harus pikirkan dan ada suami yang keselamatannya pun tidak kalah pentingnya sebagai kepala rumah tangga yang mencari nafkah untuk kami sekeluarga.  Investasi dan perlindungan keluarga adalah yang utama saat ini.

13

2. Premi

Dalam memilih asuransi, kita juga perlu memikirkan premi asuransinya. Sesuaikan dengan kemampuan kita. Menurut para ahli keuangan sebaiknya besaran premi asuransi tidak lebih dari 10-15 % dari pendapatan tetap keluarga. Itu bisa jadi kunci atau dasar kita memilih asuransi yang tepat untuk keluarga.

3. Perusahaan

Reputasi perusahaan dimana kita akan menjadi pelanggan produk asuransi sangat penting. Ada berbagai cara yang bisa kita lakukan untuk mengecek perusahaan asuransi tersebut. Mulai dari mencari tahu dari mesin pencari ‘google’, bertanya kepada teman, keluarga atau langsung bertemu dengan agennya. Satu hal yang perlu dipastikan adalah nama perusahaan asuransi yang kita pilih terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta memiliki agen-agen yang sudah berlisensi dari AAJI dan AAUI. Jika belum terdaftar dan agennya tidak berlisensi sebaiknya dibuang jauh-jauh, karena akan membahayakan dan berisiko untuk dipilih.

4. Polis

Sama seperti membeli barang, kita memang ingin produk asuransi yang banyak kelebihannya tetapi memperhatikan kekurangannya juga penting. Jangan sampai setelah tanda tangan kontrak kita merasa tertipu karena tidak jeli membaca polis asuransi tersebut. Keterbukaan pada agen yang kita pilih dan percaya sangat penting agar terjalin komunikasi dan saling percaya. Dengan begitu, agen dapat membantu dan mengarahkan agar kita berhasil dalam mengajukan klaim.

SUN LIFE adalah satu dari sekian banyak perusahaan asuransi yang ada di dunia saat ini yang mengerti akan kebutuhan dan masalah finansial keluarga. SUN LIFE mampu membantu para ‘Menteri Keuangan’ keluarga seperti saya ini untuk bijak mengelola keuangan keluarga sehingga siap menghadapi risiko apapun kelak. SUN LIFE juga merupakan perusahaan penyedia layanan jasa keuangan internasional terkemuka yang telah membangun kekuatan selama lebih dari 140 tahun.

Mengapa SUN LIFE?

1. SUN LIFE memiliki misi yang  sama dengan saya

Sesuai dengan misi utamanya dimana SUN LIFE ingin membantu keluarga Indonesia mencapai kesejahteraan dengan kemapanan finansial maka ini tepat sesuai dengan harapan keluarga Indonesia termasuk saya. Sejahtera dan mapan finansial, ini benar-benar impian saya.

2. SUN LIFE memiliki produk dan layanan yang saya butuhkan

SUN LIFE menawarkan produk-produk mulai dari produk asuransi pendidikan dan kesehatan, hingga perencanaan masa pensiun, serta investasi. Semua produk tersebut menjawab tiga kebutuhan keuangan yang mendasar: kebutuhan akan perlindungan, kebutuhan akan tabungan dan kebutuhan akan investasi.

Dok. sunlife.co.id

Dok. sunlife.co.id

Saya sendiri sangat tertarik dengan SUN LIFE Asuransi Syariah. Alasannya jelas karena saya meyakini bahwa dasar dan konsep dari asuransi syariah dapat membuat hati saya tenang, selamat dunia dan akhirat. Karena nilai syariah itu sendiri pada dasarnya bersifat universal (untuk semua orang tanpa memandang golongan tertentu) juga prinsip saling tolong-menolong di dalamnya membuat saya semakin yakin bahwa tidak akan ada yang dirugikan di dalam SUN LIFE asuransi syariah ini.

Produk dan Layanan Asuransi Syariah (sumber : Sun Life Financial Indonesia)

Produk dan Layanan Asuransi Syariah (sumber : Sun Life Financial Indonesia)

Sesuai dengan prioritas saya, maka saya merasa cocok sekali dengan produk “Brilliance Hasanah Protection Plus” yang merupakan unit linked kontribusi tunggal, dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan perlindungan jiwa dan investasi yang dikelola berdasarkan prinsip-prinsip syariah. Keunggulan yang menurut saya sangat istimewa dari produk tersebut adalah ‘tersedia fasilitas Layanan Medis Darurat Domestik dan Internasional dari SOS International yang diberikan secara gratis untuk Kontribusi Tunggal mulai dari Rp100.000.000′. Saya selalu merasa bahwa bantuan saat darurat itu sangat berharga. Bayangkan ketika tak seorangpun bisa kita bebani dengan musibah yang menimpa kita maka ketika ada fasilitas tersebut tentu akan sangat membantu sekali.

