Laptop ASUS Anti Nge-Hang Siap Kerja Ritme Tinggi

No Lag, No Lemot, No Nge-hang // Say My Name ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400)

" Aku mengerti perjalanan hidup yang kini kau lalui..... , "

Kuberharap meski berat kau tak merasa sendiri, Kau telah berjuang , menaklukkan hari-harimu yang tak mudah.. sebait kata dari  lagu yang kubiarkan berputar secara random di playlistku, bait ini membuat  lamunanku berhenti sejenak, Mungkin juga karena ingatku kembali karena tumpukan  formulir lamaran beasiswa dan lembaran-lembaran latihan test IELTS yang tertata rapi di atas meja kayu.

Ku geser lagi mouse untuk membatalkan mode sleep layar monitor yang sejak tadi menatapku dalam gelapnya. Di depan layar PC kantor yang sudah berumur ini  sejumlah laporan magang dan skripsi yang masih resah menunggu untuk direvisi.

Ya,  begitulah aktivitas harianku didalam gedung FEBI IAIN padangsidimpuan, yang selalu ramai dengan langkah kaki dan sapaan mahasiswa “Assalamualaikum, Selamat Pagi , Bu” adalah rutinitas harian ku yang terkadang dibatasi sabtu dan minggu.

Bekerja sebagai Dosen luar biasa memang banyak cobaanya, “Sangat luar biasa”, gaji bulanan yang dicukup-cukupin, waktu kerja yang terkadang melewati batas gaji, ruang gerak yang terbatas dan keinginan yang terbatas, apalagi saat jam istirahat kantor, kawan-kawan yang hilir mudik bertanya makan dimana? dan aku hanya mampu menjawab dengan senyuman “udah makan”, terpikir ongkos untuk pulang ke rumah yang nilainya sudah pas di dalam saku kananku.

Laptop, kuambil laptop yang menjadi senjata andalanku sejak 4 tahun lalu, laptop ini adalah pemberian dari suamiku, aku ingat betapa beratnya ia ketika harus merelakan laptop yang dipakainya untuk bekerja di rumah sehari-hari, laptop yang setia menemaninya siang dan malam,  dan terkadang ia harus mengorbankan waktu tidurnya untuk bekerja mengejar mimpi yang masih belum tercapai, melewati batas kewajaran waktu istirahat manusia. Well, dia berusaha untuk tak mengeluh, walau masa pandemi membuat kehidupan semakin terasa berat, memaksa kita untuk bertahan lebih, lebih kuat, lebih optimis, lebih hidup lagi.

Kuingat pagi itu, sebelum memberanikan diri untuk meminta sesuatu pada Sang suami, kusuguhkan dulu kopi dan roti bakar, sebagai pemulus jalan obrolan, dan aku ingat saat itu di teras rumah aku beranikan diri untuk mengutarakan keinginan hati “Yah, aku gak punya laptop buat kerja di kantor, biar aku bisa mudah mengerjakan tugas-tugas kantor, Yah, tahu kan kalau kerjaan mama lagi banyak-banyak nih, Yah “aku beli laptop ya?” ku pinta dia penuh harap.

Pakai punya ayah saja ya Ma? walau ayah sebenarnya masih butuh tapi Mama kan lebih butuh, pendapatan ayah masih belum teratur dan terlebih anak-anak mau masuk sekolah dan kebutuhan rumah tangga yang harus terpenuhi. Ayah pakai PC lama aja buat kerja, sembari pelan-pelan cari part second di toko online yang murah buat upgrade PC lama Ayah, ” gpp Yah?”,  “gpp Ma” jawabnya. Terasa dan aku rasa beratnya, kalau Mama harus ngandalin komputer kantor Ma, apalagi Mama sekarang sudah mulai di percaya buat pekerjaan – pekerjaan yang berat, tugas ke luar kota, belum lagi buat melayani mahasiswa dan tugas dari kampus, wajarlah Mama butuh laptop.

Survive di masa Pra dan Pasca Pandemi

Ayah dulunya bekerja sebagai Staf IT disebuah Universitas yang cukup terkemuka di Jawab Barat, dengan berbagai rutinitas yang cukup padat mulai dari membuat perusahaan jasa pembuatan Website, pembuatan aplikasi komputer bersama kawan-kawan kantornya, tentunya untuk menambah penghasilan bulanan, terkadang dia ikut lomba video, desain logo, lomba blog dan Website sebagai titik ukur untuk dirinya sudah sampai dimana kemampuannya, dan jika menang kami akan tabung sebagian untuk membangun rumah nantinya. Di sela-sela kegiatannya dia juga membangun Website dan blog pribadi untuk mendapatkan receh dari iklan yang bekerjasama dengan perusahaan mesin pencari. Begitulah kegiatan lelaki yang kunikahi 11 tahun yang lalu.

