Hola, siapa yang suka udara sejuk yang dingin? *tunjuktanganduluan. Kalau udara di rumah lagi gak bersahabat a.k.a panas, emang paling enak pasang AC rumah ya? Hehe. E tapi, pasang AC rumah juga mesti tahu perawatan yang benar dan tepat loh ya.

Gree Silent King - GEE-AC rumah terbaik rodame.com

Gree Silent King – GEE (Sumber: gree.id)

Coba diinget-inget, kira-kira sudah benar belum melakukan perawatan AC di rumah? Harga AC itu lumayan, sayang kan, kalau udah ngeluarin uang untuk beli AC eh taunya rusak karena perawatan AC yang gak benar dan gak tepat.

Kalau saya sih pengennya AC itu selain awet ya harus AC terbaik. Yup, AC terbaik, maksudnya AC hemat, AC inverter terbaik dan AC low watt. AC yang paket komplit pokoknya. Maklum ibu-ibu, gak mau rugi! Haha. Iyalah, AC terbaik tapi kalau high watt bisa ngerepotin keuangan rumah tangga jangka panjang kan ya? Harusnya sih kayak AC Gree keluaran terbaru Gree tipe C3, yang terbukti paling low watt di kelasnya, dibandingkan dengan kompetitornya.

Beberapa AC Gree juga ada yang kurang dari 500 watt loh, diantaranya : Gree C3, Gree MOO-2, Gree U-Crown Deluxe Inverter, Gree Silent King Inverter, Gree Low watt COO Series, Standard MOO Series dan untuk yang tipe standing AC ada Gree I-Crown dan Candice. Kalau saya sih ngincer yang Gree tipe GEE-Silent King, istimewa banget selain eco-friendly, juga karena suaranya yang sangat sunyi hingga 18dB.

Beneran ‘Silent King’ seperti namanya. Apalagi kalau punya baby di rumah, pasti tidurnya bakal pulas banget jadi masa tumbuhkembangnya pun maksimal karena istirahatnya yang maksimal. Ibunya jadi bisa ngerjain ini-itu di rumah. Ya kan?

Silent King-AC terbaik-rodame.com

Silent King (Sumber: gree.id)

Balik lagi ke soal perawatan AC yang benar dan tepat, ini penting banget. Salah satu yang bikin AC rumah tetap awet ya karena perawatannya. Nah, karena saya sayang sama AC kalian semua, saya mau berbagi tips perawatan AC yang benar dan tepat nih. Yuk disimak ya.

  1. Lakukan maintenance rutin (cuci AC berkala) : Jangan cuci AC dengan menggunakan cairan kimia karena zat kimia bisa menguras lapisan pada pipa sehingga menipis. AC rumah yang dipasang di ruang tamu di usahakan cuci AC per 3 bulan dan untuk AC yang dipasang di kamar pribadi dijadwalkan 4-5 bulan, ini tergantung tingkat polusi dan lokasi kita berada. Maksudnya? Misalnya rumah kita berada di pinggir jalan kan tingkat polusinya tinggi, berbeda kalau rumah kita berada di kompleks perumahan yang banyak penghijauan dan rindang pasti polusinya lebih rendah maka disesuaikan.
  2. Mintalah teknisi yang install (pasang) AC : Memasang AC rumah bukan hal yang bisa dianggap sepele. Oleh karena itu, sebaiknya percayakan pada teknisi profesional supaya AC yang terpasang nantinya berperforma baik.
  3. Lakukanlah vakum (vaccum) saat install AC : AC saat dipasang wajib divakum karena itu adalah standar pemasangan yang baik dan benar. Kalau tidak dilakukab vakum maka akan memengaruhi performa AC yang dipasang. Jadi melakukan vakum saat pasang AC itu wajib.
  4. Sesuaikan jenis AC dengan ketebalan pipa : Untuk jenis AC yang menggunakan refrigerant R32/410A wajib menggunakan pipa dengan ketebalan 0.7 mm.
  5. Kenalilah ukuran PK AC : Sebelum  kita membeli AC, ada baiknya kita mengetahui ukuran (PK) AC. Kita juga harus mengetahui ukuran ruangan agar disesuaikan dengan ukuran PK AC. Kalau ukuran PK lebih besar daripada ukuran ruangan maka AC akan terlalu dingin. Sebaliknya, kalau PK lebih kecil daripada ukuran ruangan maka AC akan terasa sedikit dingin (kurang sejuk) dan mesinnya akan bekerja maksimal untuk mendinginkan ruangan. Maka dari itu kita harus tahu ukuran PK yang cocok untuk luas ruangan di rumah.
  6. Nyalakan AC di ruangan tertutup rapat : Jika menyalakan AC usahakan ruangan tertutup dengan rapat. Tujuannya agar AC tidak bekerja terlalu maksimal untuk mendinginkan ruangan dan ruangan terasa sejuk karena udara panas yang dari luar akan memengaruhi suhu di dalam ruangan.
  7. Aturlah suhu AC dengan tepat : Sebaiknya Jangan terlalu sering mengatur suhu AC dibawah 18 derajat Celcius. Terlalu sering mengatur suhu AC dibawah 18  derajat celcius akan membuat kompressor bekerja maksimal. Selain itu juga, suhu  21 – 24 derajat merupakan suhu ruangan yang pas bagi iklim Indonesia dan juga sebaliknya jangan mengatur suhu di 26-28 derajat celcius hal ini bisa mengakibatkan kompressor mati hidup terlalu sering.

Oke deh, makin clear kan? Pasti sekarang buru-buru langsung ingin mencoba semua tips perawatan AC yang benar dan tepat di atas. Boleh loh mulai dilakukan, biar AC rumah terawat dan performanya baik lagi.

Oh iya, biar gak penasaran tentang AC merek Gree, kalian bisa langsung main-main ke website-nya ya, kesini aja http://www.gree.id/.

Selamat merawat AC!