Makkk, ada yang ngalamin seperti yang saya alami ini? Iya, menyikat gigi benar-benar butuh perjuangan karena ternyata mual dan muntah mendera saat menyikat gigi ketika sedang hamil. Hamil pertama dan hamil kedua ini, masalah yang satu ini gak berubah sama sekali. Tetap jadi kendala. Kira-kira apa ya yang bikin mual muntah saat menyikat gigi ketika hamil? Saya juga penasaran, tapi saya menduga mungkin beberapa hal ini bisa jadi penyebabnya :

1. Aroma

Ini yang pertama kali saya rasakan dan duga-duga penyebab utamanya adalah aroma pasta gigi yang dipakai ketika menyikat gigi. Iya, saya pernah menggunakan pasta gigi bermerek tertentu sebut saja P. Itu rasanya gak kuat langsung kepengen muntah dan huek-huek beberapa kali. Kapok deh! gak tau ya kalau ibu hamil lainnya gimana, mungkin beda-beda ceritanya. Tapi yang jelas, saya memang gak cocok alias gak jodoh sama pasta gigi yang satu itu. Pasalnya bukan malah rajin sikat gigi yang ada malah tambah malas sikat gigi. Ampuun deh! Nah sebaiknya, carilah pasta gigi yang aromanya disukai sehingga tidak bikin mual muntah ibu hamil ketika menyikat gigi. Mungkin aroma buah yang segar atau yang tak beraroma aja sekalian.

2. Busa

Nah, ini yang kedua ini juga saya duga-duga salah satu penyebab mual muntah saat menyikat gigi terutama ketika kita sedang hamil. Busa ini koq ya bikin gak enak di mulut. Akhirnya jadi mual dan muntah ketika menyikat gigi. Apa ada yang Β ngerasain seperti yang saya rasakan? yang jelas saya benar-benar merasa busa dari pasta gigi itu menganggu sekali karena mengundang mual muntah ketika hamil. Saran saya, carilah pasta gigi yang tidak berbusa-busa biar tidak mual dan muntah waktu menyikat gigi. Mungkin ada beberapa merek pasta gigi yang busanya luar biasa banyaknya tapi ada juga loh yang tanpa busa.

3. Sikat gigi

Ini, juga bisa jadi penyebab mual muntah saat menyikat gigi ketika hamil. Saya duga ini lumayan memberi pengaruh kenapa kita mual muntah saat menyikat gigi. Sikat gigi yang berbulu kasar bikin gusi dan bibir berdarah, yang ada kita justru jadi sariawan dan tambah malas menyikat gigi. Sebaiknya, pilihlah sikat gigi yang berbulu lembut supaya tidak melukai. Dengan begitu kita jadi senang menyikat gigi. Disebutkan bahwa ketika hamil gusi kita menjadi lebih lunak dan lembut karenanya penting sekali menemukan sikat gigi yang berbulu halus dan lembut sehingga tidak nyaman di mulut dan aman untuk gusi.

4. Cara menyikat gigi

Poin terakhir ini, saya duga juga menjadi penyebab mual muntah saat menyikat gigi ketika sedang hamil. Cara menyikat gigi ternyata memberi pengaruh besar juga loh. Saya pernah coba menyikat gigi dengan sedikit cepat dan terburu-buru karena takut keburu muntah sebelum selesai sikat gigi, eh yang ada malah melukai bagian dalam mulut. Kayak kesodok benda tumpul, bikin nyeri dan sakit. Kalau sudah begini, memang jadi malas juga menyikat gigi karena sakitnya lumayan bikin jera. Karenanya sebaiknya kalau sedang hamil, menyikat gigi pelan-pelan saja terutama kalau pasta gigi dan sikat giginya sudah cucok alias pas, insyaallah menyikat gigi ketika hamil menjadi nyaman dan menyenangkan.

Semoga tips sederhana tentang menyikat gigi ketika sedang hamil ini memberi sedikit pencerahan buat yang sedang mengalami mual muntah karena menyikat gigi. Semoga jadi tambah rajin dan senang sikat giginya ya.

Happy Preganancy Moms!