Semenjak kepindahan dari kota Bogor yang sudah membesarkan kami, karena sesuatu hal yang membuat kami harus pulang ke tanah kelahiran yang membuat Ayah lebih banyak bekerja di rumah, terlebih di masa pandemi rasanya dia lebih siap dibandingkan saya.

Rutinitas Harian Ayah

Dia lelaki, masih ingat kala itu di waktu luangnya saat liburan ngantor untuk menghibur diri dan melemaskan urat saraf yang terus dipacu untuk bekerja, lelaki yang berangkat pagi pulang malam ini bisa menghabiskan waktu di depan komputer seharian hanya untuk menonton anime dan bermain game, walau bukan gamer namun cukup mengkhawatirkan buat saya, hahaha.

Produktif Butuh Tandem yang Mumpuni

Untuk memicu dan membantu produktifitas serta kreativitas

Pernah satu kali dia merengek, ingin upgrade PC biar maen gamenya lebih enak dan gak kalah sama tim lawan. Katanya “ini VGAnya sudah gak mampu lagi nge-render gamenya patah-patah Ma, RAM-nya juga kurang banyak dan speednya rendah, prosesornya lemot, kalau ketemu lawan PCnya mau nge-freeze sendiri, Ayah jadi kalah”. Coba kalau PC nya bagus Ma, ayah bisa jadi juara. kan lumayan hadiahnya. Aku sih senyum-senyum aja, dengerinnya sambil berkata “kita masih ngontrak loh Beb”, Jawab ku. Iya…, ma iya tapi kan gpp kan Ma, kalo ayah beli laptop gaming yang bisa buat bantu kerja, Eh.. kerja baru gaming maksudnya. Gak boleh, kalau pakai uang buat kebutuhan rumah dan tabungan, kalau ayah mau beli pakai duit dari iklan di Website ayah aja, jawabku.

Sawah di Padangsidimpuan

Pindah ke tempat baru, pekerjaan serabutan ia jalanin bermodal PC jadul yang di zaman sekarang sering disebut dengan PC kentang, komputer perjuangan yang kami bawa dari bogor, pekerjaan mulai dari desain logo , desain cover buku, buat website, buat aplikasi android, service hape, service komputer sampai instalasi cctv dan jaringan LAN komputer semua dikerjakan, apa saja yang bisa menghasilkan asal halal, katanya. Walau hasilnya tak sebanyak jumlah pekerjaannya dan sering kali payah seperti yang dikisahkan lagu dengan judul “jangan cintai aku apa adanya”.

Jangan cintai aku apa adanya

Cinta, tidak berarti tak meminta lebih, bukan berarti lepas tanpa arah dan tujuan, cinta bukan berarti tak harus kuat, Cinta itu seperti laptop selalu setia menemani, sabar, mampu memberi keindahan,  kemudahan, kecepatan, dan rasa puas. Pagi tadi suami meminta cintanya, Ayah mau beli laptop ASUS, Ma? .., Kali ini biarlah aku memilikinya Ma, ucapnya. Ayah mau ambil yang seri ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400), boleh ya?.

Walau permintaannya tidak langsung kujawab, namun didalam hati penasaran juga. Soalnya saya kenal betul sosok nya, dia gak bakalan mau beli barang yang asal-asalan, harus bener riset dulu baru dia membuat keputusan. Bener nih Yah? tanyaku. trus apa keunggulanya.? cek aja Ma di website ASUS-nya pasti mama suka deh kata ayah, sambil seruput kopi merah hitam andalannya. Kuraih handphone yang aku letakkan tidak jauh di sebelah gelas kopinya, kumulai penuhi rasa ingin tahu dan penasaranku.

Seperti yang sudah-sudah laptop terbaru buatan ASUS selalu membuat degup jantung dug dug tak karuan ingin memilikinya.

ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400), dengerin kata Zenbook sudah pasti ini bukan seri laptop standar dong, pikirku jelas laptop seri ini adalah seri laptop kelas premium yang punya sederet fitur-fitur andalan yang gak ada di seri laptop lainnya. ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) adalah laptop ultra-portable yang dari desainnya yang aduhai ini diperuntukkan jelas untuk aku , eh maksudnya untuk kaum masa kini, untuk kamu yang hidup di zaman ini dimana dibutuhkannya daya pacu kreativitas yang lebih tinggi, dan salah satu caranya adalah dengan menggunakan gadget/laptop yang mampu memberikan kinerja yang joss, seperti ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400).

ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) yang stylish  dan modern ini di lengkapi dengan inovasi khas laptop ASUS yang selalu terdepan dengan spesifikasi unggul, bertenaga dan kaya dengan fitur dan teknologi terbaru, seperti 4K OLED Display, Screenpad, Intel Core i7 generasi 11, kartu grafis Geforce MX450, AIPT Boost, SSD, Full I/O port, RAM LPDDR4x, ErgoLift, Fast fingerprint,  namun tetap pada harga yang reliable.

Bentuk nya sangat solid ,kuat dan sudah Military Grade lagi. Military Grade berarti laptop ini sudah pol-polan ditest dengan berbagai cara untuk mengetahui ketahanannya terhadap benturan, cuaca/suhu ekstrim, getaran, dan uji ketahan jatuh atau bantingan. So pastinya punya laptop ASUS bakalan bisa bertahan lama dan life time.

Dengan desain body metal, warna pilihannya juga kelas premium yaitu Pine Grey dan Lilac Mist, memiliki engsel besi pada sudut rotasi dengan teknologi ErgoLift yang menjadikan layar dapat dibuka/diangkat dengan  hanya satu jari, dan hebatnya lagi dapat dibuka sampai 180 derajat, bayangan ku sudah seperti baca buku atau tablet berbagi layar jadi lebih mudah tanpa harus mengangkat laptop yang kemudian di putar kehadapan orang yang ingin  kita tunjukkan.

 

ErgoLift

ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) / Ringan dan Tipis / 1.4 Kg

Selain itu dengan adanya teknologi ErgoLift ini air flow pada bagaian bawah laptop akan lebih baik karena saat layar dibuka bagaian bawah laptop akan naik,  pembuangan panas dari dalam laptop lebih cepat dikeluarkan dan diganti dengan udara yang lebih fresh dan dingin, hal ini juga akan membantu teknologi IceCool Plus dapat bekerja lebih maksimal . Jadi walau tempat kerja Ayah gak pakai AC gak perlu kuatir panas laptop akan merusak hardware atau perangkat keras yang ada didalam laptop.

Praktis dan Mobilitas Tinggi

ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) / Ringan dan Tipis / 1.4 Kg

Dengan berat 1.4kg , dengan dimensi 31.12 x 22.12 , ketebalan notebook 16.9mm atau setara dengan 1.69cm laptop ini termasuk tiifiss yang hampir sama tebalnya dengan dompet saya, apalagi di tengah bulan ini tifisss. maksudnya jadi mudah dibawa kemana-mana alias ringan tak terasa janggal atau berat kala di bawa menggunakan tangan, dimasukkan kedalam tas ransel atau tas kerja, tinggal cus, cus, berangkat. Kemana aja ayo!. 

Udah ringan, kuat, Laptop modern ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) sudah diperkuat oleh prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 terbaru dan juga Intel® Iris® Xᵉ graphics., dibekali dengan prosesor terbaru dan kartu grafis terbaik yang siap nemenin kerja dengan ritme tinggi. Maen game gak ngelag lagi, FPS tinggi, ketemu musuh saat bermain game gak akan ngefreeze lagi atau kalah timing saat nembak lawan. Buat bantu pekerjaaan suami yang berbagai macam tadi sudah pasti dilibas dan laptop ini sudah paling joss, cocok buat gantiin laptop suami, atau buat aku aja ya?.

Edit jurnal, review jurnal, edit dokumen, cek website, update website, troubleshoot jaringan via online, update konten blog, atau edit gambar dan video pakai aplikasi berat jadi mudah dimanapun dan kapan pun.

