Pulau Weh, Sabang (sumber : indonesia.travel)

Membayangkan berada di sebuah pantai yang indah, terdampar di pulau bernama Weh, Sabang, Indonesia. Sambil menikmati pemandangan yang membuat hati tak henti-hentinya berdecak kagum, mulut yang tak henti-hentinya berucap ‘subhanallah’. Inilah dia cerita impian pariwisata bahariku, di pulau vulkanik kecil yang terletak di Laut Andaman, paling barat dari Kepulauan Indonesia. Dimana didalamnya ada ‘surga’ tersembunyi.

Pulau Weh, here I come…..

Ini dia hal yang ingin saya lakukan seandainya di Pulau Weh, Sabang :

Saya ingin menikmati pantai di Pulau Weh, Sabang : Pantai Pulau Weh terkenal dengan Hiu mulut besar, bahkan terdapat katak yang disebut-sebut langka karena hampir punah yang hanya ada disana yaitu  Bufo valhallae (genus Bufo). Saya berharap bisa menemukan semua itu ketika berada di Pulau Weh, Sabang. Saya juga berharap bisa menikmati sunset disana, sepertinya akan sangat indah sekali sambil ditemani suasana alam yang masih sangat asri.

Saya ingin melakukan snorkling : Pulau Weh juga memiliki terumbu karang, dimana didalamnya terdapat berbagai spesies ikan. Tentu ini akan menjadi pengalaman snorkling pertama yang menyenangkan buat saya.

Pulau Rubiah Sabang

Keindahan alam bawah laut di Pulau Rubiah (sumber : iloveaceh.org)

Saya ingin diving : Ada sebuah pulau kecil di Pulau Weh bernama Rubiah. Pulau Rubiah terkenal sebagai tempat pariwisata menyelam karena terumbu karangnya. Bahkan ada juga yang menyebutkan banyak warga muslim Indonesia pergi kesana sebelum dan sesudah berangkat haji. Mereka menyebutnya dengan Haji laut. Ini membuat saya semakin penasaran ingin ke Pulau Rubiah yang ada di Pulau Weh.

Saya ingin melihat langsung berbagai spesies ikan di kedalaman air di Pulau Weh : Beberapa spesies ikan yang bisa saya lihat nanti adalah Pogonoperca ocellata, Chaetodon gardneri, Chaetodon xanthocephalus, Centropyge flavipectoralis, Genicanthus caudovittatus, Halichoeres cosmetus, Stethojulis albovittatus, Scarus enneacanthus, Scarus scaber dan Zebrasoma desjardinii. Ini pasti akan jadi pariwisata bahari ilmiah pertama saya yang mengagumkan.

Saya ingin tidur di dalam ayunan jaring tempat tidur yang terikat di dua pohon kelapa : saya pernah punya impian ingin tiduran di pantai sambil menikmati pemandangan yang ada di sekitar. Membayangkan tidur sambil berayun di jaring tempat tidur yang menghadap laut sepertinya akan menjadi ‘pengubah’ suasana hati yang bad mood.

Saya ingin bermain pasir di pantai-pantai yang ada di Pulau Weh, Sabang : Dari informasi yang saya baca, disana ada beberapa pantai yang indah dan layak untuk dikunjungi. Jika berada di Pulau Weh, saya ingin menikmati Pantai Iboih, Pantai Gapang dan Pantai Anoi Hitam. Kalau ingin menikmati pasir putih dan pantai berkarang maka Pantai Iboih adalah jawabannya. Sementara itu, Pantai Gapang adalah pantai berpasir putih dengan air yang jernih sedangkan Pantai Anoi Hitam adalah pantai satu-satunya berpasir hitam yang ada di Sabang.

Pantai Iboih di Pulau Weh Sabang Berpasir Putih dan Berkarang

Pantai Iboih di Pulau Weh Sabang Berpasir Putih dan Berkarang (sumber : indonesiacruising.blogspot.com)

Pantai Gapang di Pulau Weh Sabang

Pantai Gapang di Pulau Weh Sabang Berpasir Putih Air Jernih (sumber : tourtravellerz.com)

Pantai Anoi Hitam Sabang

Pantai Anoi Hitam Berpasir Hitam Satu-Satunya di Pulau Weh (Dok. Akmal, sumber : mimzee24.blogspot.com)

Meskipun baru sekedar impian, saya yakin kelak akan sampai di Pulau Weh, Sabang. Mungkin belum saat ini, semoga kelak bisa benar-benar merealisasikan impian pariwisata bahari istimewa di Aceh ini. Semoga….

Jika ingin mendapatkan banyak informasi seputar pariwisata di Aceh silahkan mampir ke website http://disbudpar.acehprov.go.id/ ya….

Pariwisata Aceh Pesona Bahari Sabang