Halah ini judul kayaknya kepedean betul ya. Hahaha. Biarlah ya, meskipun saya memang belum layak memberi tips menang lomba blog yang seperti jawara lainnya. Saya ingin berbagi beberapa pengalaman saya yang menurut saya *menurut saya loh ya, sangat berkesan ketika berhasil memenangkannya karena memang ada hal-hal tertentu yang harus dilakukan ketika ingin memenangkan sebuah lomba blog.

Menang Lomba Review Aplikasi Anak Cerdas di Blog

Saya pernah menjadi salah satu pemenang lomba review aplikasi anak cerdas. Waktu itu yang mengadakan KEB dan Acer. Sejujurnya saya sempat hopeless mau ikutan. Secara ya, saya gak punya gadget yang mumpuni. Syaratnya tentu saja harus memasang aplikasi anak cerdas dulu di smartphone. Sementara smartphone yang saya miliki waktu itu sangat apa adanya, bahkan bisa dibilang jauh dari memadai. Saya mulai berpikir, apa saya harus mengalah pada keadaan saya yang belum punya gadget mumpuni ini.

Saya ingat tetangga saya punya tablet yang sangat mumpuni untuk dipasangkan aplikasi anak cerdas. Layarnya besar, sangat cocok untuk dipraktekkan di depan anak-anak. Akhirnya apa? saya pinjam itu tablet dengan perasaan agak malu namun sedikit memelas, dasar emang tetanggaku itu baik hati ya dikasi aja tanpa banyak syarat ini itu. Alhamdulillah, saya senang bukan main. Saya segera meluncurkan ide. Waktu itu saya sudah punya kamera DSLR yang saya beli hasil dari menang lomba blog Dino. Jadi saya bisa membuat video dan gambar yang mumpuni untuk mendukung review saya tersebut.

Karena anak saya belum sekolah jelas saya harus mencari anak yang bisa menggunakan aplikasi anak cerdas tersebut. Idenya pun muncul ketika saya melihat banyak anak-anak tetangga saya sedang bermain di luar rumah, naik sepeda dan berlarian kesana kemari. Saya mampir ke salah satu rumah anak tersebut, meminta izin pada pemilik rumah lalu saya perkenalkan aplikasi anak cerdas ini kepada mereka. Saya meminta sang anak untuk mencoba aplikasi tersebut dengan tablet pinjaman dari tetangga itu. Wah, ternyata sang anak antusias bukan main. Sang Nenek malah sempat bilang, “kita beli aja deh tablet kayak gini biar bisa pasang yang beginian nih.”

Tak sengaja anak-anak yang lain lewat bersama ibunya. Spontan saya memanggilnya dan mengajaknya bergabung untuk mencoba aplikasi anak cerdas tersebut. Mereka pun dengan senang hati mau mencobanya. Bahkan sang ibu ikut takjub melihat kemampuan anaknya mengerjakan soal-soal IPA di dalam aplikasi anak cerdas tersebut.

Suami, dalam hal ini ikut andil. Orang di balik layar yang mengabadikan momen terbaik tersebut adalah suami saya. Saya tak mungkin bisa melakukannya sendiri tanpa ada orang lain yang mengambil gambar dan membuat video dari review aplikasi tersebut. Video dibuat senatural mungkin dan benar-benar tanpa skenario, mengalir apa adanya saja.

Tips dari kemenangan saya dalam lomba review aplikasi anak cerdas di blog ini adalah :

  • alat pendukung yang mumpuni : saya sampai pinjam tablet tetangga loh ya, kamera DSLR yang bisa mengambil gambar dan merekam dengan kualitas baik.
  • ide yang berbeda : jika tidak ada objek di keluarga maka perhatikan lingkungan sekitar mungkin ada anak-anak tetangga, ibu-ibu dan lainnya yang bisa diajak bekerjasama. Yang jelas, jangan mau kehabisan akal, pasti ada jalannya.
  • orang di balik layar : rasanya tanpa suami saya, review tersebut akan terlihat biasa saja. Berkat video yang mendukung dan natural mungkin tulisan saya jadi berbeda.

