MYCODnya


Review dan cara menggunakan fitur My COD My(Cash On Digital) dari aplikasi smartphone My JNE, di aplikasi My JNE sebenar ada banyak fitur lain yang sangat berguna untuk kamu gunakan sehari-hari, seperti My Tariff untuk melihat atau mencari berapa biaya dari pengiriman misal: 1kg beras dari Jakarta ke Pekanbaru , My Shipment berguna untuk lacak atau tracking pengiriman misal: Raket badminton yang saya beli, 2 hari yang lalu sudah dimana posisinya sekarang? , My Location my location berguna untuk mencari lokasi gerai JNE yang terdekat dari lokasi anda berada dan My COD atau My Cash On Digital yang akan saya kupas tuntas untuk sobat rodame.


MYCOD-MYJNE-1


Aplikasi MyJNE beserta semua fitur yang saya sebutkan diatas dapat kamu miliki gratis dengan cara download aplikasinya langsung melalui Googleplay pada smartphone kamu yang memiliki sistem operasi android, atau silahkan klik tautan berikut KLIK untuk dapat segera menggunakan dan merasakan kemudahan, kecepatan, keamanan dan keuntungan dari aplikasi MyJNE.

Apa itu My COD?
My COD My(Cash On Digital) adalah Fitur aplikasi My JNE, yang berguna sebagai alat mediasi transaksi online khususnya jual beli online, dimana yang berperan sebagai mediator adalah JNE, mirip dengan rekening bersama.

1. 10 Keuntungan menggunakan MYCOD
1. Siapapun bisa berjualan dimanapun dan Kapanpun.
2. Belanja online dimana saja tanpa rasa takut dibohongin.
3. Transaksi jual beli aman karena ada mediator terpercaya (JNE).
4. Proses TOPUP mudah layaknya beli pulsa.
5. Transfer uang mudah dan cepat kesesama pengguna My COD.
6. Poin Melimpah hadiah melimpah.
7. Aplikasinya mudah digunakan (user friendly).
8. Gogreen Hemat Kertas Hemat biaya.
9. Hemat waktu.
10. Pencairan dana mudah dan cepat.

2. How to Use atau Cara Penggunaan fitur My COD dan My COD Wallet

So, sekarang saya akan lanjutkan kupas tuntas cara penggunaan fitur My COD dari aplikasi My JNE. My COD adalah fitur aplikasi yang terdapat dari aplikasi My JNE yang memiliki fungsi sebagai mediator pembayaran jual beli online, selama ini JNE sebenarnya telah berperan menjadi mediator pengiriman barang dan jelas telah dipercaya oleh banyak konsumen dalam dan luar negeri, jadi ngga ada alasan buat sobat rodame untuk tidak percaya atau ragu akan kemampuan mereka untuk menjaga kepercayaan tersebut. Mediator pembayaran atau penengah atau bisa juga disebut sebagai saksi pihak ketiga dalam perjanjian jual beli, yaitu pihak ketiga yang disepakati oleh pihak penjual dan pembeli untuk menjadi orang yang dipercaya yaitu dalam kasus ini JNE sebagai mediator yang dipercaya yaitu sebagai media pembayaran dan pelindung sejumlah uang dalam bentuk digital yang memiliki nilai yang sama dengan uang sebenarnya, untuk lebih jelasnya silahkan lihat ilustrasi berikut.


proses-jula-beli-online-MYJNE


Penjelasan dari gambar diatas:

1. Penjual membuat order pada aplikasi MyCOD
2. (Pembeli menerima notifikasi order barang) Pembeli membayar pesanan menggunakan MYCOD
3. (Penjual menerima notifikasi pembayaran) Penjual mengirim barang pesanan ke JNE
4. Pembeli mendapatkan notifikasi bahwa barang sudah dikirim
5. Barang diterima Pembeli lalu konfirmasi barang diterima
6. Penjual menerima pembayaran barang yang dipesan pembeli

*setiap proses di mediasi oleh My JNE, Mudah, Cepat dan amankan!.
*PENTING! Transaksi My COD menggunakan No telepon yang valid dari pembeli dan penjual serta terdaftar pada aplikasi my COD