Performa Kencang Cusss cuss

ASUS Intelligent Performance Technology (AIPT) / ASUS Intelligent Performance Technology (AIPT)

Kencang, gahar dengan  prosesor Intel® Core™ i7-1165G7 Processor 2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz) generasi ke-11 terbaru dan juga Intel® Iris® Xᵉ graphics. yang bakalan bikin kerja berat jadi lebih ringan, aplikasi atau software dan game gak bakalan nge-freeze atau nge-hang saat dijalankan bersamaan (multitasking), yang lebih joss lagi prosesor generasi 11 sudah memiliki teknologi efisiensi daya yang lebih baik tanpa memotong performa, alias semakin irit listrik tapi kinerja jauh lebih  baik. Jika masih kurang kencang ASUS masih menyematkan teknologi ASUS Intelligent Performance Technology yang disingkat dengan AIPT boost teknologi ini dapat meningkatkan kinerja hingga 70% dengan pengunaan daya hanya up to 40W.

RAM yang Besar dan Dual Channel

ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400)

RAM sebesar 16GB LPDDR4X dual channel, artinya multitasking is on the fly alias multitasking akan berjalan dengan mulus tanpa lemot tanpa jeda, pastinya gak sampai sempat bikin kopi buat suami. “Aku tahu persis rasanya saat menyalakan laptop yang memiliki RAM kecil, aku masih sempat berjalan ke ruangan teman kantor lalu bersenda gurau, kemudian kembali keruangan dan masih menunggu beberapa menit lagi agar dapat menggunakan laptop untuk bekerja”.

Kartu Grafis Ganda

Intel® Iris® Xᵉ graphics dan NVIDIA® GeForce® MX450, 2GB GDDR6

Performa prosesor yang kencang harus di tandemkan dengan kartu grafis yang gahar juga, ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) memiliki dual kartu grafis yaitu  Intel® Iris® Xᵉ graphics dan NVIDIA® GeForce® MX450, 2GB GDDR6. Wajar saja si Ayah pengen laptop ini selain untuk meningkatkan permainan game-nya dengan asupan grafis seperti ini rasanya sanggup untuk mengangkat 2 monitor sekaligus untuk membantu pekerjaannya  yang sangat membutuhkan multi monitor.

Audio Harman/Kardon

ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400)

Kerja juga butuh hiburan ya kan? salah satu kegemaran Ayah saat lagi kerja adalah sambil mendengarkan musik, mungkin untuk membantu fokus dalam kerjaan, kalau aku jelas tidak bisa konsen. Jelas Laptop ini pilihan Ayah pasti dia sudah jatuh cinta sama suara Audio yang sudah disertifikasi oleh harman/Kardon pada laptop ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400).

Ruang Penyimpanan yang Besar

ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400)

Media penyimpanan data yang sangat luas dan lapang yaitu sebesar 1TB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD, Selain luas juga terkencang dikelas SSD dengan speed 3500 MB/s. Mau nyimpan data sebanyak mungkin pasti bisa. Berikut gambaran sederhananya jika kita buat dalam bentuk dokumen, musik, dan foto. Jika dalam bentuk dokumen akan cukup untuk menyimpan sebanyak 85,899,345 halaman. Jika satu ebook berjumlah 650 halaman maka 1TB akan mampu menyimpan sebanyak 132.000 lebih ebook dengan jumlah halaman yang sama, misalkan saya untuk membaca satu ebook membutuhkan waktu selama 2 bulan untuk membacanya, maka saya akan membutuhkan waktu selama 5.506 tahun untuk membaca semua ebook yang ada pada media penyimpanan sebesar 1TB .Jika dalam bentuk  lagu kira-kira akan dapat menampung sebanyak 200.000 lagu atau 17.000 jam waktu yang dibutuhkan untuk mendengarkan semuanya. Jika dalam bentuk foto 1TB akan dapat menampung sebanyak 300.000 foto lebih.

 

Layar Tajam dan Nyaman Dimata

14" (16:10) OLED 2.8K (2880x1800) 90Hz 400nits DCI-P3:100% NanoEdge display, PANTONE Validated Display, VESA TrueBlack HDR, TÜV Rheinland eye care certified, 92% screen to body ratio

Laptop premium series, pertama di dunia dengan panel  OLED 4K HDR teknologi ini akan meningkatkan kenyaman mata saat berada di depan layar laptop ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400), dengan kualitas warna yang akan jauh lebih natural, nyaman dimata, ora perih, apalagi buat Ayah yang lagi belajar menjadi seorang konten kreator, berlama-lama di depan layar OLED ini bakalan bikin Ayah betah, nambah jadwal begadang, apalagi saat kejar setoran nonton film Anime atau  film Drakor bersama Ayah.

Panel OLED ASUS 70% menurunkan  resiko blue light yang membahayakan mata.