Pilihan Dana Investasinya pun ada 2, yaitu:

  1. Salam Equity Fund
    Dana Investasi akan ditempatkan di sahan syariah (>80%) dan pasar uang syariah (<20%). Dengan komposisi ini, Salam Equity Fund merupakan pilihan tepat untuk Anda yang menginginkan hasil investasi yang tinggi sesuai dengan tinggat risiko yang akan ditanggung.
  2. Salam Balanced Fund
    Dana Investasi ini ditujukan untuk Anda yang menginginkan hasil investasi optimal melalui penempatan alokasi investasi di berbagai instrument investasi syariah. Dana Investasi Anda ditempatkan pada saham (<75%) dan/atau pendapatan tetap (<100%).

Selain pilihan dana investasi bisa disesuaikan dengan keinginan kita, pengelolaan dana investasinya pun sangat transparan karena dapat dipantau di beberapa surat kabar nasional terkemuka atau kunjungi www.sunlife.co.id dimana Harga Unit dihitung secara harian. Tidak perlu kuatir karena Sun Life Financial Indonesia juga bekerja sama dengan manajer investasi terpercaya dan berkelas dunia untuk mengelola dana investasi kita sehingga sebisa mungkin kita akan selalu dalam arahan yang terbaik. Mempercayakan dana investasi pada orang yang ahli di bidangnya tentu akan menenteramkan hati bukan?

3. SUN LIFE memiliki reputasi dan prestasi yang sangat baik

Reputasi dan prestasi memang harus seiring. Saya melihat bahwa SUN LIFE adalah perusahaan asuransi yang tidak hanya terkemuka karena terkenal di dunia tetapi lebih daripada itu reputasinya positif. Bahkan di tahun 2012 saja, SUN LIFE telah menjadi perusahaan asuransi terbaik  nomor 1. Itu artinya keberadaan SUN LIFE memang diakui karena keberhasilannya mengelola keuangan peserta asuransi dengan sangat baik.

Dok. randelltiongson.com

Dok. randelltiongson.com

Meski masih tergolong baru atau sekitar 4 tahun (produk dan layanan syariah di SUN LIFE dimulai sejak Desember 2010). Pada tahun 2014 ini saja, berhasil meraih peringkat pertama untuk Best Risk Management, ini sangat luar bisa menurut saya, karena prestasi ini menunjukkan bahwa SUN LIFE memang mampu menjaga amanah, menjauhkan segala risiko keuangan yang mungkin menerpa sehingga semua peserta asuransi merasa aman dan tenang. Menurut saya, prestasi tersebut adalah yang terpenting dan utama untuk sebuah perusahaan finansial.

Dok. Sun Life Financial Indonesia

Dok. Sun Life Financial Indonesia

Ketiga hal diatas sudah cukup untuk membantu saya memilih asuransi yang baik. Ketiganya juga membuktikan bahwa SUN LIFE merupakan perusahaan asuransi yang sangat peduli kepada keluarga Indonesia. Melalui produk dan layanan asuransi syariah, SUN LIFE menunjukkan caranya berbagi dengan semua tanpa memandang golongan tertentu.

Potongan cerita inspirasi berikut ini dapat semakin meyakinkan kita betapa kita harus melek finansial :

Testimoni oleh Retty Nereng 'Bersahabat dengan kanker' (Dok. brighterlife.co.id)

Testimoni oleh Retty Nereng ‘Bersahabat dengan kanker’ (Dok. brighterlife.co.id)

Testimoni Bapak Kardi 'Mengapa Anda Butuh Perencanaan Keuangan?' (Dok. brighterlife.co.id)

Testimoni Bapak Kardi ‘Mengapa Anda Butuh Perencanaan Keuangan?’ (Dok. brighterlife.co.id)

Saya senang melalui tulisan ini saya bisa mengajak perempuan di Indonesia yaitu para calon ‘Menteri Keuangan’ keluarga untuk bersama-sama melek finansial. Semoga video di bawah ini juga bisa memberi kita pemahaman mengenai keuangan sehingga kita semakin sadar betapa pentingnya ‘melek finansial‘ itu untuk kaum perempuan.

Perempuan yang melek finansial berarti peduli pada perlindungan dan masa depan keluarga

Semakin banyak perempuan yang melek finansial berarti semakin banyak keluarga Indonesia yang sejahtera

Yuk sama-sama kita jadi perempuan cerdas dengan melek finansial, untuk membantu mewujudkan kesejahteraan Indonesia

Karena kita semua kaum perempuan adalah ‘Menteri Keuangan’ keluarga

Semakin hebat ‘Menteri Keuangannya’ semakin mudah meraih kesejahteraan keluarga Indonesia

Sumber referensi :

http://www.sunlife.co.id/
http://brighterlife.co.id/