Dunia ini penuh misteri, tak satupun dari garis hidup yang bisa kita prediksi. Begitu juga dengan kehadiran sang buah hati. Setiap perempuan sudah dianugerahi rahim pada dirinya. Itu artinya rahim perempuan sejak awal sudah ditetapkan sebagai tempat terbaik untuk lahirnya generasi penerus bangsa yang sehat dan cerdas.

Sebuah data statistik menyebutkan 15 % dari pasangan di dunia ini mengalami kemandulan. Artinya mereka tidak mampu mendapatkan kehamilan setelah berhubungan seks tanpa alat KB selama lebih dari 1-1,5 tahun. Tetapi saya meyakini, itu bukanlah akhir segalanya. Toh, ada yang sudah menikah lebih dari 1,5 tahun diberi keturunan bahkan ada yang lebih dari 5 tahun akhirnya diberi keturunan juga. Contoh kasusnya banyak, orang-orang yang saya kenal banyak yang tidak langsung diberi keturunan ketika sudah menikah, tapi akhirnya mereka mendapatnya meski dalam waktu yang tidak cepat. Bahkan di usia yang tidak lagi muda, banyak wanita masih diberi kesempatan untuk mengandung anak. Kata medis ini tidak mungkin, tapi nyatanya itu mungkin dan banyak terjadi dalam kehidupan manusia.

Misteri. Kata yang paling tepat ditujukan pada kesuburan. Namun segala usaha masih bisa dilakukan jika ingin hamil. Berdasarkan apa yang saya ketahui cara agar cepat hamil berikut ini bisa dicoba. Salah satunya adalah cara non medis, artinya kita tidak melibatkan tenaga medis termasuk pihak rumah sakit. Sifatnya lebih kepada usaha sendiri dulu. Beberapa usaha tersebut diantaranya :

a. Mengkonsumsi makanan dengan nutrisi yang baik

Bagaimanapun makanan adalah hal yang utama untuk menunjang kualitas kesehatan kita. Bagi pasangan yang ingin subur sebaiknya memperhatikan hal yang satu ini. Ketika ingin segera hamil sebaiknya makanan-makanan pengendali berat badan dihindari dulu. Pilih makanan yang menyehatkan dengan gizi seimbang. Utamakan makanan yang berprotein tinggi, mengandung asam lemak esensial, mineral dan juga vitamin. Konsumsi sayuran, buah, kacang-kacangan dan biji-bijian. Lalu jika berbelanja sebaiknya pilihlah yang segar dan olahlah makanan tersebut dengan benar karena jika tidak gizinya bisa rusak. Satu hal lagi yang paling penting menyangkut makanan, jika ingin subur sebaiknya stop makanan yang berpengawet termasuk makanan dalam kemasan yang mengandung pengawet. Mie instan dan kawan-kawannya, keripik-keripikan dan lain-lain.

b. Memperhatikan berat badan

Bagi pria terutama yang ingin segera isterinya hamil, maka sebaiknya perhatikan berat badan. Karena sebuah informasi menyebutkan badan yang terlalu gemuk akan menyebabkan suhu badan di sekitar testis akan ‘memanas’. Hal tersebut dapat mengganggu proses spermatogenesis. Sedangkan untuk wanita, masalah berat badan sangat erat hubungannya dengan hormon estrogen yang dihasilkan oleh lemak. Jika berat badan tidak ideal kuatirnya akan mengganggu siklus haid. Padahal haid yang teratur juga pertanda kesuburan seorang wanita.

c. Menjalankan pola hidup sehat

Kembali lagi ke gaya hidup sehat. Ini juga penting karena rokok dan alkohol diduga dapat menganggu kesuburan. Alkohol apabila terbawa oleh darah bisa masuk ke dalam aliran darah janin melalui plasenta. Sebuah informasi menyebutkan hal tersebut dapat menyebabkan keterbelakanga mental pada bayi. Jangan sampai ini terjadi, karena bisa jadi karena kesalahan orangtua, si anak yang menanggung beban tersebut seumur hidupnya. Satu lagi yang terpenting adalah berolahraga. Meski hanya gerak jalan dan lari di sekitar komplek rumah di pagi hari akan ada manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

d. Ingat masa subur

Wanita memiliki masa suburnya yaitu pada saat sedang berovulasi. Tandanya biasanya suhu badannya sedikit lebih hangat. Atau bisa juga diketahui melalui kalender haid-nya, masa suburnya adalah 14 hari setelah masa haid selesai. Jika ingin segera memiliki anak, biasanya dokter akan menyarankan untuk ‘mendekati’ ketika masa subur tersebut datang.

Demikianlah, semoga misteri masalah kesuburan ini tidak menjadi beban bagi isteri maupun suami, namun bersama-samalah menemukan cara terbaik untuk menyelesaikannya. Yakinlah, setiap usaha yang baik tentu akan mendapatkan hasil yang baik. Semua masih menjadi rahasia Sang Ilahi. Kita hanya bisa berusaha setidaknya dengan apa yang kita miliki, menjaga tubuh dan memberikan yang terbaik untuk tubuh kita.

Salam sehat selalu!