OLED panel 14inch pertama di dunia 4K OLED HDR kualitas warna  tersertifikasi yang membuat nyaman di mata , apa lagi buat kamu seorang konten kreator wanna be seperti suamiku, pasti dia sangat suka dengan laptop ini, Kelebihan panel OLED  dibandingkan panel lainnya adalah panel OLED memiliki kelebihan yang lebih superior pada tingkat akurasi warna yang sangat dibutuhkan oleh seorang designer grafis/photografer atau konten kreator, Panel OLED memiliki response time sebesar 0.2ms  yang sangat sempurna untuk digunakan untuk bermain game atau gaming FPS (First Person Shooter).

Baterai dan Keyboard Full Backlit / FingerPrint Sensor /Camera HD 720p

ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) / US Military Grade (MIL-STD 810H) / Fingerprint / Windows 11.

Laptop untuk Ayah,  sebagai pekerja mandiri Ayah juga sangat suka keluar kota walau jumlahnya dalam setahun masih bisa dikatakan sedikit namun aku sangat yakin kalau Ayah,  butuh Laptop yang dapat diandalkan di perjalanan,  terlebih angkutan bus antar kota yang kalau malam semua lampu dalam kendaraan akan di padamkan, nah saat kondisi begini dengan Keyboard Full Backlit laptop ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) Ayah akan tetap bisa bekerja, jika ada hal yang harus segera dikerjakan.

Untuk  bagian keamanan, Ayah juga tak perlu resah dengan Teknologi FingerPrint Sensor, Ayah tak perlu takut lagi kalau laptop Ayah di pakai orang lain , apalagi anak kami yang paling besar, minat dan rasa ingin tahu nya lagi pada masa terbaiknya. Atau amit-amit tertinggal atau hilang, ah, jangan deh.

Camera HD 720p buat zoom-ing, skype atau video call dengan klien luar negeri akan jadi lebih mudah, ya kan ayah. Jangan lupa video call Mama juga, ya ehemmm.

Touchpad, aka ScreenPad™ 2.0 Cuma ASUS yang punya

ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) / ScreenPad™ 2.0 (FHD+ (2160 x 1080) IPS-level Panel)

 Touchpad dengan panel IPS dan mendukung multi touch, aplikasi atau layar dapat dipindahkan dengan mudah  cukup drag and drop saja, touchpad juga dapat digunakan sebagai alat untuk mengetik dengan tulis tangan, fungsi copy paste, dan shortcut aplikasi windows, juga bisa. Bikin Stand Out kalau lagi rapat atau ketemu klien, pastinya klien bakalan jadi lebih yakin sama Ayah untuk menyelesaikan pekerjaannya.

Konektifitas lengkap

1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display and power delivery, 1x HDMI 2.0b, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, Micro SD card reader

ASUS menyempurnakan rancang bangunnya dengan menancapkan teknologi konektifitas terkini dengan kualitas terbaik, kecepatan transfer dan efisiensi daya yang baik. Seperti : 1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display and power delivery, 1x HDMI 2.0b, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, dan Micro SD card reader. Untuk urusan per wifi-an dan bluetooth  pasti lebih joss lagi yaitu dengan Wi-Fi 6 (802.11ax) + Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2, Jadi kalo aku lagi pinjam laptopnya nanti, nge-net di manapun dan sharing file dengan bluetooth atau menghubungkan dengan headset/earphone wireless  akan jauh lebih stabil, cepat dan kencang.

My ASUS

ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) / Terhubung Dengan Smartphone ASUS

Produktif tanpa batasan , dengan aplikasi/software My ASUS smartphone ASUS Ayah dapat dikoneksikan dan berkomunikasi dengan mulus  tanpa harus repot memegang handphone. Urusan Chat, balas chat, download data, telepon kolega, berbagi layar, dan berbagi file, dll jadi lebih mudah. Ayah cukup cek dilayar laptonya semua notifikasi dapat diketahui dan di jawab segera mungkin.

 

Akhir dari penasaranku , aku semakin yakin kalau laptop  ini akan sangat membantu pekerjaan suami dan begitu juga aku. Rutinitas dan aktivitas yang seakan tak berhenti ini dan cobaan hidup yang silih berganti membawa saya pada satu pelajaran hidup bahwa, Aku belajar,  cinta itu adalah pengorbanan dan hidup adalah perjuangan, nikmati bahagia Mu saat ini, hati-hati di jalan laptop/PC kenangan.