Intinya adalah keseriusan. Saya yakin lomba blog apapun kalau dikerjakan dengan serius alias sungguh-sungguh artinya dilengkapi dengan alat, ide serta pendukung lainnya maka hasilnya akan jauh terlihat lebih baik. Alhamdulillah saya menang dengan hadiah sebuah smartphone Acer.

tips menang lomba review di blog ala Rodame

Menang Lomba Review Belanja Online di Blog dari Bukalapak

Kemenangan lomba review belanja online di Bukalapak beberapa hari yang lalu sangat berkesan buat saya. Pasalnya, saya kan habis melahirkan sebulanan yang lalu, jadi sebenarnya masih dalam masa pemulihan juga alias masa nifas. Tapi saya penasaran juga ingin ikutan lomba blognya. Saya sebenarnya memang selalu memanfaatkan aplikasi di smartphone khususnya yang bisa membantu aktifitas keseharian saya termasuk dalam urusan belanja. Makanya saya sangat tertarik mencoba belanja gampang cuma modal jari dari Bukalapak.

Temanya cukup menarik, dan saya rasa siapapun bisa membuat tulisan yang bagus terutama kalau berhubungan dengan review belanja online di Bukalapak. Emm.. saya putar otak, kalau saya nulisnya model review komplit belanja online kayak blogger lainnya pasti kurang berkesan. Selain itu, saya sudah Blog Walking ke banyak blog peserta dan memang kebanyakan adalah review secara lengkap.

Akhirnya apa? karena keadaan saya yang memang belum mendukung bepergian kemana-mana ditambah lagi punya 2 balita di rumah yang sulit ditinggalkan, belum lagi saya melihat anak-anak teman saya yang usinya 3 tahun bahkan kurang sudah dimasukkan ke PAUD sementara anak pertama saya yang usianya 3 tahun lebih masih saya biarkan main di rumah namun saya tetap ingin dia berkembang sebagaimana usianya, paling tidak merangsang otaknya yang di usia keemasan itu dengan permainan edukatif. Saat ini dia suka sekali main blocks. Sudah beberapa kali beli tapi jumlahnya semakin berkurang karena pada hilang.

Dengan melihat kondisi nyata pada saya dan anak-anak saya, saya menemukan ide menulis. Ini real loh ya. Faktanya ya memang seperti itu. Alhamdulillah dari kondisi itu saya akhirnya bisa memadukan antara kenyataan dan harapan menjadi sebuah pengalaman belanja online dengan review cara belanja online di Bukalapak. Ditambah lagi di rumah sedang ada suami saya, orang di balik layar yang bisa menangkap momen belanja gampang cuma modal jari tersebut. Lokasi tinggal saya yang sedang di luar Jawa ini juga menambah rasa penasaran saya belanja online. Apakah barang yang saya pesan akan sampai dengan tepat waktu, dan lain sebagainya. Jadilah tulisan yang lumayan berbeda dengan peserta lainnya.

Tips menang lomba blog dari Bukalapak kemarin adalah :

  • jujur : tulisannya sesuai dengan kondisi nyata saya dan anak-anak di rumah
  • alat pendukung : lagi-lagi soal kualitas foto, momen yang pas akan mendukung pesan dari tulisan kita
  • tulisan yang berbeda dari peserta lainnya : memadukan unsur pribadi yang sesuai fakta, ditambah kebutuhan maka jadilah tulisan yang natural
  • BW alias blog walking : banyak-banyak membaca tulisan peserta, agar menemukan rasa dan ide tulisan yang unik dan berbeda

Alhamdulillah tulisan saya diapresiasi menjadi pemenang ke II dapat hadiah laptop ASUS plus voucher belanja di Bukalapak 300rb. Tulisan Ibu Bijak Belanjanya di Bukalapak yang mencuri perhatian juri.

Sementara ini, tips menang lomba review di blog ini aja dulu ya, sebenarnya pengen share lagi untuk kemenangan lainnya. Nanti, insyaallah saya share lagi di postingan berikutnya ya, hehe.

Selamat berkompetisi dan selamat berjuang!

Happy Blogging Competition!