hari blogger nasional

Beberapa tahun yang lalu, saya tidak mengenal dunia IT secanggih seperti sekarang ini. Pada waktu itu saya juga belum mengenal dunia blog seperti sekarang ini. Pada dasarnya rasa syukurlah yang patut saya haturkan atas ‘terbawanya’ saya ke dunia blogging ini. Tidak seperti kebanyakan blogger lainnya yang mungkin memang sengaja terjun karena begitu paham tentang indahnya menulis di blog. Saya justru kebalikannya yang takut dan ragu menulis apapun di blog. Jelas, karena blog adalah wilayah publik, dimana siapapun bebas membaca dan bebas memberikan opini akan tulisan kita.

Meski sempat jatuh bangun dalam ngeblog, saya akhirnya meyakinkan diri untuk melanjutkannya sebagai sebuah kesenangan yang menghasilkan. Saya jadi teringat akan berbagai kisah inspiratif dari para blogger yang menemukan pencerahan, ilmu dan teman akibat adanya blog-blog yang inspiratif dan bermanfaat. Hasil yang tidak pernah bisa kita bayangkan, karena secara tidak langsung kita telah berbagi banyak hal dengan orang lain termasuk dalam kebahagiaan, kesuksesan bahkan air mata.

Setiap blogger adalah unik. Blogger berdiri atas dirinya sendiri, atas kemauan dan kemampuannya sendiri. Meski saya masih tergolong blogger pemula, tapi saya dapat merasakan bagaimana sesama blogger mampu memberikan ikatan persahabatan yang hakiki. Dunia boleh maya tapi persahabatan dan persaudaraan di dunia blogging tidak maya. Ini nyata, apa adanya dan jujur seperti yang tertulis di dalam blog masing-masing blogger. Semoga memang demikian.. karena kalaupun ada yang tidak demikian, saya yakin itu bukanlah menjadi halangan bagi saya untuk terus berbagi lewat blog.

Blog itu dibuat dengan gratis (kecuali yang berbayar), tentu saja memang perlu biaya internet untuk bisa mengaksesnya. Blog itu dibuat dengan hati yang tak apatis, karenanya rasa berbagi begitu tinggi. Blog itu dikerjakan dengan pikiran yang realistis, karenanya tidak serumit yang dibayangkan. Blog itu fantastis, tulisan bisa menghasilkan network. Blog itu bombastis, karena bisa menghasilkan materi.

27 Oktober 2014 ini diperingati sebagai Hari Blogger Nasional. Saya bersyukur karena selalu ada bimbingan dari blogger terdahulu untuk beretika dalam ngeblog. Saya juga bersyukur karena hingga kini telah mengenal banyak blogger yang sangat inspiratif, penuh perhatian, saling menolong dan saling menjaga. Bisa dibayangkan jika blogger di dunia ini dipenuhi oleh orang-orang seperti itu, alangkah indahnya dunia blogging ini jadinya. Semoga dengan adanya Hari Blogger Nasional ini, sesama blogger semakin erat persaudaraannya, semakin kuat keinginan untuk berbaginya, semakin bersatu dan dijauhkan dari perpecahan, semakin baik dan terkoordinasi, semakin menghormati satu sama lain dan semakin cinta dengan dunia menulis.

Saya mengajak para blogger semua untuk terus merendahkan hati, berbagi tanpa batas, menghargai tanpa menuntut, mengajar tanpa pamrih karena blog adalah media pendidikan untuk saling belajar dan saling mengingatkan. Blogger adalah identitas saya dan saya bangga menjadi blogger.

Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi sesama

Keep Writing, Keep Blogging

Jayalah Blogger Indonesia

 Tulisan ini diikutkan dalam rangkaian #SewinduAM Hari Blogger Nasional bersama AngingMammiri

Hari-Blogger