Mudik, tiap tahun Indonesia disibukkan dengan kegiatan mudik. Mudik sudah seperti tradisi tahunan di Indonesia. Kampung halaman yang berjarak puluhan kilometer sampai ratusan kilometer jauhnya pun dilalui demi bertemu dengan sanak keluarga. Momen mudik ini kerapkali menjadi alasan kenapa orang mau-maunya menabung selama setahun sebelumnya. Setahun bekerja keras, lalu mudik dan membawa banyak oleh-oleh untuk keluarga di kampung.

Kita memang tidak bisa menghindari kebiasaan mudik tersebut, bagaimanapun lelah dan banyaknya pengeluaran ketika mudik tapi terbayar dengan kebahagiaan ketika bisa berkumpul bersama sanak keluarga. Tapi yang jadi perhatian bersama adalah kendaraan yang kita pergunakan selama mudik. Mudik tahun lalu, saya bersama keluarga besar melakukan perjalanan yang cukup panjang. Setelah menggunakan pesawat untuk terbang dari Jakarta ke Padang, kami masih harus menyewa mobil dari Padang menuju kampung halaman kami Padangsidimpuan.

Ketika menyewa mobilĀ dari rental yang kami percayai. Kami bersikukuh tidak mau menggunakan mobil selain merek Toyota. Ini bukan masalah fanatik atau cinta berlebihan pada Toyota, ini masalah keamanan dan kenyamanan di perjalanan. Kami percaya hanya mobil Toyota yang membuat kami tenang dan nyaman. Karena kami harus menghabiskan semalam di perjalanan, bisa dibayangkan jika mobil yang kami sewa ternyata kurang baik tentu perjalanan kami akan banyak sekali terganggu dan itu tentu bukan impian mudik yang menyenangkan bagi kami sekeluarga, terlebih lagi karena saya membawa anak yang masih berusia 1 tahun.

Syukurnya kami mendapatkan mobil Toyota Avanza, kami sedikit berbincang dengan supirnya. Kami memintanya untuk mengecek keadaan mobil sebelum melakukan perjalanan jauh ini. Sang supir dengan senang hati melakukannya, di depan kami dia memeriksa semua kesiapan mobil menuju ke Padangsidimpuan. Akhirnya kami pun berangkat dengan tenang setelah sang supir memastikan semua sudah aman dan siap dikendarai. Kami melewati jalan demi jalan, melalui tikungan demi tikungan, semua lancar dan perjalanan kami berakhir dengan selamat tanpa kekurangan apapun. Inilah kenyamanan mudik dengan part Toyota asli. Kenyamanan mudik yang saya dan keluarga harapkan. Jika bukan karena menggunakan suku cadang asli tentu kenyamanan ini ‘mahal’ harganya apalagi nyawa bisa menjadi taruhannya. Terimakasih pak Supir dan pemilik rental karena sudah menggunakan part Toyota asli bukan yang abal-abal alias palsu. Semoga pemilik rental tersebut tetap konsisten untuk bilangĀ ‘no palsu’ pada suku cadang abal-abal, agar mudik tahun depan juga berjalan dengan nyaman.

Tulisan ini asli karya penulis dan sedang diikutsertakan dalam ‘No Palsu Blog Competition’