A. Misal Kamu Berperan Sebagai Penjual :

Seorang pembeli SMS/chat/email ke kamu ingin membeli sepatu yang lagi diskon besar, dan ingin melakukan pembayaran dengan menggunakan aplikasi My JNE yaitu fitur My COD, dan anda sebagai penjual setuju untuk melakukan transaksi pembayaran sejumlah barang yang dibeli tersebut dengan menggunakan aplikasi My COD sebagai alat mediasinya. Katakanlah deal dan pembayaran sejumlah barang pesanan tersebut dengan MyCOD, layaknya transaksi biasa/offline, penjual biasanya membuat faktur untuk pembelian barang, begitu juga dengan My COD anda sebagai penjual diwajibkan untuk membuat order terlebih dahulu pada aplikasi my COD setiap kali akan melakukan transaksi penjualan.
CARA-1-MYJNE-APPS

Asumsinya kamu sudah instal aplikasi My JNE, kemudian buka aplikasi My JNE lalu klik tombol My COD yang berposisi di bagian panel bawah, untuk yang baru kali pertama menggunakan aplikasi ini, sobat rodame akan dibawa ke layar login dan pendaftaran. Pada layar ini sobat rodame dipersilahkan untuk melakukan pendaftaran terlebih dahulu, mohon isi form pendaftaran dengan nama lengkap dan asli hal ini sangat diperlukan untuk mempermudah penjual dan pembeli pada saat proses transaksi nantinya. (klik /lihat gambar untuk lebih jelasnya).

A. DAFTAR My COD

CARADaftar-MYJNE


Daftar -> Cek Email -> Cek Folder SPAM -> Klik Confirm -> Login MyJNE (dengan nomor telepon yang didaftarkan tadi dan beserta password yang anda buat).


B. LOGIN My COD
LOGIN


B1. MEMBUAT ORDER PESANAN
order-barang

Klik tanda + -> Nama Order -> Nomor telepon pembeli! cek centang (perlu ada tulisan cek nomor telepon) -> akan muncul detail pembeli seperti nama lamat email alamat pembeli akan tertera (jika belum diisi ada baiknya pembeli disuruh melengkapi lebih dulu, untuk menghindari kesalahan input alamat) -> isikan harga per barang dan jumlah barang yang dibeli aplikasi MyCOD akan otomatis melakukan perhitungan hasil atau nilai semua pesanan tersebut -> isikan jumlah biaya pengiriman (gunakan fitur MyTarif untuk mengetahui biaya pengirimannya, kenapa ngga otomatis? sebab berat dari pesanan dan kesepakatan antar pembeli dan penjual berbeda2, misal biaya packing kayu, asuransi, berat barang hanya penjual yang tahu. -> untuk menyelesaikan proses pembuatan order pemesanan barang klik create order.

Setelah order dibuat penjual, My JNE akan mengirim notifikasi yaitu notifikasi SMS dan notifikasi pesan melalui myJNE kepada pembeli bahwa order telah dibuat dan silahkan untuk melakukan pembayaran kepada penjual agar barang pesanan pembeli dapat segera dikirimkan oleh penjual. lihat gambar untuk lebih jelasnya


notifikasi


B2. NOTIFIKASI ORDER
Pembeli menerima notifikasi SMS ke nomor telepon pembeli dan Pesan ke aplikasi My JNE pembeli pada kolom order, pada kondisi ini pembeli diharapkan untuk membayar pesanan tersebut dengan menekan tombol PAY (Bayar) jika dana pada My COD tidak mencukupi atau belum ada silahkan TOPUP terlebih dahulu, caranya ada pada bagian akhir artikel ini.

B3. NOTIFIKASI SUDAH BAYAR

Penjual menerima notifikasi bahwa barang pesanan sobat sudah dibayar, pada kondisi ini penjual wajib segera melakukan pengiriman barang kepada pembeli sesuai dengan alamat yang telah disepakati atau sesuai dengan biodata pembeli.

B4. PENJUAL KIRIM DAN INPUT RESI
Setelah penjual melakukan pengiriman barang, penjual akan menerima nomor resi pengiriman dari pihak JNE, nomor resi pengiriman ini harus segera diinput (manual atau scan barcode) ke dalam My COD agar transaksi jual beli ini dapat segera dicairkan oleh penjual, nomor resi menjadi bukti barang telah dikirim oleh penjual dan sebagai bukti yang diperlukan pada saat prosess CASH OUT nanti.

B5. PEMBELI TERIMA BARANG

Pembeli, tenang dan tunggu barang sampai dirumah, My JNE akan bekerja dan memberitahukan bahwa barang pesanan telah dikirimkan, sudah sampai dimana, dan sampai pesanan sudah tiba dikota anda. Setelah barang diterima oleh pembeli, saat ini pembeli diwajibkan untuk melaporkan bahwa telah menerima barang sesuai dengan pesanan melalui aplikasi My COD. Kanapa? agar penjual dapat segera mencairkan dana yang dikirimkan oleh pembeli.

