Hayo siapa yang suka dorama Jepang, anime dan bunga sakura atau malah suka orang Jepang ? #eh. Udah ngaku aja. Hehe. Kalau saya sukanya justru ekspresi orang Jepang ketika berkomunikasi. Komunikasi itu kalau berjalan dengan lancar pasti hasilnya bagus. Pernah ngomong sama orang terus gak nyambung? Atau komunikasi bahasa asing terus kita karena gak ngerti terus bingung harus jawab apa atau berekspresi bagaimana? Nah, itulah yang terjadi kalau ada miskom alias miscommunication. Hasil akhirnya bisa dua, kecewa atau deadlock (buntu/mentok).

Ekspresi orang Jepang ketika berkomunikasi itu sangat menarik buat dipelajari. Tujuannya supaya ketika kita nonton dorama Jepang, film layar lebar, anime atau bertemu langsung dengan orang Jepang kita tidak canggung lagi karena bisa menyesuaikan diri bahkan merespon dengan baik apa yang disampaikan oleh orang Jepang tersebut ketika berkomunikasi dengan kita. Pengalaman saya tinggal di Jepang selama 1 tahun dulu membuat saya terpikir untuk berbagi kepada teman-teman dan khalayak umum bagaimana memaknai ekspresi orang Jepang. FYI, saya bukan anak lulusan sastra Jepang juga bukan guru bahasa Jepang, saya hanya orang biasa. Intinya saya hanya ingin berbagi pengetahuan yang bermanfaat. Semoga benar-benar bermanfaat.

Dalam rangka share your knowledge bersama Smartfren dan Blog Emak Gaoel kali ini, saya ingin berbagi delapan ekspresi yang wajib diketahui ketika berkomunikasi dengan orang Jepang. Sebenarnya ada banyak ekspresi lainnya namun kali ini saya akan berbagi 8 ekspresi saja, yang menurut saya paling umum dan mudah diingat juga dipahami.

Penasaran? Yuk langsung aja nonton video di bawah ini :

Nah, sekarang sudah kenal kan 8 ekspresi yang wajib diketahui ketika berkomunikasi dengan orang Jepang. Setelah nonton ini tinggal dipraktekkin aja jadi terbiasa. Makin keren kalau mimik mukanya juga kayak orang Jepang. Ala bisa karena biasa. Dicoba ya teman-teman. Tonton juga video share your knowledge 5 sapaan berawalan ‘O’ yang penting diketahui dalam berkomunikasi dengan orang Jepang.

banner