bandarasultansyarif-pekanbaru-rodame.co,

Bandara Internasional Sultan Syarif II Pekanbaru (Dok. Rodame.com)

Hai #SobatAviasi,

Duh, tinggal hitungan hari udah lebaran aja ya. Apa yang terbayang di benak sobat saat menjelang lebaran? Pasti persiapan mudik. Ya kan? Iya donk ya. Apalagi kalo ternyata lokasi mudiknya jauh, harus menyeberang laut dan melewati lembah #eh dan itu pasti memakan waktu perjalanan yang lama, pasti persiapan mudiknya semakin jauh hari disiapin dan semakin matang juga kan ya, biar gak ada kendala selama mudik. Bisa repot kan kalau di perjalanan pas mudik ada yang ketinggalan ini dan itu.

Saya ingat kalo zaman dulu, perjalanan jauh sekalipun masih ditempuh lewat jalur darat. Dulu, maskapai penerbangan masih sedikit dan tergolong ‘mahal’. Berbeda sama sekarang, dikit-dikit naik pesawat udara, ke luar kota dikit naik pesawat udara. Ah pokoknya transportasi udara sekarang jadi pilihan yang paling menyenangkan dibanding yang lain. Soalnya banyak untungnya dan kayaknya gak ada ruginya deh. Hehe.

Harga tiket pesawat udara juga alhamdulillah makin merakyat jadi mudik naik pesawat udara selain cepat juga sangat mungkin jadi pilihan siapapun saat ini. Saat ini naik bis jalur darat dari Padangsidimpuan-Jakarta biaya hampir 400 ribu, eh naik pesawat udara 400-500 ribuan juga udah ada loh sekarang. Belum cepetnya, belum nyamannya, belum amannya. Kalau naik bis pegalnya di jalan, toilet susah, macet juga, lama lagi. Jadi. wajar kan sekarang ini jumlah pengguna transportasi udara ikut meningkat juga.

Balik lagi soal mudik naik pesawat udara. Saya mau beberapa tips mudik selamat, aman dan nyaman dengan pesawat udara. Disimak ya :

DO’s

  1. Pastikan tiket pesawat udara sudah dibeli (ya iyalah klo gak beli tiket pesawat udara mana bisa naik pesawat udara). Belilah tiket di agen resmi yang tepercaya (sekarang kan udah bisa online ya, jadi prosesnya lebih cepat). Simpan tiket sama satu orang aja biar gak rempong.
  2. Pastikan semua anggota keluarga yang ikut mudik membawa perlengkapan masing-masing. Misal : obat-obatan khusus, jaket, susu bayi, dll (jangan sampai ada yang ketinggalan terutama kalau bawa balita).
  3. Perhatikan bagasi kabin dan bagasi sudah sesuai dengan aturan yang ditetapkan tiap maskapai (jangan sampe kelebihan bagasi karena akan ada charge tambahannya).
  4. Pilihlah tas atau koper yang berbobot ringan dengan warna mencolok agar nyaman dan mudah dikenali (bisa bahaya klo sampe ketuker, ya kan?)
  5. Berilah label pada tas atau travel bag yang akan dimasukkan ke bagasi, agar mudah dikenali saat mengambil kembali barang bawaan tersebut.
  6. Sebaiknya tiba di bandara lebih awal (batas waktu check in di bandara adalah 30 menit sebelum waktu keberangkatan pesawat udara). Bisa manfaatkan fasilitas check in online dari maskapai dan perhatikan batas waktunya ya. Lebih baik lagi kalo perhatikan 3-2-1 (3 jam sebelum berangkat sudah nyampe bandara, 2 jam sebelum berangkat sudah check in, 1 jam berangkat sudah di ruang tunggu.
  7. Ketika di dalam pesawat, ikutilah peraturan penerbangan. (jangan menyalakan handphone atau alat elektronik lainnya tanpa mode pesawat, jangan membawa makanan yang menusuk hidung, kasian penumpang lain, jangan membawa pulang asesoris milik pesawat, itu namanya nyolong).
  8. Aktifkan kembali handphone setelah berada di dalam terminal (jangan buru-buru nyalakan handphone selama pesawat belum benar-benar berhenti.
ruangtunggu-bandara bersih dan nyaman-rodame.com

Ruang Tunggu Bandara Aman, Nyaman dan Bersih (Dok. Rodame.com)

DON’Ts

  1. Jangan mengenakan barang-barang berharga seperti emas atau membawa uang yang jumlahnya berlebihan (agar tidak memancing perbuatan yang tidak diinginkan).
  2. Jangan membawa barang-barang berbahaya yang bisa mengancam keselamatan di dalam tas bawaan misal pedang, pisau, gunting, pisau lipat, senjata, cairan khusus, dll.
  3. Jangan meletakkan uang dalam kotak keamanan saat proses Security Check Point dan jangan mendahului barang bawaan.
  4. Jangan bercanda sewaktu melewati Metal Detector.
  5. Jangan mau dititipi bagasi oleh orang yang tidak dikenal dalam bentuk apapun, karena bisa mengganggu keamanan penerbangan.
  6. Jangan membuang sampah sembarangan selama perjalanan mudik dengan pesawat (jadilah pemudik yang cinta kebersihan).
  7. Jangan meninggalkan anak-anak tanpa pengawasan karena ketika mudik akan ramai pemudik lainnya di bandara (hati-hati dengan orang-orang tang tidak dikenal).

Oke deh, itu aja tips dari saya. Semoga #SobatAviasi yang akan mudik dengan transportasi udara nanti perjalanannya lancar dan selamat ya. Kalo kalian ingin tau lebih banyak tentang bagaimana menggunakan transportasi udara agar selamat, aman dan nyaman, kalian bisa follow akun Direktorat Jenderal Perhubungan Udara aka DJPU ya bisa di akun facebook atau instagramnya. Biar update dan makin cerdas soal transportasi udara.

Udah pada tau kan akun resminya? http://instagram.com/djpu151 atau http://facebook.com/djpu151/

Nah, #SobatAviasi dimanapun kalian berada, semoga mudiknya #SelamatAmanNyaman selamanya ya.