B6. PENJUAL CASH OUT
Selanjutnya, setelah barang diterima pembeli dan tidak ada masalah, My JNE akan mengirimkan uang hasil penjualan tadi kepada penjual berdasarkan instruksi penjual, jika penjual ingin menahan atau menabungkan hasil penjualan dan mencairkannya saat dibutuhkan, tentu tidak akan jadi masalah dana atau uang penjual tidak akan hilang dan dijaga dengan aman oleh JNE.

Aplikasi ini membutuhkan kerjasama kedua belah pihak (penjual dan pembeli) dan mengedepakan sikap kejujuran agar proses transaksi berjalan sukses. Jika salah satu pihak tidak melakukan kewajibannya, transaksi My COD akan otomatis gagal atau Batal. Dengan begini ketakutan pembeli dan penjual akan kejahatan online sudah ngga jadi masalah lagi, setelah membaca review dan cara penggunaan My COD pada aplikasi my JNE ini, saya yakin sobat rodame sependapat dengan saya bahwa bertransaksi jual beli online menggunakan My COD sudah pasti Mudah, Aman dan Nyaman Kan!.

B. Misal Kamu Berperan Sebagai Pembeli

Pembeli adalah raja, dengan aplikasi My COD kamu juga diperlakukan seperti itu, hanya dengan menjentikkan jari maka proses transaksi pembelian barang selesai dan tinggal tunggu barang pesanan sampai dirumah. Setidaknya kamu hanya membutuhkan 1 kali klik yaitu klik tombol bayar, selebihnya biarkan My JNE yang urus semuanya, Hail the King!.

*Asumsinya sobat sudah TOP UP dana ke My COD Wallet dengan cara transfer sejumlah uang sesuaikan dengan kebutuhan belanja, ya! jangan boros-boros. Kalau mau TOP UP lebih juga ngga akan ada masalah, siapa tahu nanti sobat butuh buat bayar atau beli barang lain lagi, dana di My COD ngga bakalan hilang, tenang JNE bertanggung jawab atas dana yang sobat TOP UP tersebut tidak akan hilang atau terpotong kecuali sobat yang belanjain, oh iya ada baiknya sobat juga baca syarat dan ketentuan penggunaan MyJNE untuk mengetahui hak masing-masing pengguna dan pemilik aplikasi yaitu JNE.

My COD Wallet
My COD Wallet menurut saya sebenarnya merupakan fitur penyokong dari fitur My COD, dimana My COD wallet berperan sebagai Dompet Digital pengguna, kalau mau belanja online? tapi dompet kosong tinggal TOP UP dengan MYCOD wallet, mau mencairkan dana, dari penjualan online dengan My COD tinggal CASH OUT ke nomor rekening pribadi, ingin tahu transaksi dan belanja apa saja di My COD cukup klik tombol HISTORY, ingin transfer duit kesesama pengguna tinggal gunakan tombol TRANSFER.

Cara TOP UP : Memasukkan dana kedalam My COD Wallet alias Dompet Digital
Via ATMΒ  Permata Bank

  1. Pilih transaksi lainnya
  2. Pilih transaksi Pembayaran
  3. Pilih Lain-lain
  4. Pilih Pembayaran virtual Account
  5. Masukkan jumlah uang yang ingin di TOP UP
  6. Masukkan kode VA (Virtual Account) 16 Digit ( lihat pada profil anda pada My JNE)

Via ATMΒ  Non Permata Bank

  1. Pilih transaksi lainnya
  2. Pilih menu Transfer
  3. Pilih transfer Rekening Bank Lain
  4. Masukkan Kode Bank 013 untuk Bank Permata laku tekan Benar
  5. Masukkan jumlah uang yang akan di TOP UP
  6. Masukkan kode VA (Virtual Account) 16 Digit ( lihat pada profil anda pada My JNE)
  7. Pastikan nama tujuan pengiriman uang atas nama PT. Jalur Nugraha Ekakurir
  8. Lalu Tekan Benar
  9. Selesai, Simpan Struk untuk bukti TOP UP

Mau menikmati keuntungan aplikasi My COD juga kan, yuk segera pasang aplikasi My JNE di smartphone androidmu sekarang juga. Klik aja banner di bawah ini :

banner myjne