Masih bicara seputar susu kambing yang aman untuk bayi. Oke ternyata masih banyak di luar sana, yang belum percaya bahwa susu kambing itu sifatnya aman untuk bayi, termasuk bayi yang alergi susu sapi sejak lahir. Sebut saja, kondisi dimana seorang ibu berhalangan untuk menyusui anaknya karena sesuatu hal. Maka kemungkinan besar pihak rumah sakit atau orang terdekat akan mengusulkan untuk memberi bayi tersebut susu formula yang asalnya dari susu sapi.

Jarang sekali, ada orang yang langsung mengusulkan untuk memberi bayi tersebut susu kambing. Alasannya macam-macam, mulai dari sulit didapat, tidak tahu keamanannya, kuatir tidak cocok pada bayi, dan berbagai alasan lainnya. Persepsi tersebut menjelaskan susu kambing masih belum diakui oleh masyarakat Indonesia sebagai susu yang aman dan bergizi untuk bayi.

susu kambing laziz untuk bayi-rodame-com

Susu Kambing untuk Bayi (Dok.pri)

Untuk kasus bayi yang baru lahir, sudah pernah ada juga yang memberikan susu kambing sejak lahir dan alhamdulillah aman, bayi pun tumbuh sehat. Mungkin masih bingung kenapa bisa begitu? saya sudah pernah jelaskan di artikel “Manfaat Susu Kambing bagi Kesehatan“. Susu kambing itu adalah susu yang paling mendekati ASI, sudah diteliti loh ya, bukan omongan belaka. Seharusnya itu saja sudah membuktikan, bahwa susu kambing aman untuk bayi termasuk yang baru lahir alias newborn. Kalau masih bisa diusahakan ASI meskipun bukan dari ibu kandungnya ya itu lebih bagus, tapi kalaupun kesulitan ya saya rasa tidak ada salahnya mencoba susu kambing. Ini saran yang tidak mutlak loh ya, hanya pendapat saya berdasarkan hasil riset tersebut.

Kalau di luar negeri seperti AS susu kambing harganya sangat mahal dibandingkan susu sapi itu juga sebenarnya sudah bisa menjawab bahwa memang kualitas susu kambing diakui jauh lebih baik dibanding susu sapi. Harga susu kambing yang lebih mahal dari susu sapi sih bisa banyak penyebabnya. Bisa karena disana peternakan kambing masih sedikit sehingga susu kambing menjadi langka, karena langka tentu harganya lebih mahal. Kedua, bisa jadi memang kandungan nutrisi pada susu kambing memang jauh lebih bagus dari susu sapi. Ini juga sudah ada buktinya, sudah banyak yang melakukan penelitian tentang ini. Boleh baca artikel saya yang berjudul “Lebih baik susu kambing atau susu sapi“.

Gimana, apa masih ragu? Kalau saya sendiri sih tidak ragu ya. Alhamdulillah saya sudah praktekkan ke anak pertama saya, pencernaannya justru lebih lancar dibanding waktu minum susu sapi yang formula. Nah untuk bunda yang bayinya juga mengalami gangguan pencernaan, susu kambing bisa jadi solusinya. Karena susu kambing itu terbukti lebih mudah diserap oleh usus manusia apalagi usus bayi yang masih sangat rentan terkena gangguan pencernaan.

Buat yang kesulitan dapatin susu kambing bubuk, boleh kontak-kontak saya ya, di akun twitter (@deim_21, follow saya ya) atau email saya di napitupulurm@gmail.com. Saya siap membantu.